Pantai Eksotis Itu Bernama Pantai Peh Pulo

Halo Pembaca! Kali ini saya ngetrip lagi nih. Setelah sekian lama saya berencana liburan ke Peh Pulo untuk sekian kalinya. Kali ini saya bersama Kang Sutris, teman saya dari kota Kediri. #Yeay akhirnya gak sendiri lagi. Nah pembaca, ternyata di pantai Peh Pulo ini  sudah banyak yang berubah lho dibandingkan dengan suasan pantai Peh Pulo yang dulu. Yuk nikmati pesona pantai Peh Pulo ini dengan membaca artikel ini.



Informasi Rute 

Dari Blitar: Dari kota Blitar, arahkan kendaraanmu menuju Kanigoro-Sutojayan. Dari perempatan lampu merah Sutojayan belok kiri. Ikuti petunjuk menuju pantai Serang. Nah, setibanya di perempatan Saman kecamatan Panggungrejo. Kamu lurus saja menuju desa Kaligambir. Nah setelah kamu menyeberangi sungai, nanti kamu akan bertemu dengan pertigaan beringin kamu belok kiri menuju desa Sumbersih. Setibanya di desa Sumbersih, kamu tinggal ikuti petunjuk arah yang banyak tersedia di desa Sumbersih ini deh.

 
Dari Malang: Dari kota Kepanjen, arahkan kendaraanmu menuju Sumber Pucung-Karangkates-Selorejo-Kesamben-Wlingi-Talun-Garum. Setibanya di pertigaan Bence, belok kiri melalui Kanigoro-Sutojayan. Dari perempatan lampu merah Sutojayan belok kiri. Ikuti petunjuk menuju pantai Serang. Nah, setibanya di perempatan Saman kecamatan Panggungrejo. Kamu lurus saja menuju desa Kaligambir. Nah setelah kamu menyeberangi sungai, nanti kamu akan bertemu dengan pertigaan beringin kamu belok kiri menuju desa Sumbersih. Setibanya di desa Sumbersih, kamu tinggal ikuti petunjuk arah yang banyak tersedia di desa Sumbersih ini deh.

Dari Surabaya: Pacu kendaraanmu menuju Sidoarjo-Pasuruan-Malang-Blitar. Setibanya di Blitar, arahkan kendaraanmu menuju kecamatan Selorejo-Kesamben-Wlingi-Talun-Garum. Setibanya di pertigaan Bence, belok kiri melalui Kanigoro-Sutojayan. Dari perempatan lampu merah Sutojayan belok kiri. Ikuti petunjuk menuju pantai Serang. Nah, setibanya di perempatan Saman kecamatan Panggungrejo. Kamu lurus saja menuju desa Kaligambir. Nah setelah kamu menyeberangi sungai, nanti kamu akan bertemu dengan pertigaan beringin kamu belok kiri menuju desa Sumbersih. Setibanya di desa Sumbersih, kamu tinggal ikuti petunjuk arah yang banyak tersedia di desa Sumbersih ini deh.


Informasi Harga 
  1. Harga Parkir Sepeda Motor: Rp 3.000,-/unit
  2. Harga Tiket Masuk: Rp 5.000,-/orang

Fasilitas


Di pantai ini sudah ada beberapa fasilitas yang memudahkan kegiatan pengunjung yaitu
  • Warung makan. Menu yang dijual di sini ada mie ayam, bakso, soto, dan beberapa olahan seafood. Harganya pun cukup terjangkau lho. Mulai dari Rp 6.000,- saja. Kalau pembaca nggak ingin makan berat di sini juga banyak warung yang menjual aneka snack.
  • Kamar mandi. Nah di pantai ini sudah ada beberapa kamar mandi lho. Jadi jangan khawatir kamu ga bisa #GantiKostum atau #CariInspirasi. 
  • Tempat parkir yang lumayan teduh. Pembaca gak usah khawatir motor kamu bakal kepanasan  karena tempat parkirnya berada di bawah pohon cemara udang yang banyak ditanam di pantai ini. 
  • Gardu pandang. Di depan pantai ini terdapat sebuah gardu pandangnya juga lho, jadi kamu bisa menikmati pemandangan pantai Peh Pulo dari gardu pandang ini.


Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan


Yah walaupun lokasinya cukup bagus. Namun akses menuju pantai ini belum cocok untuk digunakan sebagai tempat wisata untuk anak. Karena aksesnya yang lumayan panas di siang hari dengan jalan yang meliuk-liuk di perbukitan yang pastinya bisa membuat si kecil rewel. Jadi pantai ini masih cocok digunakan sebagai wisata alam saja.


Kegiatan yang Bisa Dilakukan 


Nah, di pantai ini pembaca bisa melakukan hal ini biar gak jenuh: 
  • Bermain pasir. Pantai-Pantai di kawasan wisata Peh Pulo ini memiliki pasir berwarna putih yang halus, jadi cocok banget buat main pasir seperti pendam-pendaman.
  • Duduk santai menikmati suasana pantai ditemani angin sepoi-sepoi. Bagi kamu yang ga suka panas-panasan. 
  • Menikmati view pantai ini dari gardu pandang, maupun dari bawah pohon cemara yang banyak ditanam di sekitar pantai. Lebih enak lagi, kalau menikmati pantai ini dari warung makan di sekitar pantai ini sambil nyeruput secangkir kopi #Hmmm #Mantap
  • Berjalan-jalan di sekitar pantai. Saat laut surut kamu juga bisa menemukan beberapa ikan, gurita, dan lobster yang terjebak di beberapa kubangan di pantai ini lho. Oh iya, kalau kamu jalan-jalan di batuan karang depan pantai ini. Kamu harus hati-hati sama bulu babi yang tersebar di beberapa spot pantai ini. Pantai ini juga recomended kok buat kamu yang suka berkemah.
  • Pasang Hammock. Di sekitar pantai Wedi Ombo Peh Pulo ini ditanami banyak pohon cemara udang, sehingga kamu bisa pasang hammock terus tiduran deh sambil menikmati semilir angin dan gemuruh ombak.

