Menikmati Sore di Sumber Jambangan

Sore hari  adalah waktu yang tepat untuk berburu pemandangan sunset. Jadi, tidak salah jika banyak orang yang sengaja berwisata pada sore hari hanya untuk menikmati fenomena alam satu ini. Selain itu wisata sore ini gak bakal mengganggu jam kerja yang biasanya pulang jam 4 - 5 sore. Salah satu tempat yang cocok dijadikan tujuan berburu pemandangan sunset adalah sumber Jambangan, desa  Tempurejo, kecamatan Wates, kabupaten Kediri. Yuk simak ulasannya di sini.

Informasi Rute

1. Jika kamu naik kendaraan pribadi:

Dari Kediri: Arahkan kendaraanmu menuju kecamatan Ngasem, tiba di simpang lima Gumul ikuti petunjuk arah menuju kecamatan Wates. Setibanya di pertigaan pasar Wates belok kiri hingga tiba di desa Tempurejo, kecamatan Wates. Setibanya di desa Tempurejo nanti ada panah belok kanan menuju sumber Jambangan, lalu ikuti jalan menuju tiba di dusun Bakung, dan ikuti panah belok kanan menuju Sumber Jambangan.

Dari Batu/Malang: Ikuti jalan raya Batu-Kediri, melintasi kecamatan Pujon-Ngantang-Kasembon-Kandangan. Setibanya di Kandangan, belok kiri mengikuti jalan raya Kandangan-Pare melintasi kecamatan Kepung. Sampai di Pare, belok kiri mengikuti jalan raya Pare-Wates melintasi kecamatan Puncu. Lalu tiba di pertigaan depan polsek Plosoklaten belok kiri melintasi jalan raya Plosoklaten-Wates hingga tiba di desa Tempurejo, kecamatan Wates. Setibanya di desa Tempurejo nanti ada panah belok kiri menuju sumber Jambangan, lalu ikuti jalan menuju tiba di dusun Bakung, dan ikuti panah belok kanan menuju Sumber Jambangan.

Dari Blitar: Ikuti jalan raya Blitar-Nglegok setibanya di perempatan desa Kedawung, kecamatan Nglegok belok kanan. Setelah melewati perempatan ini, kamu akan melintasi sabo dam aliran kali Bladak yang lumayan panjang. Pada saat menyeberang jembatan di sabo damnya, terkadang kita harus antre dengan kendaraan lain, karena jalurnya lumayan sempit. FYI, kali Bladak ini adalah sungai aliran lahar dingin Gunung Kelud. Setelah melewati sabo dam, ikuti jalan raya Nglegok-Ponggok. Tiba di perempatan pasar Patok, kecamatan Ponggok belok kanan mengikuti jalan raya Ponggok-Wates melintasi kecamataan Ngancar. Tiba di perempatan Kunjang, kecamatan Wates lurus hingga sampai di pertigaan polsek Wates belok kiri. Di pertigaan pasar Wates belok kanan hingga tiba di desa Tempurejo, kecamatan Wates. Setibanya di desa Tempurejo nanti ada panah belok kanan menuju sumber Jambangan, lalu ikuti jalan menuju tiba di dusun Bakung, dan ikuti panah belok kanan menuju Sumber Jambangan.

Dari Jombang: Ikuti jalan raya Jombang-Ngoro melintasi kecamatan Diwek, tiba di pertigaan Blimbing, kecamatan Gudo belok kiri, tiba di perempatan Sidowarek, kecamatan Ngoro belok kanan. Sesampainya di pertigaan Pulorejo, belok kanan mengikuti jalan raya Jombang-Pare melintasi kecamatan Badas. Sampai di Pare, belok kiri mengikuti jalan raya Pare-Wates melintasi kecamatan Puncu. Lalu tiba di pertigaan depan polsek Plosoklaten belok kiri melintasi jalan raya Plosoklaten-Wates hingga tiba di desa Tempurejo, kecamatan Wates. Setibanya di desa Tempurejo nanti ada panah belok kiri menuju sumber Jambangan, lalu ikuti jalan menuju tiba di dusun Bakung, dan ikuti panah belok kanan menuju Sumber Jambangan.

Dari Tulung Agung: Ikuti jalan Raya Tulung Agung-Kediri melintasi kecamatan Ngantru-Kras-Ngadiluwih. Tiba di pertigaan lampu merah Ngadiluwih belok kanan. Sampai di perempatan lampu merah Jimbun lurus saja mengikuti jalan raya Kandat-Wates. Tiba di pertigaan pasar Tawang belok kiri. Sampai di pertigaan pasar lor Wates belok kanan, ada pertigaan lagi belok kiri hingga tiba di desa Tempurejo, kecamatan Wates. Setibanya di desa Tempurejo nanti ada panah belok kanan menuju sumber Jambangan, lalu ikuti jalan menuju tiba di dusun Bakung, dan ikuti panah belok kanan menuju Sumber Jambangan.

2. Jika kamu naik kendaraan umum:

Dari Kediri: Dari terminal Tamanan, Kediri naik bus jurusan Kediri-Malang. Turun di terminal Pare, lalu lanjut naik bus jurusan Pare-Blitar. Turun di desa Tempurejo, kecamatan Wates, kabupaten Kediri. Lalu jalan kaki 2,5 km ke arah timur(dusun Bakung), lokasi sumber Jambangan.

Dari Batu / Malang: Dari Terminal Kota Batu naik bus Jurusan Kediri. Turun di terminal Pare, lalu lanjut naik bus jurusan Pare-Blitar. Turun di desa Tempurejo, kecamatan Wates, kabupaten Kediri. Lalu jalan kaki 2,5 km ke arah timur(dusun Bakung), lokasi sumber Jambangan.

