Jalan Jalan ke Coban Perawan Ngantang

Nah, mungkin bagi kamu yang sering melintasi jalan raya Batu-Kediri atau Batu-Jombang via Ngantang. Pasti tidak asing dengan kelokan dan tanjakannya yang aduhai. Walaupun konturnya bikin jantung kamu berdebar dag dig dug ser. Ternyata, pemandangan di sepanjang jalan ini sangat indah melewati lembah yang dialiri sungai, hutan, sawah, dan perkebunan warga. Melalui jalur ini pun kamu bisa menikmati panorama Gunung Kawi, Gunung Kelud, Gunung Anjasmoro dan Waduk Selorejo.  Nah, baru-baru ini warga desa Purworejo, kecamatan Ngantang ini telah berswadaya membuka wisata air terjun baru lho. Yuk simak ulasannya.

Informasi Rute

1. Jika kamu naik kendaraan Pribadi:
  • Dari Malang/Batu: Arahkan kendaraanmu menuju jalan raya Batu-Kandangan. Nah, setelah melewati wisata coban Sewu, desa Bendosari, kecamatan Pujon lurus saja hingga menyeberangi sungai Konto sebanyak 2 kali. Wisata air terjun coban Perawan ini lokasinya berada di kiri jalan.
  • Dari Blitar: Arahkan kendaraanmu menuju Wlingi, lalu ikuti jalan raya Wlingi-Ngantang, melewati desa Semen-Krisik-Pagersari. Hingga tiba di jalan raya Batu-Kandangan, lalu ikuti arah menuju kota Batu. Wisata air terjun coban Perawan ini berada di sebelah kanan jalan.
  • Dari Kediri/Jombang: Arahkan kendaraanmu menuju Kandangan, lalu ikuti jalan raya Kandangan-Batu melewati Kasembon-Ngantang. Setibanya di desa Purworejo, kecamatan Ngantang, pelankan kendaraanmu hingga kamu melihat lokasi wisata yang berada di sisi kanan jalan.
2. Jika kamu naik kendaraan umum:
  • Dari Batu/Malang: Naik bus jurusan Kediri / Jombang via Pujon. Lalu turun di coban Perawan Ngantang
  • Dari Kediri/Jombang: Naik bus jurusan Malang / Batu via Kandangan. Lalu minta turun di coban perawan Ngantang.
Informasi Harga
  • Harga Tiket Masuk = Rp 10.000,-/orang
  • Harga Parkir = Sepeda motor Rp 5.000,-/unit.
  • Harga Paket Panahan = Rp 10.000, kalau belajar masih gratis
  • Harga Main Wahana Rumah Kelinci dan Mandi Pasir = Rp 5.000,-/anak
  • Harga naik Wahana Flying Fox = Rp  20.000,-/orang sekali naik
  • Harga River Tubing(Start Coban Sewu-Finish Coban Perawan) = Rp 50.000,-/orang
  • Harga Sewa Paintball = Rp 50.000,- dapat 50 paintball.(Masih dalam pengembangan, inshaa Allah 2018 sudah selesai).
Fasilitas

Nah di air terjun Coban Perawan ini sudah tersedia beberapa fasilitas yang membuat kamu betah berlama-lama berkunjung ke air terjun coban Perawan yaitu:
  • Tempat Parkir Luas. Intinya kamu gak perlu takut enggak kebagian tempat parkir di wisata air terjun Coban Perawan ini.
  • Beberapa wahana permainan: mandi pasir, flying fox, panahan, paintball dan rumah kelinci. Biar liburanmu ke air terjun coban Sadang ini lebih seru, coba deh salah satu atau semua permainan yang sudah selesai dibangun.
  • Jembatan Cinta(Dalam pembangunan), jadi saat ini masih memakai jembatan darurat.
  • Taman bunga yang sudah rapi tentunya bisa buat spot foto cantik tapi jangan dinjak-injak bunganya ya agar kasus seperti taman amarylis Jogja tidak terulang lagi.
  • Beberapa spot foto seperti beberapa plengkung dan spot foto lainnya.
  • Warung Makan. Nah, jika kamu lapar di air terjun Coban Perawan ini, kamu gak usah takut kelaparan karena di area wisata air terjun air terjun Coban Perawan ini sudah banyak warung makan yang berbaris rapi untuk meredakan rasa laparmu.
  • Toilet. Sebagai tempat ngendok mencari inspirasi, tempat ini wajib ada di setiap tempat wisata
Jenis Wisata Yang Bisa Dilakukan

Air terjun Coban Perawan Ngantang ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas dan wahana permainan. Ditambah aksesnya yang sangat mudah karena berada di pinggir jalan raya Batu-Kediri. Jadi, di air terjun Coban Perawan ini kamu bisa :
  • Wisata Alam
  • Wisata Keluarga

