Pantai Banteng Mati yang Bikin Jatuh Hati

Hai Pembaca... Bagaimana kabar kalian? Bagus kan? Hehehe.. Duh enggak kerasa nih sudah 2 bulan Ayo Mbrasak gak buat artikel nih akibat cuaca buruk. Jadi lebih enak duduk manis di rumah. Daripada nanti kehujanan di jalan ya kan? Nah guys mumpung cerah nih. Aku mau ngajak kamu nyantai di pantai ya. Nah pantai ini namanya Pantai Banteng Mati. Weits.. Jangan takut dulu guys sama nama pantainya. Emang sih namanya serem. Tapii..... Pantai ini indah banget lho. Sepi pula.. Jadi berasa liburan di pantai pribadi deh.

Informasi Rute
  1. Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Blitar: Pacu kendaraanmu dari Blitar menuju Kademangan. Setelah melewati jembatan Kademangan, belok kiri. Lanjut ikuti saja petunjuk ke pantai Tambakrejo. Nah, setibanya di pertigaan depan masjid Tambakrejo. Belok kiri sejauh 3 km. Nah setelah kamu menyeberangi jembatan yang kira-kira lebar sungainya 3 meter. Nanti ada pertigaan belok kanan saja. Lalu di pertigaan pertama belok kiri menaiki bukit.

Setibanya di puncak bukit, ada perempatan lurus saja sampai mentok. Lalu belok kanan. Ikuti saja jalan tersebut. Hingga pertigaan terakhir lurus saja hingga tiba di pantai Banteng Mati.

Dari Tulungagung:
    Pacu kendaraanmu dari Tulungagung melalui jalan raya Tulungagung-Blitar. melewati Ngunut-Rejotangan. Setibanya di perempatan lampu merah Kademangan belok kanan lalu di perempatan pertama belok kiri menuju Pasar Kademangan. Di pasar Kademangan belok kanan mengikuti rute menuju Pantai Tambakrejo. Jika anda mengendarai mobil, dari perempatan lampu merah lurus saja. Lalu putar balik setelah melewati jembatan Kademangan.

Setelah putar balik, kamu kembali melewati jembatan Kademangan, setelah melewati jembatan lalu belok kiri. Lanjut ikuti saja petunjuk ke pantai Tambakrejo. Nah, setibanya di pertigaan depan masjid Tambakrejo. Belok kiri sejauh 3 km. Nah setelah kamu menyeberangi jembatan yang kira-kira lebar sungainya 3 meter. Nanti ada pertigaan belok kanan saja. Lalu di pertigaan pertama belok kiri menaiki bukit.

Dari Surabaya: Arahkan kendaraanmu menuju Sidoarjo-Pasuruan-Malang-Blitar. Setibanya di Blitar ikuti petunjuk arah ke Kademangan/Tulungagung. Setibanya di Kademangan, ikuti petunjuk menuju pantai Tambakrejo.
    Nah,  di pertigaan depan masjid Tambakrejo belok kiri sejauh 3 km. Nah setelah kamu menyeberangi jembatan yang kira-kira lebar sungainya 3 meter. Nanti ada pertigaan belok kanan saja. Lalu di pertigaan pertama belok kiri menaiki bukit.

NB: Yang mengendarai mobil, parkirkan saja mobilmu di dusun Sidorejo, lalu carilah warga yang bersedia mengantakanmu menuju pantai Banteng Mati.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir

Pantai Banteng Mati ini belum dikelola untuk dijadikan lokasi wisata. Jadi, kamu tidak akan ditarik biaya ketika berlibur ke pantai Banteng Mati ini alias gratis.