Dari Blitar: Dari Terminal Patria, Blitar naik bus jurusan Kediri via Wates. Turun di desa Tempurejo, kecamatan Wates, kabupaten Kediri. Lalu jalan kaki 2,5 km ke arah timur(dusun Bakung), lokasi sumber Jambangan.

Dari Jombang: Dari Terminal Kepuhsari, Jombang naik bus jurusan Blitar via Pare. Turun di desa Tempurejo, kecamatan Wates, kabupaten Kediri. Lalu jalan kaki 2,5 km ke arah timur(dusun Bakung), lokasi sumber Jambangan.

Informasi Harga

Karena belum dikelola sebagai tempat wisata, kamu tidak akan ditarik biaya alias gratis.

Fasilitas

Belum ada karena sumber Jambangan ini masih belum dikelola sebagai tempat wisata.

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Sumber Jambangan ini, walaupun dikelola menjadi tempat wisata, namun panorama di sekitarnya lumayan indah. Di sini, kamu bisa menikmati panorama hijaunya pepohonan dan ladang tebu serta pemandangan Gunung Wilis dari kejauhan. Jadi, di sumber Jambangan ini, kamu bisa melakukan wisata:
  • Wisata keluarga
  • Wisata alam.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Supaya liburanmu ke sumber air Jambangan ini tidak membosankan, kamu bisa melakukan hal-hal ini:

• Memancing Ikan. Jika kamu hobi memancing, bawalah perlengkapan mancingmu dan nikmatilah sensasi tarikan ikan di sini. Kebanyakan sih dapatnya ikan nila, ada juga ikan lele dan ikan wader ukuran monster
  • Berenang. Nah, yang suka berenang bawalah baju ganti.Karena air di sumber air Jambangan ini masih jernih. Namun pada beberapa titik kedalaman air bisa mencapai 3 meter. Di sumber ini juga, pernah ada kejadian orang tenggelam hingga meninggal lho. Jadi hati-hati lho saat berenang di sumber Jambangan ini.
  • Camping. Para pegiat camping silahkan merapat karea tempat ini lumayan nyaman buat mendirikan tenda. Tapi pastikan pohon di sekitar tempat kamu mendirikan tenda tidak ada ranting yang kering atau batang pohon yang rapuh. Tapi sebaiknya, kamu izin dulu ke ketua RT setempat ya.
  • Piknik bersama keluarga. Sumber air Jambangan ini juga cocok buat dijadikan sebagai spot wisata keluarga. Tempatnya teduh, jadi bisa menggelar tikar sambil makan bersama keluarga. Nyammm. Tapi sampahnya dibuang ke tempat sampah lo ya
Kendaraan Yang Bisa Masuk

Akses menuju sumber Jambangan ini, namun lumayan sempit lebarnya sekitar 3 meter saja di dusun Bakung, lokasi sumber jambangan berada. Jadi, hanya beberapa jenis kendaraan saja yang bisa menjangkau ke sumber Jambangan ini yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil Elf

Tempat Wisata Di Sekitar

Jika kamu belum capek liburan ke sini, kamu bisa lanjut liburan ke tempat wisata  ini:

Gambar Belum Tersedia
Sumber Ubalan

Mbrasak Yuk

Sumber Jambangan, hanyalah sebuah mata air yang berada di dusun Bakung, desa Tempurejo, kecamatan Wates. Namun jangan salah, debit mata air lumayan gede lho. Jadi, jangan salah jika air di sumber Jambangan ini dibendung sebagai embung untuk irigasi warga.

Walaupun dibendung, air di sumber Jambangan ini masih bening lho. Jadi lumayan seger buat berenang di sini. Selain itu, di sumber Jambangan ini terdapat banyak pohon yang memiliki ukuran jumbo. Jadi, teduh dan segar deh. Saat sore hari, biasanya banyak muda-mudi akamsi #AnakKampungSini yang berwisata bersama pacar kawan-kawan mereka. Selain itu, ada pula beberapa orang yang mencoba peruntungan dengan memancing ikan di sumber Jambangan ini. Ada juga orang yang menggembalakan dombanya di sini.

Pemandangan yang ditawarkan sumber Jambangan ini didominasi sawah dan ladang tebu. Selain itu, di sisi timur sumber Jambangan ini adalah hutan kecil yang berfungsi untuk menjaga sumber Jambangan ini tetap mengalir. Jika cuaca cerah kamu juga bisa melihat panorama gunung Klothok dan gunung Wilis di  sebelah barat bendungan ini.

Luas area bendungan sumber Jambangan ini sekitar 1 ha. Ikon di bendungan sumber Jambangan ini ada 2 yaitu bangunan semacam dermaga dan pulau kecil yang berada di sisi kiri sumber Jambangan. Dan berikut ini hasil dokumentasi selama liburan atau lebih tepatnya mencari sunset di sumber Jambangan ini:

Bangunan dermaganya ada di bawah ini:

Kalau yang di bawah ini pulau kecilnya:

Jadi, apakah kamu juga suka mencari view Sunset juga? Jadi Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:
  1. Jangan mengotori area sumber air Jambangan
  2. Jika anda tidak bisa berenang, jangan nekat berenang di sumber Jambangan.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  5. Bawalah bekal sendiri karena belum ada warung makan.
  6. Jika ingin camping, pastikan tempat mendirikan tenda sudah aman dari pohon / batang yang rapuh. Dan jangan lupa izin dulu ke kepala rt setempat.