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Di tempat wisata air terjun Coban Perawan Ngantang ini guys kamu bisa melakukan hal-hal kece di bawah ini.
  • Foto-foto. Tak salah memang jika kamu ingin berfoto di tempat ini karena di tempat wisata air terjun Coban Perawan ini, pengelola sudah membangun taman bunga yang tertata rapi serta beberapa spot yang dibangun sebagai spot foto seperti plengkung dan rumah pohon.
  • Bermain di Wahana Permainan. Bagi kamu yang suka memacu adrenalin, coba deh beberapa wahana permainan yang tersedia seperti paintball, river tubing, panahan, dan flying fox. Nah, bagi kamu yang terlalu berani memacu adrenalinmu, kamu bisa bermain bareng kelinci di rumah kelinci atau mandi pasir.
  • Mandi di bawah kucuran air terjun. Melihat jernihnya air yang jatuh dari air terjun coban Perawan ini pastinya sangat menggoda sekali untuk mandi di bawah aliran air terjunnya. Apalagi jika kamu sudah merasakan sejuknya air dari air terjunnya. Yang pastinya bikin kamu betah berlama-lama deh mandi di bawah air terjunnya.
  • Main Air. Nah, bagi kamu yang gak bawa baju ganti, bisa juga main air di bawah air terjunnya, atau hanya merendam kaki di sungai yang mengalir dari air terjun Coban Perawan ini
Kendaraan Yang Bisa Masuk

Karena lokasinya yang berada di tepi jalan raya Batu-Kandangan yang lumayan lebar dan mulus.Jadi sudah banyak kendaraan yang bisa mengakses air terjun Coban Perawan ini seperti:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil 
  • Elf
  • Bus Besar
Tempat Wisata di Sekitar

Jika kamu belum capek, yuk lanjutkan liburanmu ke sini biar tambah kece







Gambar Belum Tersedia
Waduk Selorejo
Gambar Belum Tersedia
Bukit Cinta (Dalam Pembangunan)

Mbrasak Yuk

Tak jauh dari air terjun Coban Sadang, nah kamu bisa menikmati keindahan air terjun Coban Perawan ini. Yah walaupun lokasinya berdekatan, lokasi air terjun ini sudah masuk ke wilayah desa Purworejo, kecamatan Ngantang. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau karena lokasinya berada di pinggir jalan raya Batu-Kandangan. Ga percaya? Nih lihat sendiri buktinya.
Terbukti kan kalau air terjun ini mudah dijangkau?

Nah, setelah masuk ke wisata air terjun Coban Sadang ini, ternyata banyak sekali lho wahana permainannya. Di dekat loket karcis, kamu bisa bermain di wahana flying fox. Setelah berjalan sekitar 30 meter, ada juga wahana panahan. Eh iya, kalau mau belajar panahan di air terjun Coban Perawan ini gratis lho. Hehehe. Selain itu ada juga beberapa spot foto yang dibangun pengelola seperti plengkung di bawah ini.



Yuk main panahan bareng neng Jenifer Lawrence yuk, eh fotonya ding

Tak jauh dari area panahan, terdapat beberapa warung makan yang menjual aneka makanan dan minuman, jadi jika kamu lapar tinggal mampir ke warung saja deh. Selain itu ada juga beberapa spot foto ciamik buat kamu abadikan ke dalam ponsel maupun kameramu seperti rumah kayu, istana kelinci, jembatan cinta (dalam pembangunan), pot bunga tumpah, dan mandi pasir.
Nih, gan warung makannya

Rumah Kayunya warna-warni ya

Ini nih yang namanya pot bunga tumpah.

Namanya jembatan cinta(belum selesai dibangun)

Nah kalau mau main bareng kelinci di sini tempatnya.

Yang bawa anak kecil, bisa juga diajak main ke sini. Bisa mandi pasir plus bola.

Daritadi yang dibahas permainannya melulu, air terjunnya mana? Nah, jika kamu ingin menuju air terjunnya, kamu harus menyeberang sungai Konto dulu ya. Oh iya, karena jembatan cintanya belum selesai dibangun. Jadi kamu harus lewat jembatan darurat ini untuk menyeberangi sungai Konto.

Jembatannya bikin dag dig dug ser.

Setelah menyeberang jembatan darurat tadi, air terjunnya sudah kelihatan kok. Di sini sepertinya juga akan dibangun taman bunga dan gazebo juga. Jadi bisa menikmati keindahan air terjun Coban Perawan ini sambil duduk santai di gazebo deh. Selamat menikmati keindahan Coban Perawan ya.





Mata air yang memancar di bebatuan samping air terjun.

Bagaimana? Apakah kamu berminat melepas lelah di perjalanan sambil menikmati keindahan air terjun Coban Perawan ini? Jadi Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:
  1.  Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  2. Patuhi aturan setempat dan hormati kearifan lokal warga.
  3. Jangan terlalu membebani jembatan agar jembatannya tidak rusak.
  4. Jika cuaca memburuk, segera jauhi sungai dan tebing agar tidak terkena banjor/ longsor.
Koordinat GPS:07°52′26.7″S 112°24′18.1″E

Komentar