Pantai Jolosutro, Pantai Terpanjang di Blitar

Pantai Jolosutro.. Pantai yang berada di ujung selatan kecamatan Wates, Blitar ini menyuguhkan panorama yang indah. Pantai ini memiliki garis pantai yang lumayan panjang. Pantai ini juga berada di teluk kecil, jadi ombaknya masih tergolong besar. Pantai ini juga berada di ujung lembah dimana ada sungai yang bermuara di sebelah timur pantai Jolosutro ini. Keindahan pantai Jolosutro ini juga ditambah dengan banyaknyapohon cemara yang ditanam di sepanjang garis pantai Jolosutro ini jadi cocok banget buat ngadem dan liburan. Selain itu kisah-kisah yang menarik juga tersimpan. Mau tahu apa saja kisah-kisahnya? Baca sampai akhir ya...

Informasi Rute

Dari Malang: Arahkan kendaraanmu menuju Kepanjen-Sumberpucung-Selorejo-Keasmben. Tiba di pertigaan pasar buah Brongkos belok kiri. Lurus saja dengan mengikuti papan petunjuk jalan menuju pantai Jolosutro.

Dari Blitar: Arahkan kendaraanmu menuju Garum-Talun-Wlingi-Kesamben. Tiba di pertigaan pasar buah Brongkos belok kanan. Lurus saja dengan mengikuti papan petunjuk jalan menuju pantai Jolosutro.

Informasi Harga

Untuk kamu yang pengen liburan hemat, maka kamu wajib mengunjungi pantai Karang Nritep dan pantai Jolosutro yang ada di Blitar. Berikut ini daftar harganya
  • Harga Tiket Masuk = Rp 3.000,-/orang (Dewasa), Rp 2.000,-/orang (anak-anak).
  • Harga Parkir =Rp 1.000,-/unit(semua jenis kendaraan)
Harga tersebut merupakan harga tiket terusan jadi dengan harga segitu, kamu bisa menikmati keindahan 2 pantai sekaligus yaitu pantai Jolosutro dan Karang Nritep.

Fasilitas

Di pantai Jolosutro ini terdapat beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan pengunjung ketika berlibur ke pantai Jolosutro ini yaitu:

  • Gazebo. Di pantai ini banyak terdapat gazebo kok. Jadi, ketika kamu kecapekan pas jalan kaki menyusuri pantai Jolosutro. Kamu bisa duduk-duduk manja sambil berteduh dari panasnya sengatan matahari.
  • Kolam Pemancingan. Nah, bagi kamu yang suka hobi mancing. Di pantai Jolosutro ini juga terdapat kolam pemancingan yang gak terlalu luas tapi puanjannggg...Jadi mirip-mirip sungai gitu. Ikan di kolam ini berasal dari benih ikan yang dimasukkan oleh warga setempat. Ikannya juga macam-macam lho. Tapi kebanyakan ikan mujaer dan nila. Kalo, soal harga, aku lupa nanya mancingnya gratis atau bayar.
  • Warung Makan. Pantai Jolosutro ini juga bisa menjadi jujukan wisata kuliner. Terutama kamu yang suka dengan seafood . Menu andalan warung makan di sekitar pantai Jolosutro adalah sate gurita dan ikan laut bakar. Ikan bakar di sini harganya sekitar Rp 25.000,- komplit dengan nasi dan lalapan timun. Jika, kamu pesan ikan bakar, kamu harus rela menunggu selama 1 jam. Bukan karena antre, tapi memang cara memasaknya emang begitu. Namun, akibat pembakaran yang lama dengan bara api yang kecil, tekstur ikan bakar disini crunchy banget (bukan gosong, lho ya) tapi lembut di dalam. Tapi kalau pengen cepet ya pesen aja ikan goreng.
  • Penginapan/Homestay. Jika kamu tiba di pantai Jolosutro sudah sore banget dan takut pulang karena gelap. Tenang aja, di pantai ini terdapat penginapan yang dikelola oleh warga. Kamu bisa menanyakan pada penduduk lokal dimana lokasi persis penginapan tersebut beserta harganya.
  • Tempat Parkir. Tempat parkir di sini lumayan luas sebenarnya, tapi sayang akses menuju pantai Jolosutro masih tergolong sempit. Jadi kurang cocok jika dilewati kendaraan besar semacam bus.
  • Masjid. Di dekat pantai Jolosutro juga terdapat masjid yang bisa kamu gunakan ketika waktu sholat telah tiba. Lokasinya berada sekitar 350 meter utara pantai Jolosutro. 
  • Kamar Mandi/Toilet. Nah, setelah selesai mandi di kali atau bermain pasir. Di pantai Jolosutro juga terdapat fasilitas kamar mandi yang berisi air tawar. Jadi lumayan seger deh.
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Pantai Jolosutro ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Jadi, di pantai Jolosutro ini kamu bisa berwisata: 
  • Wisata Alam
  • Wisata Keluarga 
Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Supaya liburanmu di pantai Jolosutro ini makin seru, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