Kendaraan yang Bisa Masuk

Untuk sementara, kendaraan yang bisa masuk ke pantai ini hanya kendaraan roda dua saja, karena akses ke pantai Peh Pulo hanya muat untuk 1 mobil saja. Belum nanti kalau bersimpangan dengan truk pengangkut tebu.

Tempat Wisata di Sekitar

Jika pembaca belum puas meikmati keindahan pantai Peh Pulo. Kamu bisa melanjutkan liburanmu ke :


  • Pantai Rowo Gebang
  • Pantai Umbul Baros/Bukit Indah.
  • Kawasan Wisata Pantai Serang. 
Mbrasak Yuk 

Pagi itu, teman saya kang Sutris rela datang jauh-jauh ke Blitar hanya untuk "ngasin" alias liburan ke pantai. Akhirnya, kami memutuskan untuk berlibur ke pantai Peh Pulo. Awalnya sih sempet was-was juga untuk liburan ke pantai ini. Karena sepanjang perjalanan kami ditemani oleh awan hitam yang pating glayut di atas kami. Tapi kekhawatiran itu sirna setelah kami tiba di kecamatan Panggungrejo yang cuacanya lumayan cerah.

Nah, sesampainya kami di pantai Peh Pulo, saya agak terkejut. Ternyata pantai ini mau dibuka sebagai tempat wisata #Mantap. Tapi ya saya sarankan sih supaya pengelola dan pengunjung yang liburan ke sini agar bisa menjaga kebersihan dan keasrian tempat ini. Biar pantai ini tetap #Kece.


Lokasi pantai Peh Pulo ini berada di dusun Peh Pulo, desa Sumbersih, kecamatan Panggungrejo, kabupaten Blitar. Nah di kawasan wisata pantai Peh Pulo ini, kamu bisa menikmati 3 pantai lho. Adapun nama ketiga pantai tersebut adalah:

1.   Pantai Wedi Ombo

Nah pantai pertama sekaligus yang sering dikunjungi oleh wisatawan ya pantai ini, Pantai Wedi Ombo. Pantai ini merupakan pantai terbarat di kawasan pantai Peh Pulo. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 200 meter. Selain itu pantai Wedi Ombo ini memiliki pasir putih yang halus lho. Pantai ini lumayan teduh lho. Karena lokasi ini sudah dilakukan reboisasi yaitu dengan penananaman pohon Cemara Udang di sekitar pantai ini. Berikut adalah view pantai Wedi Ombo.











2. Pantai Wedi Kembar

Nah, pantai kedua yang kami kunjungi adalah pantai Wedi Kembar. Sesuai namanya, pantai ini memiliki 2 pantai yang terpisah oleh bukit kecil. Pantai ini berada di ujung timur kawasan pantai Peh Pulo. Kira-kira sekitar 300 meter ke timur dari lokasi pantai Wedi Ombo. Pantai ini juga memiliki pasir putih namun tekstur pasirnya lebih kasar dibandingkan pantai Wedi Ombo. Pantai ini juga lumayan teduh karena di sepanjang garis pantai ini tumbuh pohon pudak/pandan laut. Berikut ini adalah pemandangan Pantai Wedi Kembar.
 





  

Pulau yang di sebelah kiri mirip penyu ya?
 



3. Pantai Wedi Ciut 

Pantai ketiga yang kami kunjungi ini namanya pantai Wedi Ciut. Sesuai namanya pantai ini memang ciut alias sempit. Pantai ini lokasinya di antara pantai Wedi Ombo dan Pantai Wedi Kembar sekitar 200 meter timur pantai Wedi Ombo. Pantai ini hanya muncul saat laut surut saja. Karena saat laut pasang, pantai ini tertutup oleh ombak. Tekstur pasir Wedi Ciut ini halus seperti pantai Wedi Ombo. Di depan pantai ini terdapat sebuah pulau kecil yang mempercantik pemandangan di pantai ini.






Menikmati Panorama Pantai dari Putuk 

Bagi kamu yang ingin menikmati panorama pantai dengan cara yang enggak mainstream. Kamu bisa memilih opsi ini yaitu dengan naik ke atas putuk alias puncak bukit. Di sini kamu bisa melihat seluruh pulau yang berada di depan kawasan Pantai Peh Pulo. Total pulau yang ada di depan pantai Peh Pulo ini terdapat 7 pulau.
 








View Pantai Wedi Ombo

Bagaimana? Pembaca berminat nggak liburan ke pantai Peh Pulo ini? Jadi, Ayo Mbrasak sekarang.

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera pulang agar nanti tidak terjebak oleh jalan yang licin.
  2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  3. Pastikan kondisi motor dalam kondisi prima, karena pantai ini jauh dari bengkel.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal.
  5. Jangan berenang di pantai ini, kecuali saat laut sudah surut.
  6. Waspada terhadap bulu babi yang banyak tersebar di pantai ini.
Koordinat GPS: 

1.   Pantai Wedi Ombo : 08°20′36.9″S 112°14′07″E
2.   Pantai Wedi Ciut : 08°20′38.9″S 112°14′15″E
3.   Pantai Wedi Kembar : 08°20′38.6″S 112°14′20.5″E

Komentar