Butuh Perjuangan ke Coban Wolu


Coban Wolu adalah salah satu coban yang berada di kecamatan Pronojiwo. Tepatnya 150 meter di bawah jembatan Pronojiwo yang berada di perbatasan dusun Kalibening, desa Pronojiwo dengan desa Taman Ayu. Tinggi coban ini sekitar 120 meter dengan aliran air yang sangat deras sehingga tidak disarankan untuk mandi di bawah Coban Wolu ini. Coban ini memiliki 2 nama yaitu Coban Sriti karena berada di aliran kali Sriti dan Coban Wolu karena untuk mencapai Coban Wolu anda akan menyeberangi kali Sriti sebanyak wolu/delapan kali.
Coban ini memiliki pemandangan yang indah. Coban ini dikelilingi tebing yang menjulang setinggi 150 meter, hutan yang hijau, dan aliran sungai yang deras. Coban Wolu belum dimanfaatkan sebagai tempat wisata karena aksesnya yang cukup sulit.dan rawan banjir lahar hujan karena kali Sriti ini merupakan sungai aliran lahar Gunung Semeru. Jadi jika anda ingin ke Coban Wolu ini anda harus pandai-pandai membaca kondisi alam. Salah sedikit saja, anda bisa hanyut akibat aliran Kali Sriti yang cukup deras. Jadi tidak sembarang orang yang bisa ke sini. Untuk menuju Coban Wolu ikuti arah ke Coban Kapas Biru. Sampai di Coban Kapas Biru turun ke kali Sriti. Kemudian ikuti arah sungai dengan melawan arus selama 1-1,5 jam.
  



Aliran sungai dari Coban Kapas Biru, airnya jernih dan sejuk. Alirannya pun deras. Walaupun kelihatannya dangkal, ternyata kedalamannya sampe paha. Jadi diperlukan kaki dan kuda-kuda yang kuat serta taktik jitu agar tidak hanyut.


Aliran kali Sriti. Sungai ini memiliki aliran yang deras serta keruh akibat aktivitas tambang pasir di hulu sungai ini. Kali Sriti ini juga dipenuhi jeram-jeram yang cukup ganas. Saat menyeberang sungai ini, kedalamannya bervariasi antara selutut sampai perut saya dengan aliran yang lumayan deras. Setelah perjalanan yang melelahkan dengan menyeberangi kali Sriti sebanyak 8 kali. Sampailah di Coban Wolu.










Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
  2. Siapkan fisik anda karena trekingnya lumayan jauh dengan menyeberang sungai dengan aliran yang deras sebanyak 8 kali.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  5. Gunakan sandal anti selip.
  6. Jangan memakai celana panjang dan tebal agar saat menyeberang sungai tidak terlalu banyak beban yang diterima kakimu
  7. Harus pandai membaca kondisi alam seperti kondisi cuaca yakni harus cerah selama anda dalam perjalanan menuju coban wolu serta tahu letak-letak batu di dalam sungai. Salah sedikit saja anda bisa hanyut atau terseret banjir.
Koordinat GPS: 08°12′50.5″S 112°56′47.7″E

Komentar

Posting Komentar

Menerima Kripik, Saran, dan Paido