Inilah Jurug Krecek Bukan Kedung Jembar


Ini air terjun apa hayo? Air Terjun Kedung Jembar apa Air Terjun Jurug Krecek? Jika kamu menjawab air terjun Jurug Krecek. Selamat.. Kamu menjawab dengan benar. #JanganNgarepHadiah. Buat kamu yang belum bisa menjawab dengan benar. jangan kecewa ya.. Apalagi gak lanjutin baca artikel ini.. Banyak yang salah paham dengan nama air terjun ini. Karena memang jalan menuju air terjun Kedung Jembar adalah melalui  air terjun Jurug Krecek dulu lalu melewati air terjun Kedung So dan tibalah kamu di air terjun Kedung Jembar. Sehingga banyak wisatawan yang mengira air terjun Jurug Krecek adalah air terjun Kedung Jembar. For Your Info gan, air terjun ini masih sesungai dan sekawasan dengan wisata air terjun Kedung Jembar. Hehehe.
Informasi Rute

Untuk alamat dan rute air terjun Jurug Krecek ini masih rahasia. Karena air terjun ini oleh masyarakat setempat telah ditutup karena telah menyebabkan 2 wisatawan meninggal akibat tenggelam di kolam air terjun.

Informasi Harga

Air terjun Jurug Krecek ini belum dikelola untuk dijadikan tempat wisata, jadi kondisi air terjun ini masih alami. Jadi, jika kamu akan berkunjung ke sini. Kamu tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis.
 
Fasilitas

Lokasi air terjun Jurug Krecek ini jaraknya lumayan jauh dari perkampungan warga. Akses nya pun hanya melewati jalan setapak yang melintasi ladang dan bukit. Karena hal tersebut, air terjun ini belum ada fasilitas apapun. Karena kalau memaksa membangun fasilitas dibutuhkan tenaga dan uang yang tidak sedikit.

Jenis Wisata yang Dilakukan

Karena akses menuju air terjun Jurug Krecek ini masih berupa jalan setapak yang lumayan jauh dan cukuo melelahkan, jadi air terjun Jurug Krecek ini hanya bisa untuk wisata alam saja.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Di air terjun Jurug Krecek ini kamu bisa ngapain aja sih? Nih aku kasih referensi kegiatan yang bisa kamu lakukan di air terjun Jurug Krecek ini:
  • Main air
  • Foto-foto
  • Menikmati Suasana Alam
Kendaraan yang Bisa Masuk

Di dusun terakhir menuju air terjun Jurug Krecek ini, hanya dapat dilalui dengan beberapa jenis kendaraan saja. Karena jalannya masih berupa jalan makdam dan jalan cor beton. Jadi, biar perjalananmu lancar sampai tujuan, kamu cuma bisa pakai:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil 
Tempat Wisata di Sekitar

Jika kamu sudah puas meikmati keindahan air terjun Jurug Krecek ini, kamu patut mencoba berlibur ke beberapa air terjun di sekitar air terjun Jurug Krecek ini yaitu:
Mbrasak Yuk

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan karakteristik air terjunnya yang berundak-undak. Di bawahnya terdapat sebuah kolam / kedung yang cukup luas. Sehingga faktor ini pula lah yang banyak menyebut air terjun Jurug Krecek sebagai air terjun Kedung Jembar. Di atas Jurug Krecek, terdapat 2 air terjun yaitu Kedung So dan Kedung Jembar. Sedangkan di bawahnya masih ada 1 air terjun lagi yang bernama Jurug Jero.

Di bawah air terjun Jurug Krecek ini lumayan luas lho. Menurut penuturan petani setempat, kolam alami ini berkedalaman sampai 6-7 meter. Jadi, kalau kamu gak begitu mahir berenang. Jangan coba-coba nyebur ke kolam air terjun Jurug Krecek ini ya.





















 
 UPDATE

Pada hari Senin (02 Mei 2016) terjadi laka di air terjun Kedung Jembar. Yaitu, meninggalnya 2 remaja bernama Rebdy (12) dan Bima Sudrajat (13) yang meninggal akibat tenggelam di air terjun Kedung Jembar. Keduanya merupakan warga dusun Ngrendeng, desa Sumberroto, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang. Info lengkap kunjungi sumber ini.

Nah, demi keselematan bersama, masyarakat setempat telah menutup air terjun Kedung Jembar, Kedung So, Jurug Krecek, dan Jurug Jero. Agar tidak terulang kejadian meninggalnya wisatawan akibat tenggelam di air terjun ini. Lokasi ke 4 air terjun ini memang jauh dari permukiman dan tidak ada fasilitas keselamatan yang cukup membantu jika ada wisatawan yang tenggelam.

Saya juga meminta maaf jika artikel ini malah mendatangkan masalah bagi warga setempat, saya menulis artikel ini semata-mata ingin mengenalkan keindahan alam Indonesia.

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
  2. Siapkan fisik anda karena trekingnya lumayan jauh dengan menyusuri bukit.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  5. Gunakan sandal anti selip.

Komentar