  • Mandi/Berenang. Jika kamu berlibur ke pantai Jolosutro ini, kamu tidak disarankan mandi/berenang di laut ya. Tapi jika kamu pingin mandi, kamu bisa coba mandi di muara sungai yang berada di sisi timur pantai Jolosutro. Tenang aja, sungainya lumayan dangkal. Jadi gak perlu khawatir ada buayanya.
  • Memancing. Nah, di pantai Jolosutro ini kamu juga bisa mencoba peruntungan dengan memancing ikan. Baik yang ikan yang ada di kolam. Maupun mancing land base alias mancing dari tepi laut di pantai Jolosutro
  • Membuat Istana Pasir. Kamu juga bisa mengasah keterampilan kamu dengan membangun istana pasir di pantai Jolosutro ini lho.
  • Berkemah. Pantai Joloutro ini juga lumayan nyaman buat kemah juga lho.. Apalagi sunrise pantai Jolosutro ini lumayan indah lho. Gak kepingin kemah di pantai Jolosutro ini?  
  • Piknik Bersama Keluarga. Pantai Jolosutro ini lokasinya cocok banget buat buka tikar terus buka bekal dari rumah terus dimakan deh bareng keluarga tersayang. Terlebih lagi pantai ini juga punya fasilitas yang lumayan lengkap. Ditambah lokasinya yang teduh karena banyak ditumbuhi pohon cemara, hembusan angin-sepoi-sepoi, plus ditambah alunan gemuruh ombak samudra. Benar-benar syahdu kan?
Kendaraan yang Bisa Masuk.

Akses menuju pantai Jolosutro ini lumayan mulus. Namun ketika memasuki kecamatan Binangun dan kecamatan Wates, jalan raya mulai menyempit dan ada beberapa lubang di beberapa tempat. Jadi kendaraan yang bisa mengakses pantai Jolosutro ini adalah:

  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf
Tempat Wisata di Sekitar

Di sekitar pantai Jolosutro ini juga terdapat beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi yaitu:

Gambar Belum Tersedia
Pantai Gurah

Mbrasak Yuk

Pantai Jolosutro adalah nama sebuah pantai yang berada di desa Gondangtapen, kecamatan Wates, kabupaten Blitar. Kalau dari pusat kota Blitar, jaraknya sekitar 45 km atau sekitar 90 menit perjalanan. Pantai ini memiliki garis pantai sejauh 1.200 meter dan merupakan pantai terpanjang se-kabupaten Blitar.  Coba bandingkan dengan panjang pantai paling terkenal di Blitar yaitu pantai Tambakrejo yang memiliki panjang garis pantai sekitar 500 meter. Atau pantai terindah di Blitar yaitu  Pantai Wedhi Ombo Peh Pulo yang cuma memiliki panjang garus pantai 250 meter saja.