Fasilitas

Pantai Banteng Mati ini masih memiliki akses yang sulit dan jarang dikunjungi wisatawan. Pantai ini kebanyakan dikunjungi oleh nelayan setempat maupun petani yang ingin merasakan. Jadi, pantai ini belum dikelola  sebagai tempat wisata dan belum ada fasilitas apappun di sini.
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Pantai Banteng Mati ini berada di berlokasi di area ladang tebu dengan akses yang masih berupa jalan tanah yang akan berubah menjadi lumpur ketika musim hujan. Jadi, pantai Banteng Mati ini hanya cocok untuk dijadikan wisata alam saja.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Kegiatan yang bisa pembaca lakukan di pantai Banteng ini yaitu:
  • Main pasir. Pantai Banteng Mati ini, memiliki ini memiliki 2 karakteristik pasir yang berbeda. Pantai Banteng Mati Kulon memiliki tekstur pasir yang halus, sedangkan pantai Banteng Mati Wetan memiliki tekstur pantai yang lebih kasar daripada pantai Banteng Mati Kulon, tapi ya gak kasar-kasar banget sih. Kalau pembaca, lebih suka bermain pasir halus atau agak kasar?
  • Duduk santai sambil  menikmati suasana alam cocok banget bagi kamu yang sudah malas ngapa-ngapain di pantai ini.
  • Camping. Pantai ini bisa kok buat menyalurkan hobi camping kamu guys.Karena lokasinya tidak ada sumber air lebih baik kamu membawa bekalair yang cukup ya.
  • Main air atau berenang. Tapi tunggulah laut surut dulu ya. Karena saat itu ombak mulai tenang dan tidak sebesar waktu pasang naik. Oh iya waspada juga dengan adanya bulu babi di depan pantai ini.

Kendaraan yang Bisa Masuk

Kendaraan yang bisa sampai ke bibir pantai Banteng Mati ini adalah:
  • Sepeda.
  • Sepeda motor.
NB: Karena jalan menuju pantai ini masi tergolong sulit dan sempit bagi mobil. Karena lebar jalannya tidak sampai 3 meter saja. Jadi saya sarankan : Jika kamu naik mobil, titipkan mobilmu di dusun Sidorejo, lalu carilah warga yang bersedia mengantarkan mu ke pantai Banteng Mati. Jangan lupa ya dikasih ongkos buat bayar orang yang ngantar kamu ya.
Tempat Wisata di Sekitar

Jika pembaca belum capek, pembaca juga bisa mengunjungi:

• Pantai Pasir Putih Gondo Mayit.
  • Pantai Tambakrejo.
Mbrasak Yuk

Setelah 2 bulan absen buat artikel, kali ini saya akan menceritakan pengalaman liburanku ke pantai Banteng Mati. Lokasinya berada di dusun Sidorejo, desa Tambakrejo, kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah banget guys. Selain itu pantai ini juga sepi dari pengunjung lo... Jadi cocok banget buat kamu yang suka "nyepi" dari rutinitas.

Namun akses jalan menuju pantai Banteng Mati ini masih tergolong sulit. Terlebih jika musim hujan. Karena jalannya berupa jalan tanahyang menyusuri lereng bukit dan melewati ladang tebu warga.Selain itu, di area ladang tebu ini banyak percabangan jalan. Jadi, jika bertemu warga jangan malu bertanya arah ke pantai. Nanti kamu nyasar ke hatiku #EEAA

Nah pantai Banteng Mati ini terdiri dari 2 pantai yaitu pantai Banteng Mati Kulon dan Pantai Banteng Mati Wetan. Kedua pantai ini dipisahkan oleh sebuah bukit kecil. Selain itu, kedua pantai ini memiliki karakteristik yang berbeda 1 sama lain lho. Yuk kita lihat.

Nah, yang pertama saya bahas kali ini adalah pantai Banteng Mati Kulon guys. Pantai ini memiliki garis pantai yang lumayan panjang. Pasir putih di sini lumayan halus. Namun ada beberapa bagian pantai Banteng Mati Kulon ini yang hanya tertutup oleh batuan karang saja.

Setelah puas menikmati keindahan pantai Banteng Mati Kulon, kami beranjak menuju pantai Banteng Mati Wetan. Nah Pantai Banteng Mati Wetan ini juga memiliki hamparan pasir putih yah walaupun garis pantainya  tak sepanjang pantai Banteng Mati Kulon sih. Tapi permukaan pantai Banteng Mati Wetan ini seluruhnya tertutupi pasir putih lho. Jadi bisa main pasir sepuasnya.

Indah kan panorama Pantai Banteng Mati? Jadi, Ayo Mbrasak sekarang.

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera pulang agar tidak terjadi kecelakaan.
  2. Siapkan fisik anda karena trekingnya lumayan jauh dengan menyusuri bukit
  3. Jangan lupa kendaraan juga harus prima agar bannya tidak bocor dan pastikan bahan bakar kendaraanmu masih cukup.
  4. Jangan coba-coba berenang di pantai ini kalau anda mau selamat.
  5. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  6. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  7. Bawalah bekal sendiri karena belum ada warung.