Nikmati Kesegaran Kedung So


Air Terjun Kedung So adalah salah satu air terjun musiman di kawasan air terjun Kedung Jembar. Kira-kira kenapa ya ya kok dinamai Kedung So? Apa karena di sekitar air terjun Kedung So ini banyak pohon melinjonya? Kan kalau di bahasa indonesiakan so itu artinya daun melinjo yang masih muda? Hmmm...Entahlah... Yang pasti air terjun Kedung So ini walaupun tidak terlalu tinggi, tetapi cocok banget dijadikan sebagai "pelarian" dari hiruk pikuk perkotaan. Apalagi ditambah keindahan kedung yang ada di bawah air terjun Kedung So ini. Hmmm jadi pingin segera berlibur ke sana nih.
Informasi Rute

Untuk lokasi air terjun dan rutenya masih dirahasiakan karena warga telah menutup air terjun Kedung Jembar serta 3 air terjun lainnya seperti air terjun Kedung So, air terjun Jurug Krecek, dan air terjun Jurug Jero. Penutupan ke 4 air terjun ini akibat adanya 2 wisatawan yang meninggal akibat tenggelam di kolam air terjun Kedung Jembar. Selain itu, lokasinya yang jauh dari pemukiman dan akses yang masih berupa jalan setapak membuat wisatawan kesultan mencari bantuan jika mengalami masal di lokasi air terjun.

Informasi Harga

Untuk memasuki air terjun Kedung So ini, kamu tidak akan dipungut biaya alias gratis. Karena memang air terjun Kedung So ini belum dikelola untuk tempat wisata.

Fasilitas

Karena lokasinya yang jauh dari perkampungan warga dan aksesnya yang hanya berupa jalan setapak yang naik turun bukit dan ladang warga. Sehingga membuat air terjun Kedung So ini belum ada fasilitas apapun. Karena, jika ingin membuat fasilitas di air terjun Kedung So ini butuh biaya dan tenaga yang ekstra pastinya.

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Karena treking yang lumayan cukup menguras tenaga dan cenderung panas di siang hari, maka air terjun Kedung So ini hanya cocok sebagai wisata alam saja.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah, jika kamu ingin berlibur ke air terjun Kedung So ini, kamu bisa juga melakukan beberapa kegiatan seru seperti:
  • Main Air
  • Menikmati suasana alam 
  • Foto-foto 
  • Mandi di bawah guyuran air terjun. Tapi hati-hati kepleset ya.. 
NB: Jangan berenang di kolam alaminya karena lumayan dalam banget, kecuali kalau kamu sudah mahir berenang. 

Kendaraan yang Bisa Masuk

Setibanya di dusun terakhir, kamu akan melewati akses jalan yang masih berupa jalan makadam dan jalan beton cor. Jadi, kendaraaan yang bisa masuk hanya:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil 
Tempat Wisata di Sekitar

Jika kamu sudah puas menikmati keindahan air terjun Kedung So ini. Kamu bisa juga menikmati keindahan 3 air terjun lainnya seperti:




 

Mbrasak Yuk 

Air Terjun Kedung So adalah salah satu air terjun musiman di kawasan air terjun Kedung Jembar. Air terjun ini berada di antara air terjun Kedung Jembar dan Jurug Krecek. Sedangkan di kawasan wisata air terjun Kedung Jembar sendiri terdapat 4 air terjun yang masih berada dalam 1 sungai antara lain Kedung Jembar, Kedung So, Jurug Krecek, dan Jurug Jero. 
 
Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan bentuk berundak-undak. Di bawahnya terdapat kedung / kolam yang lebarnya sekitar 3-5 meter dan panjang sekitar 30 meter. Bagi anda yang tidak bisa berenang, jangan coba-coba nyemplung di kedungnya ya. Karena dalam banget gan!











 
 UPDATE

Pada hari Senin (02 Mei 2016) terjadi laka di air terjun Kedung Jembar. Yaitu, meninggalnya 2 remaja bernama Rebdy (12) dan Bima Sudrajat (13) yang meninggal akibat tenggelam di air terjun Kedung Jembar. Keduanya merupakan warga dusun Ngrendeng, desa Sumberroto, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang. Info lengkap kunjungi sumber ini.

Nah, demi keselematan bersama, masyarakat setempat telah menutup air terjun Kedung Jembar, Kedung So, Jurug Krecek, dan Jurug Jero. Agar tidak terulang kejadian meninggalnya wisatawan akibat meninggal di air terjun ini. Lokasi ke 4 air terjun ini memang jauh dari permukiman dan tidak ada fasilitas yang cukup membantu jika ada wisatawan yang tenggelam.

Saya juga meminta maaf jika artikel ini malah mendatangkan kerepotan bagi warga setempat, saya menulis artikel ini semata-mata ingin mengenalkan keindahan alam Indonesia.

Nah, apakah pembaca juga ingin berlibur ke air terjun Kedung So ini?Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.


Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
  2. Siapkan fisik anda karena trekingnya lumayan jauh dengan menyusuri bukit.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  5. Gunakan sandal anti selip.

Komentar