Dapat 2 Air Terjun di Coban Kabut Pelangi


Air Terjun Kabut Pelangi atau Coban Kabut Pelangi adalah salah satu air terjun yang lagi hits di Lumajang. Coban ini berada di perbatasan di perbatasan desa Sidomulyo dengan desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Air terjun ini berada di lereng gunung Semeru bagian selatan. Jika beruntung, anda dapat melihat pelangi yang ada di bagian bawah air terjun ini.


Akses jalan menuju tempat wisata ini sudah cukup bagus. Jika anda dari Malang arahkan kendaraan anda menuju Kepanjen-Gondanglegi-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading-Pronojiwo hingga sampai di polsek Pronojiwo. Jika anda dari Lumajang, ikuti jalan nasional Lumajang-Malang yakni melewati Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo hingga sampai di polsek Pronojiwo. Di dekat polsek Pronojiwo, terdapat banner Coban Kabut Pelangi. Setelah itu ikuti petunjuk yang ada setelah banner tersebut.

Setelah sampai di tempat parkir, perjalanan dilanjutkan treking sejauh 1,5 km dengan melewati perkebunan warga dengan jalan yang naik turun khas perbukitan. Saat perjalanan treking anda disuguhi pemandangan lembah Kali Sriti, yaitu sungai yang berhulu di Gunung Semeru sekaligus jalur lahar dingin Gunung Semeru. Setelah beberapa saat treking anda akan melihat air terjun kecil bersusun 3 di sebelah belakang anda tepatnya di lereng lembah Kali Sriti di bagian barat (kiri).


Setelah itu perjalanan treking masih berlanjut. Setelah itu anda akan ditarik karcis masuk sebesar Rp 5.000,-/orang. Lalu 30 menit berjalan dari parkiran anda akan tiba di anak air terjun Kabut Pelangi. Air terjun ini berketinggian 100 meter dengan aliran air yang lebih kecil daripada Coban Kabut Pelangi. Namanya juga anak air terjun. Nah di air terjun inilah pelangi sering terlihat. Namun sayang, saya tidak berjumpa dengan pelangi tersebut. Hiks. Berdasarkan pernyataan warga, pelangi bisa terlihat saat pukul 07.00 WIB-08.30 WIB dan pukul 14.00 WIB-16.00 WIB. Dan berikut pemandangan anak Coban Kabut Pelangi.






Di sini juga sudah terdapat warung yang menjual makanan dan minuman. Selain itu, juga terdapat mushola sederhana bagi anda yang ingin shalat. Oke perjalanan kita lanjutkan 15 menit lagi untuk sampai di Coban Kabut Pelangi. Namun lagi-lagi saya tak berjumpa dengan pelangi. Mungkin timing nya kurang tepat ya. Hehehe... Alhasil trip kali ini saya tak berjumpa pelangi sama sekali. Yah walaupun begitu Coban Kabut Pelangi ini masih terlihat bagus banget guys nih buktinya.










Sekian dulu postingan saya, kita lanjutkan lain waktu.

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
  2. Siapkan fisik anda karena trekingnya lumayan jauh dengan jalur yang naik turun.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
Koordinat GPS: 08°14′11.2″S 112°55′53.2″E

Komentar

Posting Komentar

Menerima Kripik, Saran, dan Paido