Lepaskan Penatmu di Air Terjun Kedung Jembar


Air Terjun Kedung Jembar adalah sebuah air terjun yang baru-baru ini menyita perhatian banyak penikmat wisata air terjun. Lah bagaimana gak banyak yang pengen ke sana? Lahh disini kamu bisa liburan sambil menikmati keindahan 4 air terjun sekaligus.. Dan jaraknya pun saling berdekatan, jadi gak perlu capek-capek menyusuri sungai sampaai jauh. Hehehe. Bagaimana pembaca pengen melihat keindahan air terjun Kedung Jembar ini? Yuk baca sampai akhir ya... 

Informasi Rute

Rute dan Alamat air terjun Kedung Jembar ini masih rahasia karena masyarakat sekitar telah menutup air terjun Kedung Jembar dan ke 3 air terjun lainnya yaiu air terjun Jurug Jero, air terjun Jurug Krecek, dan air terjun Kedung So. Penutupan dilakukan agar tidak terjadi wisatawan yang meninggal akibat tenggelam di kolam air terjun yang lumayan dalam. Lokasi air terjun pun jauh dari permukiman dan tidak ada fasilitas keamanan apapun yang dapat menjamin keselamatan pengunjung ketika terjadi bencana.

Informasi Harga

Air terjun Kedung Jembar ini belum dikeola untuk dijadikan tempat wisata oleh warga sekitar maupun pemerintah. Jadi, untuk masuk ke sini tidak dipungut biaya alias gratis.
 
Fasilitas 

Air terjun Kedung Jembar ini masih alami dan belum ada fasilitas apapun.

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Nah, untuk menuju air terjun Kedung Jembar ini kamu harus treking terlebih dahulu menyusuri jalan setapak yang melewati ladang serta naik turun bukit yang lumayan bikin capek. Ditambah belum ada fasilita apapun di air terjun Kedung Jembar membuat air terjun ini hanya cocok untuk wisata alam  saja. 

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah ketika, kamu berlibur ke air terjun Kedung Jembar ini kamu bisa:
  • Berkemah.
  • Main Air.
  • Foto-foto.
  • Menikmati suasanan alam.
NB: Tidak disarankan berenang karena kolam di bawah air terjunnya lumayan dalam.

Kendaraan yang Bisa Masuk

Karena ketika memasuki dusun terakhir akses jalannya yang masih sulit dan berupa jalan cor dan jalan makadam yang lebarnya gak sampe 4 meter, jadi kendaraan yang bisa masuk ke air terjun Kedung Jembar ini yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
Tempat Wisata di Sekitar

Nah, jika kamu sudah puas menikmati keindahan air terjun Kedung Jembar ini, kamu bisa sekalian mampir ke beberapa air terjun di sekitarnya seperti:

 
Mbrasak Yuk

Air Terjun Kedung Jembar adalah sebuah air terjun musiman yang berada di kabupaten Malang. Dinamakan air terjun Kedung Jembar karena di bawah air terjun ini terdapat kedung / kolam yang luas atau jembar (bahasa Jawa dari luas). Bagi yang tidak bisa berenang jangan berenang di sini ya. Karena kedalaman airnya lebih dari 3 m dengan dasar berlumpur. Kedungnya pun bentuknya unik menyerupai bentuk seperti cangkang tiram. Tinggi air terjun ini sekitar 5 meter. Air Terjun ini berada paling atas di kawasan Wisata Kedung Jembar.












 UPDATE

Pada hari Senin (02 Mei 2016) terjadi laka di air terjun Kedung Jembar. Yaitu, meninggalnya 2 remaja bernama Rebdy (12) dan Bima Sudrajat (13) yang meninggal akibat tenggelam di air terjun Kedung Jembar. Keduanya merupakan warga dusun Ngrendeng, desa Sumberroto, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang. Info lengkap kunjungi sumber ini.

Nah, demi keselematan bersama, masyarakat setempat telah menutup air terjun Kedung Jembar, Kedung So, Jurug Krecek, dan Jurug Jero. Agar tidak terulang kejadian meninggalnya wisatawan akibat meninggal di air terjun ini. Lokasi ke 4 air terjun ini memang jauh dari permukiman dan tidak ada fasilitas yang cukup membantu jika ada wisatawan yang tenggelam.

Saya juga meminta maaf jika artikel ini malah mendatangkan masalah bagi warga setempat, saya menulis artikel ini semata-mata ingin mengenalkan keindahan alam Indonesia.
  
Walaupun memiliki akses yang lumayan sulit, ternyata air terjun Kedung Jembar ini memiliki keindahan tersendiri lho. Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang. 

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
  2. Siapkan fisik anda karena trekingnya lumayan jauh dengan menyusuri bukit.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  5. Gunakan sandal anti selip.

Komentar