Ada Pulau Kecil di Sumber Complang

Desa Pranggang, kecamatan Plosoklaten, kabupaten Kediri selama ini dikenal sebagai sentra budidaya ikan koi nomor 1 di kabupaten Kediri. Kualitas ikan koinya pun tak perlu diragukan lagi. Jadi, desa ini pun juga menjadi jujukan utama para kolektor ikan koi saat berburu di daerah Kediri. Tapi ternyata, di desa Pranggang ini menyimpan potensi wisata yaitu sumber air yang lumayan indah lho. Namanya adalah sumber air Complang. Penasaran?! Yuk simak ulasannya di sini.

Informasi Rute

1. Jika kamu naik kendaraan pribadi:

Dari Kediri: Arahkan kendaraanmu menuju kecamatan Ngasem, tiba di simpang lima Gumul ikuti petunjuk arah menuju kecamatan Plosoklaten. Lalu tiba di pertigaan depan polsek Plosoklaten belok kiri melintasi jalan raya Plosoklaten-Wates hingga tiba di desa Pranggang, kecamatan Plosoklaten. Setibanya di pertigaan balai desa Prangggang (yang ada patung koi kanan jalan), belok kiri 750 meter.

Dari Batu/Malang: Ikuti jalan raya Batu-Kediri, melintasi kecamatan Pujon-Ngantang-Kasembon-Kandangan. Setibanya di Kandangan, belok kiri mengikuti jalan raya Kandangan-Pare melintasi kecamatan Kepung. Sampai di Pare, belok kiri mengikuti jalan raya Pare-Wates melintasi kecamatan Puncu. Lalu tiba di pertigaan depan polsek Plosoklaten belok kiri melintasi jalan raya Plosoklaten-Wates. Setibanya di desa Pranggang, kecamatan Plosoklaten. Setibanya di pertigaan balai desa Prangggang (yang ada patung koi kiri jalan), belok kanan 750 meter.

Dari Blitar: Ikuti jalan raya Blitar-Nglegok setibanya di perempatan desa Kedawung, kecamatan Nglegok belok kanan. Setelah melewati perempatan ini, kamu akan melintasi sabo dam aliran kali Bladak yang lumayan panjang. Pada saat menyeberang jembatan di sabo damnya, terkadang kita harus antre dengan kendaraan lain, karena jalurnya lumayan sempit. FYI, kali Bladak ini adalah sungai aliran lahar dingin Gunung Kelud. Setelah melewati sabo dam, ikuti jalan raya Nglegok-Ponggok. Tiba di perempatan pasar Patok, kecamatan Ponggok belok kanan mengikuti jalan raya Ponggok-Wates melintasi kecamataan Ngancar. Tiba di perempatan Kunjang, kecamatan Wates lurus hingga sampai di pertigaan polsek Wates belok kiri. Di pertigaan pasar Wates belok kanan melintasi jalan raya Wates-Plosoklaten. Lalu tiba di pertigaan depan polsek Plosoklaten belok kanan melintasi jalan raya Plosoklaten-Wates hingga tiba di desa Pranggang, kecamatan Plosoklaten. Setibanya di pertigaan balai desa Prangggang (yang ada patung koi kanan jalan), belok kiri 750 meter.

Dari Jombang: Ikuti jalan raya Jombang-Ngoro melintasi kecamatan Diwek, tiba di pertigaan Blimbing, kecamatan Gudo belok kiri, tiba di perempatan Sidowarek, kecamatan Ngoro belok kanan. Sesampainya di pertigaan Pulorejo, belok kanan mengikuti jalan raya Jombang-Pare melintasi kecamatan Badas. Sampai di Pare, belok kiri mengikuti jalan raya Pare-Wates melintasi kecamatan Puncu. Lalu tiba di pertigaan depan polsek Plosoklaten belok kiri melintasi jalan raya Plosoklaten-Wates. Setibanya di desa Pranggang, kecamatan Plosoklaten. Setibanya di pertigaan balai desa Prangggang (yang ada patung koi kiri jalan), belok kanan 750 meter.

Dari Tulung Agung: Ikuti jalan Raya Tulung Agung-Kediri melintasi kecamatan Ngantru-Kras-Ngadiluwih. Tiba di pertigaan lampu merah Ngadiluwih belok kanan. Sampai di perempatan lampu merah Jimbun lurus saja mengikuti jalan raya Kandat-Wates. Tiba di pertigaan pasar Tawang belok kiri. Sampai di pertigaan pasar lor Wates belok kanan, ada pertigaan lagi belok kiri melintasi jalan raya Wates-Plosoklaten. Lalu tiba di pertigaan depan polsek Plosoklaten belok kanan melintasi jalan raya Plosoklaten-Wates hingga tiba di desa Pranggang, kecamatan Plosoklaten. Setibanya di pertigaan balai desa Prangggang (yang ada patung koi kanan jalan), belok kiri 750 meter.
Gapura Masuk Sumber Complang

2. Jika kamu naik kendaraan umum:

Dari Kediri: Dari terminal Tamanan, Kediri naik bus jurusan Kediri-Malang. Turun di terminal Pare, lalu lanjut naik bus jurusan Pare-Blitar. Turun di balai desa Pranggang atau patung koi, kecamatan Plosoklaten, kabupaten Kediri. Lalu jalan kaki 750 meter ke arah barat.

Dari Batu / Malang: Dari Terminal Kota Batu naik bus Jurusan Kediri. Turun di terminal Pare, lalu lanjut naik bus jurusan Pare-Blitar. Turun di balai desa Pranggang atau patung koi, kecamatan Plosoklaten, kabupaten Kediri. Lalu jalan kaki 750 meter ke arah barat.
 
