Putihnya Pasir Pantai Modangan



Pantai Modangan adalah sebuah pantai berpasir putih yang memiliki garis pantai sejauh kurang lebih 800 meter. Pantai ini berada di dusun Kalitekuk, desa Modangan, kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Keindahan pantai ini selain pasir pantainya yang putih dan memanjang juga terdapat muara sungai di sebelah barat pantai ini. Namun sungai ini bersifat musiman alias tidak mengalir sepanjang waktu. Asal-usul nama pantai Modangan yaitu adanya pasukan pangeran Diponegoro yang melarikan diri dan madang (makan siang) di pantai ini sehingga tersebutlah nama "Modangan" atau "Madangan" yaitu tempat makan siang atau madang. 


Informasi Rute 

  1. Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

    Dari Malang / Kepanjen: Pacu kendaraanmu mengikuti jalan raya Blitar-Malang lewat Kepanjen-Kromengan-Sumberpucung. Tiba di barat Waduk Karangkates, belok ke kiri(selatan) di pertigaan arah ke Donomulyo melewati Kalipare. Setelah melewati Pasar Donomulyo, belok kanan / barat hingga tiba di pasar Ngelo desa Sumberroto.


    Sampai di perigaan pasar Ngelo, arahkan kendaraanmu ke arah barat cari petunjuk jalan menujut pantai Modangan hingga kamu tiba di perempatan Jalan Lintas Selatan (JLS). Belok kanan sejauh 2 km melewati jalan makadam hingga tiba di jembatan Miri. FYI, Jembatan Miri ini dan sungai di bawahnya merupakan perbatasan antara kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar. Sungai ini lah yang nanti bermuara di pantai Modangan. Nah sebelum jembatan tersebut belok kiri melewati jalan pinggiran sungai.


    Dari kota Blitar: Pacu kendaraanmu melintasi Garum-Talun-Wlingi-Pasar Buah Brongkos. Dari pasar buah Brongkos, belok kanan / selatan melalui pertigaan arah ke pantai Jolosutro melewati Binangun. Setelah melewati  Binangun ada pertigaan yang ada pohon beringin nya. Kalau lurus ke pantai Jolosutro kalau belok kiri ke Wates. Nah di pertigaan ini belok kiri / timur menuju kota kecamatan Wates. Selepas pasar Wates, kamu menjumpai pertigaan yang ada tugunya. Di pertigaan itu belok kanan, hingga tiba di pasar Ngelo desa Sumberoto.

    Sampai di pertigaan pasar Ngelo, arahkan kendaraanmu ke arah barat cari petunjuk jalan menuju pantai Modangan hingga kamu tiba di perempatan Jalan Lintas Selatan (JLS). Belok kanan sejauh 2 km melewati jalan makadam hingga tiba di jembatan Miri. Sebelum jembatan tersebut belok kiri melewati jalan pinggiran sungai.
  2. Jika kamu pakai kendaraan umum:

    Dari Kepanjen / Malang:
    Naik bus jurusan Blitar. Turun di pertigaan barat Waduk Karangkates. Lanjut naik mikrolet jurusan Pantai Ngliyep viq Donomulyo. Turun di pertigaan selatan Pasar Donomulyo.Kemudian naik ojek menuju Pantai Modangan.


    Dari Blitar : Naik bus jurusan Malang. Turun di pertigaan barat Waduk Karangkates. Lanjut naik mikrolet jurusan Pantai Ngliyep via Donomulyo. Turun di pertigaan selatan Pasar Donomulyo. Kemudian naik ojek menuju Pantai Modangan.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

 
Pantai Modangan ini belum dikelola oleh masyarakt sekitar maupun pemerintah jadi untuk memasuki kawasan wisata pantai Modangan ini masih free alias gratis

Fasilitas

Pantai Modangan ini masi alami dan belum dikelola oleh masyarakat setempat maupun pemerintah, jadi belum ada fasilitas apa pun di pantai Modangan ini.

