Harmoni Alam di Telaga Rambut Monte

Telaga Rambut Monte adalah sebuah mata air atau warga menyebutnya sendang. Telaga ini berada di desa Krisik, kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Danau ini berada di antara kaki Gunung Kelud dan Pegunungan Putri Tidur atau lebih tepatnya di kaki Gunung Butak. Telaga ini berada di ketinggian 600 mdpl sehingga udara di tempat ini cukup sejuk. Danau ini tidak terlalu luas kira-kira ya berukuran 40 m x 25 meter. Namun jangan salah, di tempat ini anda bisa melihat danau berwarna hijau tosca yang berisi puluhan ikan sengkaring. Selain itu di samping danau ini terdapat sebuah candi dan perkebunan pinus. Sungguh harmoni alam yang sangat menarik bukan?

Informasi Rute

1. Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Blitar: pacu kendaraanmu menuju Garum-Talun-Wlingi. Di pertigaan Ngambak belok kiri hingga perempatan Bening. Di perempatan Bening, belok kanan hingga tiba perempatan lampu merah Babadan. Di perempatan Babadan belok kiri hingga tiba di desa Krisik. Di desa Krisik cari pasar Krisik lalu belok kanan. Setelah melewati jembatan belok kiri.

Dari Dari Malang / Kepanjen: Pacu kendaraanmu menuju Kepanjen-Sumber Pucung-Selorejo-Kesamben-Wlingi. Di kecamatan Wlingi, cari pasar Wlingi. Jika ketemu lanjut ke arah utara melewati jalur alternatif Blitar-Ngantang hingga tiba di desa Krisik. Di desa Krisik cari pasar Krisik lalu belok kanan. Setelah melewati jembatan belok kiri.

Dari Batu: Pacu kendaraanmu menuju Pujon-Ngantang hingga tiba di pertigaan Kambal, Mulyorejo, Ngantang, lalu beloklah ke kiri menuju Waduk Selorejo. Sebelum tiba di gerbang masuk Wisata Waduk Selorejo, belok kiri menuju arah ke Blitar hingga tiba di desa Krisik. Di desa Krisik cari pasar Krisik lalu belok kiri. Setelah melewati jembatan belok kiri.

Dari Kandangan (Kediri): Pacu kendaraanmu menuju Kasembon-Ngantang hingga tiba di pertigaan Mulyorejo, Ngantang beloklah ke kanan menuju Waduk Selorejo. Sebelum tiba di gerbang masuk Wisata Waduk Selorejo, belok kiri menuju arah ke Blitar hingga tiba di desa Krisik. Di desa Krisik cari pasar Krisik lalu belok kiri. Setelah melewati jembatan belok kiri.

2. Jika kamu pakai kendaraan umum:

Dari Kepanjen / Malang:
    Naik bus jurusan Malang-Blitar. Turun di pertigaan Beru. Lalu naik elf(minibus) jurusan Blitar-Malang/ojek/becak menuju pasar Wlingi. Lalu naik mikrolet jurusan Wlingi-Krisik. Lalu turun di pasar Krisik, lanjut jalan kaki 500 meter.

Dari Blitar : Dari Terminal Patria naik bus tujuan Blitar-Malang, turun di perempatan lampu merah Babadan. Lalu naik mikrolet jurusan Wlingi-Krisik. Lalu turun di pasar Krisik, lanjut jalan kaki 500 meter.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir
......................................................................................................................

1. Harga Tiket Masuk = Rp 3.000,-/orang (Dewasa) Rp 2.000,-/orang(Anak-anak)
  2. Harga Parkir = Rp 3.000,-/unit (sepeda motor) Rp 5.000,-/unit (minibus/mobil)
  3. Harga di diskon 15 % jika rombongan lebih dari 25 orang. Lumayan bisa ngirit.

