Pantai Blabak Apa Pantai Kelinci?

Kamu tahu bahwa di antara pantai Kedung Tumpang dan Pantai Lumbung ternyata masih ada pantainya? Iya masih ada pantainya. Nama pantainya adalah pantai Blabak. Selain bernama pantai Blabak, pantai ini juga memiliki nama pantai Kelinci. Mengapa dinamakan pantai Kelinci? Apa di pantai ini ada Kelincinya? Nah, daripada bingung mikirin nama pantainya, lebih baik yuk kita lihat keindahan pantai Blabak alias pantai Kelinci ini.
Informasi Rute

Untuk bisa melalui ada 2 cara yaitu:
  • Dari Pantai Lumbung dengan menyusuri tepian pesisir atau memanjat bau karang saat laut surut. Nah, untuk rute menuju pantai Lumbung bisa dilihat disini.
  • Dari pantai Kedung Tumpang dengan melintasi jalan setapak menuju ke arah kiri (timur) dari pantai Kedung Tumpang.
Informasi Harga

Belum ada biaya untuk karcis masuk dan parkir di pantai Blabak ini, karena pantai ini belum dikelola sebagai tempat wisata. Hanya saja sebelum kamu memasuki area pantai Blabak ini, kamu hanya akan membayar biaya parkir di pantai Kedung Tumpang maupun pantai Lumbung(khusus pantai Lumbung, ada biaya parkirnya saat hari libur)
Fasilitas

Di pantai Blabak / Kelinci ini belum ada fasilitas apa pun yang dibangun di sini.

Jenis Wisata Yang Bisa Dilakukan

Karena akses menuju pantai Blabak atau pantai Kelinci ini masih berupa jalan setapak yang melintasi hutan pesisir jika dari pantai Kedung Tumpang dan memanjat batu karang serta menyusuri pesisir saat laut surut jika kamu dari pantai Lumbung, jadi pantai Blabak ini hanya bisa digunakan sebagai tempat wisata alam.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Nah, saat berlibur ke pantai Blabak ini, kamu bisa melakukan hal-hal keren ini, supaya liburanmu ke pantai Blabak ini jadi happy :
  • Camping. Jika kamu ingin berkemah di pantai Blabak / pantai Kelinci ini sebaiknya kamu izin dulu ke pengelola wisata pantai Kedung Tumpang, disarankan membawa banyak rombongan dan nyalakan api unggun di malam hari. Untuk menghindari gangguan hewan liar seperti ular maupun monyet. Agar tidak terjadi kebakaran, matikan bara api di malam hari atau pastikan tidak ada benda yang mudah terbakar di sekitar api. Jangan lupa ambil kembali sampahmu ya.
  • Bermain Pasir. Saat berkunjung ke pantai Pacar / Blabak ini, jangan lupa untuk bermain pendam-pendaman atau membangun istana parkir di sini ya.
Kendaraan Yang Bisa Masuk

Karena akses menuju pantai Blabak alias pantai Kelinci ini masih berupa jalan setapak, jadi cara untuk mengunjungi pantai ini dengan berjalan kaki  dari pantai Lumbung maupun pnti Kedung Tumpang.

Tempat Wisata di Sekitar

Jika kamu masih belum capek, yuk jelajahi pantai di sekitar pantai Blabak alias pantai Kelinci ini:





Gambar Belum Tersedia
Kedung Tumpang


Mbrasak Yuk

Saat kamu berlibur ke pantai Kedung Tumpang atau pantai Lumbung, jangan lupa untuk menyambangi pantai ini. Adalah pantai Blabak alias pantai Kelinci yang lokasinya berada di antara kedua pantai di atas. Pantai ini hanya bisa diakses dengan jalan setapak maupun menyusuri tepian pesisir pantai Lumbung ke arah kanan(barat) dan tentunya harus panjat memanjat batu karang terlebih dahulu. Itu pun kalau laut sedang surut. Karena saat keadaan laut normal alias belum surut, maka kedua pantai ini tenggelam oleh ombak dan hanya akan kelihatan pasir pantainya saja jika arah ombaknya kembali ke lautan. Itulah mengapa pantai ini jarang dikunjungi wisatawan. Selain tidak ada fasilitas, untuk menuju ke pantai Blabak ini lumayan sulit, bagi yang jarang "main" ke alam.

Kondisi pantai Blabak alias pantai Kelinci ini lumayan bersih dari sampah. Cuma akses jalan setapak dari pantai Kedung Tumpang menuju pantai Kelinci ini sesekali dijumpai sampah plastik bekas pengunjung yang berlibur ke pantai Kelinci ini kayaknya. #Duohh Kenapa sih orang Indonesia ini kok bawaannya pengen buang sampah aja di tempat yang masih asri kayak gini. Tolong ya, jangan buang sampah lagi. Nanti bisa-bisa anak/cucu kita bukannya melihat keindahan pantai malah melihat gunungan sampah.

Pantai Blabak ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan pantai Lumbung, yaitu memiliki pasir yang halus dengan beberapa guratan pasir hitam di beberapa sisi pantainya. Di pantai Blabak atau pantai Kelinci ini juga terdapat beberapa bongkahan batu karang yang lumayan besar dan beberapa di antaranya ditumbuhi sejenis rumput laut. Ombak di pantai Blabak ini lumayan gede. Jadi kalau main jangan terlalu dekat dengan ombak ya.

Di sebelah barat / kanan dari pantai ini juga terdapat air terjunnya juga lho. Kalau dilihat dari kejauhan sih ada 2 tingkat yang salah satunya aliran airnya langsung terjun bebas ke Samudra Hindia. Tapi, karena saat itu air terjunnya sedang menyusut aliran airnya alias air terjun musiman jadinya air terjunnya tidak aku sambangi. Tapi kalau kamu melintasi jalan setapak dari pantai Kedung Tumpang menuju pantai Blabak / pantai Kelinci ini. pasti kamu pasti juga akan melintasi air terjun ini kok. Karena akses satu-satunya untuk menuju panatai Kelinci menuju pantai Blabak ini, ya lewat jalan itu.








Apakah pembaca juga berminat berlibur ke pantai Blabak alias pantai Kelinci ini untuk menikmati pasirnya yang halus dan mendengar gemuruh ombaknya? Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:
  1. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  2. Patuhi aturan warga dan kearifan lokal setempat.
  3. Jika cuaca memburuk, segera pulang. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Bawalah bekal sendiri karena tidak ada warung di pantai Blabak / pantai Kelinci ini.
  5. Pakailah sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
Koordinat GPS: 08°18′09.1″S 112°01′02.3″E

Komentar