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Pemandangan yang ditawarkan yaitu pantai berpasir putih sepanjang 800 meter. Dengan muara sungai di sebelah baratnya serta dikelilingi bukit nan hijau permai. Namun akses menuju pantai Modangan ini tergolong sulit. Jadi, pantai Kodangan ini hanya cocok untuk wisata alam saja.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan



Walaupun pantai Modangan ini memiliki akses yang lumayan sulit, namun pantai Modangan ini patut kamu jadikan tujuan berlibur karena pantainya yang sangat indah. Jadi di sana kamu bisa:
  • Main pasir. Siapa sih yang gak tergoda untuk bermain pasir pantai kalau pasirnya halus, bersih, dan putih kayak pasir pantai Modangan ini?
  • Memancing. Di pinggiran pantai Modangan ini biasanya juga terdapat beberapa pemancing yang menggunakan teknik landbase atau memancing dari daratan. Ikan yang diperoleh nelayan disini biasanya ikan kakap, kerapu, layur, dan beberapa jenis ikan laut yang belum saya ketahui namanya.
  • Menikmati suasana alam. Jika kamu sudah terlalu lelah unuk mengelilingi pantai Modangan ini. Kamu cukup duduk saja menikmati semilir angin yang berhembus sepoi-sepoi, lembutnya pasir putih pantai Modangan, serta suara gemuruh ombak yang seakan-akan berlomba siapa yang menghempas pantai duluan.
  • Camping. Di pantai Modangan ini juga terdapat beberapa tanah kosong yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda. Untuk keperluan logistik seperti makanan dan air, siapkan dulu sebelum tiba di pantai Modangan ini karena di pantai ini tidak ada warung maupun toko
Tidak disarankan bermain air dan berenang karena ombaknya besar.

Kendaraan yang Bisa Masuk
 

Karena memiliki akses masuk yang lumayan sulit, maka kendaraan yang bisa mengakses pantai Modangan ini adalah: 
  • Sepeda
  • Sepeda Motor.

Tempat Wisata di Sekitarnya 


Nah, jika kamu memiliki banyak tenaga dan waktu, coba deh kamu berlibur ke beberapa tempat wisata di sekitar pantai Modangan ini yaitu:
    Gambar Belum Tersedia
    Pantai Gurah
    Gambar Belum Tersedia
    Bukit Waung

      Mbrasak Yuk

      Pantai Modangan adalah salah satu pantai dari sekian banyak pantai di pesisir kabupaten Malang. Akses ke pantai Modangan ini masih sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat. Sehingga hanya kendaraan roda dua seperti sepeda dan sepeda motor saja yang bisa sampai ke pantai Modangan . Jadi yang ke pantai ini mayoritas pemancing dan wisatawan bermental baja saja. Sebenarnya mayoritas jalan ke sini sudah lumayan mulus. Tetapi memasuki area JLS, jalan yang semula mulus berubah menjadi jalan makadam yang batunya lumayan gede.

      Saat melewati JLS kamu akan menjumpai jembatan Miri, sebelum jembatan Miri ini ada pertigaan. Beloklah ke kiri menuju pantai Modangan dengan melewati jalan tanah pinggiran sungai. Jika setelah diguyur hujan jalan ini akan berlumpur dan tentunya bertambah sulit untu dilewati.

      Jembatan Miri

      Nah setelah melewati jalan pinggir sungai dan di antara hutan jati sejauh 2 km. Kamu akan tiba di Pantai Modangan. Pasir putih yang lembut dan bersih, deburan ombak yang gemuruh, dan semilir angin yang sepoi-sepoi akan siap menyambutmu setibanya kamu di pantai Modangan.











      Pemandangan pantai Modangan yang menawan membuat pantai Modangan ini sering dikunjungi pengunjung dari luar kota Malalng. Masak kamu gak tergiur dengan keindahan pantai Modangan ini? Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

       Saran Ane:
      1. Jika cuaca memburuk, segera pulang. Dikhawatirkan nanti terseret gelombang laut atau kondisi jalan semakin licin.
      2. Mandi di laut tidak disarankan karena ombaknya ganas
      3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
      4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
      5. Siapkan fisik dan kondisi motor anda. Semua harus prima
      6. Jangan malu bertanya agar tidak tersesat.
      Koordinat GPS: 08°20′57.3″S 112°21′44.1″E

      Komentar