Dari Blitar: Dari Terminal Patria, Blitar naik bus jurusan Kediri via Wates. Turun di balai desa Pranggang atau patung koi, kecamatan Plosoklaten, kabupaten Kediri. Lalu jalan kaki 750 meter ke arah barat.

Dari Jombang: Dari Terminal Kepuhsari, Jombang naik bus jurusan Blitar via Pare. Turun di balai desa Pranggang atau patung koi, kecamatan Plosoklaten, kabupaten Kediri. Lalu jalan kaki 750 meter ke arah barat.

Info Harga
  • Harga Tiket Masuk Sumber Complang & Parkir masih gratis
  • Harga Tiket Masuk Kolam Renang = Rp 3.000,-/orang.
  • Harga Sewa Ban Dalam (Kolam Renang) = Rp 3.000,-
Fasilitas

Walaupun belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah kabupaten Kediri, namun sudah ada beberapa fasilitas yang sudah dibangun di antaranya:

  • Kolam Renang. Di, kawasan wisata Sumber Complang ini juga terdapat beberapa kolam renang. Namun, pada hari Sabtu, kolam ini ditutup karena sedang dikuras.
  • Jembatan penyeberangan ke pulau. Inilah spot paling bagus di area sumber Complang. Kamu bisa selfie di sini, ketika menyeberang menuju pulau kecilnya.
  • Warung Makan. Kawasan sumber Complang ini juga terdapat beberapa warung makan sederhana yang tersebar di area ini. Harganya pun murah-murah.
Jenis Wisata Yang Bisa Dilakukan

Di wisata sumber Complang ini, kamu bisa melakukan wisata keluarga.
Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Biar liburan kamu ke sumber Complang ini semakin bermakna, mari lakukan hal-hal seru ini:
  • Memancing. Eittss... tunggu dulu, kamu hanya diperbolehkan memancing saat ada event lomba memancing saja. Biasanya sih saat hari libur panjang. Ikan-ikan di sini adalah hasil penebaran benih ikan yang dilakukan oleh Karang Taruna setempat untuk keperluan lomba memancing saat libur panjang.
  • Berenang. Nah, jika kamu ingin berenang, berenanglah di kolam renangnya ya. Karena pengunjung dilarang untuk berenang di embung sumber Complang.
  • Memberi Makan Ikan. Jika kamu galau membawa anak kecil, kamu bisa mengajaknya untuk memberi makan ke ikan-ikan yang berenang di sumber Complang. Itung-itung sekaligus melatih mereka untuk menyayangi binatang.
  • Piknik Bareng Keluarga. Lokasinya yang lumayan teduh bisa kamu manfaatkan untuk piknik bersama keluarga juga lho.
Kendaraan Yang Bisa Masuk.

Akses menuju wisata sumber Complang ini terbilang mulus lus lus lho. Akan tetapi jalan masuk ke sumber Complang ini masih berupa jalan desa yang lebarnya kurang dari 4 meter saja. Sehingga hanya beberapa jenis kendaraan saja yang bisa masuk seperti:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil Elf
Tempat Wisata di Sekitar

Gambar Belum Tersedia
Sumber Ubalan


Mbrasak Yuk

Sumber Complang, dahulu hanyalah sebuah mbelik (mata air kecil yang ditampung dalam kolam) yang sering digunakan anak-anak desa setempat sebagai tempat bermain dan mencari ikan. Namun, pada sekitar tahun 2011, dibangunlah sebuah embung di sumber Complang ini sebagai sumber irigasi bagi pertanian dan budidaya ikan koi tentunya.

Sumber Complang kini telah berubah menjadi sebuah tempat wisata yang lumayan indah. Apalagi ditambah dengan adanya pulau kecil di tengah embungnya. Jadi semakin photogenic deh sumber Complang ini.

Sumber Complang ini sih dikunjungi warga sekitar biasanya sih buat pacaran liburan bareng teman dan keluarga terutama anak kecil. Cuma pada saat tertentu saja kamu bisa memancing di Sumber Complang ini, karena ikan-ikan di sumber Complang ini dipelihara untuk event-event memancing.

Di sumber Complang ini juga ada kolam renangnya lho, walaupun nggak besar-besar banget sih. Tapi lumayan kan buat tempat ciblon. Tapi sayangnya, saya gak bisa masuk karena kolam renangnya sedang dikuras. Nah, biar kamu gak kecelek, sebaiknya kamu jangan berkunjung ke kolam renangnya pas hari Sabtu, karena pada saat itu, kolamnya selalu dikuras.






Namun, sumber Complang ini mulai didatangi tamu tak diundang, apa itu??? Yaitu tanaman gulma bernama Salvinia moles, walaupun belum terlalu banyak. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, maka akan mempengaruhi ekosistem sumber Complang ini, karena sinar matahari tidak dapat mencapai dasar sumber Complang.


Terlihat di bagian kiri, salvinia molesta sedang menginvasi.



Walaupun begitu, sumber Complang tetap nyaman sebagai lokasi liburan. Oh iya, sekedar saran, sumber Complang ini akan semakin indah jika dibangun taman bunga. Biar lebih berwarna gitu. Nah, sekarang aku mau tanya. Kapan kamu liburan ke sumber Complang? Jadi Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:

  1. Jangan mengotori area sumber air Complang.
  2. Jika anda tidak bisa berenang, jangan nekat berenang di sumber Jambangan.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
 Koordinat GPS: 07°51′00″S 112°09′53.6″E

Komentar