Trip Asyik di Coban Kodok Malang


Hai para travellers semua. Kali ini saya akan berbagi destinasi wisata baru di Kabupaten Malang yaitu air terjun Coban Kodok. Secara administratif, Coban Kodok berada di dusun Gumul, desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon. Atau sekitar 10 km sebelah barat Kota Batu. Di lokasi ini terdapat 2 air terjun yakni Coban Kodok 1 dan Coban Kodok 2 yang terpisah sejauh 400 meter.
Coban Kodok 1 dengan ketinggian 70 meter


Coban Kodok 2 dengan ketinggian 30 meter.


Untuk menuju ke Coban Kodok ini, jika anda dari Kediri,. Arahkan kendaraan anda menuju Kandangan-Kasembon-Ngantang-Pujon-Sukomulyo. Atau jika dari Blitar. Arahkan kendaraan anda menuju Wlingi-Waduk Selorejo Ngantang-Pujon-Sukomulyo. Atau jika anda dari Batu / Malang, arahkan kendaraan anda menuju Pujon dilanjutkan menuju desa Sukomulyo. Dari desa Sukomulyo, dilanjutkan menuju dusun Gumul. 

Sesampainya di dusun Gumul, saya titipkan motor saya ke rumah bapak Slamet. Dilanjutkan berjalan kaki sejauh 1 km. Setelah tracking selama 20 menit. Coban Kodok pun mulai terlihat. But wait, kok ga ada jalan turunnya ya ??!!! Weladalah... Ternyata saya salah jalan!! Duh, terpaksa deh balik lagi. 

Coban Kodok 1 terlihat dari jauh


Coban Kodok 2 terlihat dari atas


Dan setelah bertanya pada warga di kebun akhirnya saya diberikan arahan menuju Coban Kodok. Ternyata di pertigaan setelah rumah Bapak Slamet tadi saya harusnya belok kanan bukannya lurus. Akhirnya saya pun tiba di Coban Kodok 1. Subhanallah ...!!!





Setelah puas menimati keindahan Coban Kodok 1, saya melanjutkan perjalanan ke Coban Kodok 2 yang terletak tak jauh dari Coban Kodok 1. Dan berikut view Coban Kodok 2:







Setelah puas menikmati Coban Kodok 2 saya pun kembali ke rumah Bapak Slamet untuk pamit pulang. Terima kasih pak, atas kesediaanya untuk menjaga motor saya dan minuman kopi hangatnya.  
Saran Ane :
  1. Siapkan fisik anda
  2. Jangan malu bertanya, ingat "Malu Bertanya Sesat di Jalan"
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Perhatikan cuaca, jika cuaca buruk urungkan niat anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
  5. Hormati kearifan lokal dan peraturan warga lokal. 


Koordinat GPS: 
  1. Coban Kodok 1 = 07°52′05.7″S 112°27′13.2″E
  2. Coban Kodok 2 = 07°51′54.3″S 112°27′24″E

Komentar