Fasilitas

Telaga Rambut Monte ini terkenal karena memiliki air yang berwarna jernih dan hijau tosca yang di dalamnya terdapat ikan sengkaring yang berenang bebas. Akses menuju ke sini pun sangat mudah dan fasilitas yang tersedia pun juga banyak seperti:
  • Kamar Mandi/WC. Di wisata telaga Rambut Monte ini terdapat beberapa unit kamar mandi yang tersedia bagi pengunjung. Jadi, kalau pembaca mau mengganti pakaian yang basah atau mendapat "panggilan alam" (baca: kebelet) bisa langsung terlampiaskan di sini.
  • Gardu Pandang.  Di sebelah selatan telaga Rambut Monte ini terdapat gardu pandang setinggi 7 meter lho. Jadi, kamu bisa melihat panorama keseluruhan telaga Rambut Monte.
  • Warung Makan. Di kawasan telaga Rambut Monte ini juga berjajar warung-warung yang menjajakan aneka makanan ringan, bakso, gorengan, nasi pecel, maupun aneka minuman.
  • Tempat Parkir. Kawasan wisata Rambut Monte ini juga dilengkapi dengan tempat parkir. Namun di kala liburan tiba, kadang mobil pun berjajar-jajar memenuhi jalan desa menuju telaga Rambut Monte ini.
  • Kolam Renang. Karena pengunjung dilarang berenang di telaga, maka Telaga Rambut Monte ini juga dilengkapi kolam renang bagi pengunjung yang ingin berenang.
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Nuansa alam yang asri, akses yang mudah, fasilitas yang lengkap, ditambah adanya bangunan bersejarah di kawasan Telaga Rambut Monte ini cocok dijadikan tujuan wisata:
  • Wisata Alam
  • Wisata Sejarah
  • Wisata Keluarga

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Bagi kamu yang akan berwisata ke telaga Rambut Monte ini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seru seperti:
  • Berenang. Kamu ingin merasakan sensasi berenang dengan sejuknya air pegunungan, maka mungkin Telaga Rambut Monte ini bisa jadi jawabannya. Namun, bukan berenang di telaga nya lho ya. Melainkan di kolam renang yang disesdikan pengelola telaga Rambut Monte ini.
  • Memberi makan ikan. Pengunjung yang ingin berlibur ke telaga Rambut Monte ini juga bisa memberi makan ikan Sengkaring di sini dengan melemparkan kacang shanghai ke telaga.
  • Menikmati suasana alam. Hawa yang sejuk ditambah suara gemericik sungai dan merdunya kicauan burung cocok banget buat menenangkan pikiran akibat galau ditolak cinta masalah kerja maupun masalah lainnya.
  • Foto-foto. Indahnya telaga yang berwarna hijau tosca dan ikan-ikan sengkaring yang berenang bebas di dalam telaga. Apalagi ditambah keindahan sungai yang mengalir di samping telaga dan pepohonan pinus di sekitar telaga. Membuat telaga Rambut Monte ini patut kamu abadikan dengan kamera maupun ponsel.
  • Camping. Di dalam area wisata Telaga Rambut Monte ini banyak terdapat tanah lapang yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda juga lho. Gak pingin nyoba berkemah di telaga Rambut Monte ini?
  • Piknik bersama orang terdekat anda. Panorama yang indah ditambah banyaknya pepohonan di kawasan Telaga Rambut Monte ini membuat temapt wisata cocok ini sebagai tujuan piknik bersama teman maupun keluarga.
  • River Tubing. Arus sungai yang deras, serta ditambah banyaknya bebatuan di sungai ini cocok banget buat river tubing . Namun, untuk bisa melakukan river tubing ini, kelompok kamu harus minimal 4 orang. Jarak yang ditawarkan pun terbagi menjadi 3 zona. Info lengkap klik disini
  • Pasang Hammock. Di sebelah timur telaga Rambut Monte ini banyak terdapat pohon pinus yang jaraknya lumayan dekat, jadi kamu bisa memasang hammock terus tiduran deh sambil menikmati suasana alam telaga Rambut Monte ini.
Kendaraan yang Bisa Masuk

Akses yang mudah dijangkau membuat telaga Rambut Monte ini bisa diakses dengan menggunakan beberapa kendaraan seperti:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf

Tempat Wisata di Sekitar

Nah, jika kamu sudah puas menjelajahi keindahan telaga Rambut Monte, kamu juga bisa sekalian berlibur menuju:

Legenda

Pada zaman Majapahit, terjadilah pertarungan antara Rahwana dan seekor naga melawan Mbah Monte, yang merupakan seorang keturunan kerajaan Majapahit. Dan pertarungan tersebut kemudian dimenangkan oleh Mbah Monte. Sehingga, Rahwana dan naga tersebut akhirnya dikutuk menjadi sebuah candi berbentuk monyet dan berelif naga. Suatu hari Mbah Monte berpesan kepada murid-muridnya untuk menjaga candi tersebut. Namun ternyata sebagian muridnya tidak patuh terhadap perintahnya.

