Coban Kedung Malang Memang Mantap

Air terjun Kedung Malang adalah salah satu air terjun yang sempat hits di kabupaten Malang. (Namun karena insiden meninggalnya 2 wisatawan meninggal dan beberapa kali wisatawan terjatuh hingga terluka baik ringan maupun berat. Akhirnya air terjun ini ditutup untuk umum) Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dan lebar 25 meter dan di bawah air terjun ini terdapat sebuah kedung bro. Jadi kalo gak bisa berenang saya ingatkan jangan berenang di sini ya. Airnya dalem banget. Air terjun ini memiliki bentuk yang agak berbeda dari kebanyakan air terjun di Malang. Aliran air terjun ini melebar dan debitnya pun tak terlalu deras. Seakan-akan airnya merambat di tebing. Selain itu air terjun ini dikelilingi oleh beberapa air terjun kecil dan terdapat formasi bebatuan yang mirip seperti di dalam gua di sebelah barat air terjunnya. Mantap kan?

Informasi Rute

Mohon maaf, lokasi air terjun ini untuk sementara dirahasiakan terlebih dahulu hingga ada konfirmasi dari masyarakat setempat. Terima Kasih.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir

1.              Harga Parkir = Rp 3.000,-/unit.

Fasilitas

Warung Makan (Weekend)
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Wisata Alam.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

  • Berenang
  • Menikmati suasana alam
  • Foto-foto
  • Camping.

Kendaraan yang Bisa Masuk


  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil.

Mbrasak Yuk

Setelah iseng-iseng mapping di sekitaran wilayah Malang. Eh ternyata saya menemukan sebuah air terjun yang lumayan indah di kabupaten Malang. Singkat cerita saya pun menuju wilayah kabupaten Malang untuk mencari keberadaan air terjun ini.

Setibanya di lokasi yang dekat dengan air terjun. Saya pun mencari rumah warga untuk memarkirkan motor. Hehehe. Nuwun Sewu Nggih Pak Bu.. Ajenge nitip montor. Saya ke air terjun ini pas masih sepi jadi masih gratis lah. #Buahahaha #TertawaPuas



It's tracking time! Lalu perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri perkebunan sengon warga dan menuruni lembah hingga sampai di sungai. Setelah itu perjalanan dilanjut susur sungai.





Setelah susur sungai selama 20 menit tibalah kamu di air terjun Coban Kedung Malang. Subhanallah. Sesampainya di Coban Kedung Malang. Speechless bro. Indah banget deh pokoknya.










Formasi batu yang mirip dengan gua

air terjun kecil












 UPDATE

Pada hari Senin (29/08/2017) terjadi laka di air terjun Kedung Malang. Yaitu, meninggalnya saudara Yudi Kurniawan, 21 salah satu mahasiswa UNAIR yang meninggal dunia akibat tenggelam di air terjun Coban Kedung Malang. #PrayforYudi #PrayforCobanKedungMalang. Menurut sumber ini, ternyata air terjun Coban Kedung Malang ini sudah ditutup sejak 1 tahun lalu karena sebelumnya juga terjadi insiden serupa dan banyak pengunjung yang jatuh terpeleset hingga terluka baik ringan maupun berat akibat jalan turun yang licin dan menanjak.

Nah, demi keselematan bersama, air terjun ini sudah diberi plang namun telah dirusak oleh beberapa oknum. Rencananya warga akan membuat plang yang lebih kuat lagi. Saya juga menyarankan kawan-kawan yang telah membuat artikel tentang air terjun ini lebih baik merahasiakan lokasi detailnya hingga lokasi air terjun ini benar-benar siap untuk dijadikan tempat wisata, agar tidak terjadi hal-hal serupa di kemudian.

Saya juga meminta maaf jika artikel ini malah mendatangkan kerepotan bagi warga setempat, saya menulis artikel ini semata-mata ingin mengenalkan keindahan alam Indonesia. Tapi, herannya ada salah satu acara traveling di salah satu saluran TV nasional malah mendapat izin  untuk shooting di sini ya? #MikirKeras
 

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
  2. Siapkan fisik anda karena trekingnya lumayan jauh dengan menyusuri bukit.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  5. Gunakan sandal anti selip.
  6. Bawalah bekal sendiri karena belum ada warung selain pas weekend atau hari libur

Komentar

  1. mantap kang

    mampir kang ke blog ane

    sambangono.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. waduh... setelah ada kabar 2 orang tenggelam di situ katanya air terjunnya ditutup gan... gak denger kabar udah dibuka lagi apa nggak..

      Hapus

Posting Komentar

Menerima Kripik, Saran, dan Paido