Pantai ini cenderung sepi pengunjung di hari biasa. Namun pantai ini menjadi ramai saat hari libur atau hari minggu telah tiba. Bahkan pengunjung pantai Jolosutro ini bisa mencapai ribuan saat diadakan upacara Melasti saat hari raya Nyepi hampir tiba. Bahkan ada yang menyamakan suasana pantai Jolosutro saat upacara Melasti dengan suasana Bali karena saking berjubelnya pengunjung yang datang dan kesakrakalan acara tersebut.

Saking panjangnya pantai Jolosutro ini terbagi menjadi 3 kawasan dengan karakteristik pantai yang berbeda-beda di setiap bagiannya.Pertama, adalah Pantai Jolosutro Timur. Pantai Jolosutro Timur ini yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasiya yang teduh dan dekat dengan pintu masuk pantai Jolosutro. Pantai Jolosutro Timur ini memiliki panorama muara sungai yang alirannya begitu tenang dan alirannya pun tidak terlalu deras. Jadi cocok buat mandi dan berendam. Karena pantai Jolosutro Timur ini terdapat muara sungainya, jadi pantai Jolosutro timur ini banyak dijumpai kerikil yang mempercantik pasir pantai Jolosutro bagian timur ini. Di sepanjang pantai Jolosutro Timur ini ditanami pohon cemara udang yang banyak jadi lumayan teduh


View Jolosutro Barat dari Pantai Jolosutro Timur


View Hutan Cemara Udang Pantai Jolosutro Timur

View Kali Wonosari dan Perbukitan Teluk Jolosutro


Pasir Pantai Jolosutro Timur Semakin Indah dengan Hiasan Kerikil
Yang Hanyut oleh Aliran Kali Wonosari.

Bagian kedua, adalah pantai Jolosutro Tengah. Pasir pantai Jolosutro Tengah ini sudah tidak ditemukan kerikil-kerikil karena lokainya yang cukup jauh dari muara kali Wonosari. Di pantai Jolosutro  tengah ini juga ditanami banyak pohon Cemara Udang. Namun jarak antar pohon Cemara Udang di pantai Jolosutro Tengah ini tidak serapat pantai Jolosutro Timur. Jadi, penanaman pohon Cemara Udang di pantai Jolosutro tengah ini terkesan lebih rapi. Di pantai Jolosutro Tengah ini berjajar warung-warung yamg siap mengobati rasa lapar dan dahaga mu ketika capek berkeliling pantai Jolosutro ini.

Gazebo yang Berada di pantai Jolosutro Tengah.

Yang terakhir atau bagian ketiga, pantai Jolosutro Barat. Jika dibandingkan dengan pantai Jolosutro Tengah dan pantai Jolosutro Timur, pantai ini lebih sepi pengunjung dan terkesan lebih gersang karena jarang ditanami pohon. Namun pantai Jolosutro barat ini dihiasi oleh guratan-guratan pasir hitam alias pasir besi. Selain itu pantai ini juga terdapat beberapa onggok batu yang terbentuk secara alami yang lumayan indah. Dan di antara pantai Jolosutro Tengah dan pantai Jolosutro Barat ini terdapat kolam pemancingan yang menyerupai sungai dengan panjang sekitar 360 meter dan lebar sekitar 15-25 meter.

View Pantai Jolosutro Timur dari Pantai Jolosutro Barat
Beberapa Onggokan Batu Alam di Pantai Jolosutro Barat.

Indah banget kan panorama pantai Jolosutro ini.. Jadi, kapan kamu berlibur ke pantai terpanjang di Blitar ini?  Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:
  1. Jangan mandi di laut, karena ukuran gelombangg pantai Jolosutro ini lumayan besar. Jika ingin mandi, lebih baik mandi di muara sungai yang lebih tenang dan lebih dangkal.
  2. Jika cuaca memburuk, segera pulang.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun selain jejak langkahmu.
  4.  Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal.
Koordinat GPS: 08°19′53.8″S 112°19′42.3″E

Komentar

  1. Thanks informasinya,dan jangan lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Menerima Kripik, Saran, dan Paido