Mengetahui hal tersebut, Mbah Monte marah besar dan mengutuk murid-muridnya menjadi ikan Sengkaring yang kini menghuni telaga Rambut Monte. Menurut warga, jumlah ikan di sini tidak pernah berkurang atau pun bertambah alias stabil. Ikan Sengkaring ini juga dikeramatkan oleh warga sekitar sehingga ikan Sengkaring ini tidak boleh ditangkap. Pernah suatu hari, ada seorang warga yang menangkap ikan Sengkaring ini untuk dimasak. Namun saat ikan ini dimasak bukannya matang. Eh malah jadi minyak. Lha Piye Tho Iki? Ujar warga tersebut bingung.

Mbrasak Yuk

Nah, bagi pembaca yang mau ke telaga Rambut Monte. Saya ceritakan sedikit nih tentang keindahan jalan yang akan anda lalui saat menuju telaga ini. Jika kamu dari arah Blitar/Kepanjen, selepas pasar Wlingi. Kamu akan melewati lembah kali Lekso. Yaitu sungai terbesar ke-2 di Blitar. Kali Lekso ini mengalir di lembah Gunung Kelud & Gunung Butak dan bermuara di sungai Brantas. Di sepanjang lembah Kali Lekso ini kamu akan disuguhi indahnya perbukitan, gunung, dan sawah warga. Oh iya, di desa Semen kamu juga akan melewati kebun teh juga lho. Yah walaupun ga gede-gede banget sih. Mungkin kira-kira panjang jalan yang melewati kebun teh ini sekitar 1 km saja. Dan setelah melewati kebun teh tersebut kamu akan melewati jembatan yang panjangnya kira-kira 200 meter. Di bawahnya mengalir Kali Icir, anak sungai Kali Lekso. Jembatan ini dikelilingi oleh sawah padi, perkebunan pinus, lembah gunung Kelud, dan Sabo dam. Jadi, Instagramable deh buat kamu yang suka foto-foto. Setelah melewati jembatan ini kamu sudah masuk desa Krisik.

Nah jika kamu lewat Ngantang, pemandangan selama perjalanan tak kalah indah juga lho. Di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Kelud di sebelah kanan dan Pegunungan Putri Tidur di sebelah kiri. Selain itu kamu juga akan diiringi pemandangan sawah nan hijau, sungai kecil yang mengalir di tepi jalan, hingga perkebunan pinus. Hingga perjalanan ini terasa singkat tahu-tahu sudah sampai di desa Krisik saja.

Setelah puas menikmati perjalanan akhirnya tiba juga di Telaga Rambut Monte. Setelah membayar parkir dan karcis masuk, kamu akan disambut oleh 3 ekor monyet. Tapi tenang, monyetnya dirantai kok jadi tidak terlalu berbahaya. Kecuali jika kamu cari "perkara" pada mereka dan kamu terlalu dekat dengan mereka. Siap-siaplah terkena amukan sang kera

Tak jauh dari kandang kera, terdapat sebuah reruntuhan candi. Di sekitar candi ini juga terdapat lingga-yoni yang merupakan lambang kesuburan.

Puas melihat-lihat candi, saya meneruskan perjalanan dan terlihatlah telaga Rambut Monte yang menawan. Di sekitar telaga ini sudah tersedia banyak fasilitas. Salah satu yang terlihat di foto ini adalah gardu pandang dan kolam renang. Tapi sayang kolam renangnya kering. Mungkin sedang dilakukan pembersihan.

Melihat tempat sebagus ini, saya tidak buang-buang waktu lagi untuk foto-foto:

Schooling Ikan Wader. Wadernya gede-gede rata-rata panjangnya 10 cm.
Digoreng atau dimasak bumbu rujak enak tuh #MulaiLapar

Ikan Sengkaring

Suasana yang asri membuat banyak wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara berlibur ke telaga Rambut Monte ini. Masak kamu belum singgah ke sini? Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:
  1. Jangan berenang di telaga atau memegang ikan Sengkaring. Ini sudah aturan tempat wisata ini. Jika mau berenang sudah ada kok kolam renangnya.
  2. Jangan merusak candi dan fasilitas umum di tempat ini.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.