Jalan-Jalan Dulu Ke Pantai Lumbung

Pucanglaban adalah nama sebuah kecamatan yang berada di bagian tenggara kabupaten Tulungagung, lokasinya yang berada di pesisir selatan pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia membuat wilayah Pucanglaban memiliki beberapa pantai nan eksotis. Salah satunya adalah pantai Lumbung. Walaupun belum terlalu dikenal oleh warga luar kota Tulung Agung, tapi pantai ini memiliki keindahan tersendiri lho, dibandingkan dengan pantai lain. Yuk simak keindahan Pantai Lumbung ini.
Informasi Rute 

Dari Blitar: pacu kendaraanmu menuju Kademangan. Dari Kademangan ikuti jalan raya menuju pantai Tambakrejo, hingga tiba di perempatan Suruhwadang. Dari perempatan Suruhwadang belok kanan saja melewati desa Kebonsari-Maron-Panggungduwet. Di pertigaan Panggungduwet belok kanan hingga tiba di pertigaan Pasar Puser. 

Di pertigaan Pasar Puser, belok kiri. Ikuti jalan menuju desa Pucanglaban. Tiba di desa Pucanglaban, lurus saja menuju tambak udang. Di pertigaan di sekitar tambak udang, lurus saja sekitar 900 meter. Jika kamu mengendarai mobil dan belum terlalu mahir melintasi jalan tanah, parkirkan saja kendaraanmu di sekitar pantai Pacar, lalu lanjut jalan kaki, itung-itung olahraga hahaha.

Dari
 Tulungagung: pacu kendaraanmu menuju Ngunut. Di pertigaan pasar Ngunut, belok kanan hingga mentok di pertigaan pasar Panjerejo. Di pertigaan Panjerejo, belok kiri. Tiba di perigaan pertama belok kanan mentok. Belok kanan lagi. Hingga sampai di pertigaan besar. Dari pertigaan besar iubelok kiri hingga tiba di desa Pucanglaban. Setibanya di desa Pucanglaban, lurus saja menuju tambak udang.
Di pertigaan di sekitar tambak udang, lurus saja sekitar 900 meter. Jika kamu mengendarai mobil dan belum terlalu mahir melintasi jalan tanah, parkirkan saja kendaraanmu di sekitar pantai Pacar, lalu lanjut jalan kaki.

Informasi Harga

  1. Harga Parkir = Rp 5.000,-/sepeda motor dan Rp 10.000,- /mobil, saat hari kerja gratis.
  2. Harga Uang Kebersihan = Jika kamu menggunakan kamar mandi di pantai Lumbung ini, kamu dikenakan uang kebersihan Rp 3.000,-
Fasilitas


Walaupun pantai Lumbung ini belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan, dan hanya terkenal sebagai spot memancing, tapi sudah ada beberapa fasilitas yang dibangun di pantai Lumbung ini yaitu:
  • Kamar Mandi. Tak jauh dari tempat parkir, terdapat beberapa unit kamar mandi, bentuknya pun masih sederhana berdindingkan internit dan papan kayu. Namun masih tetap layak pakai kok, airnya opun lumayan lancar.
  • Mushola. Tak jauh beda dengan kamar mandi, mushola di sini pun masih berupa banguna semi permanen yang beratapkan asbes dan berdinding papan kayu. Walaupun sederhana, tetapi masih nyaman kok untuk beribadah di sini, ditambah dengan suara gemuruh ombaknya, jadi semakin damai.
  • Tempat Parkir. Tempat parkir di pantai Lumbung ini juga masih belum begitu tertata rapi, hanya pada tempat parkir motor saja yang tertutup tudung, sedangkan tempat parkir mobil masih di tempat terbuka.
  • Warung Makan.  Jika kamu lapar dan haus setelah berlibur di pantai Lumbung ini, di pantai Lumbung ini juga ada warung makannya kok.
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Akses yang belum begitu memadai di pantai Lumbung ini menjadikan pantai ini hanya cocok untuk wisata alam saja.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Setibanya di pantai Lumbung ini jangan mager aja, coba deh lakukan hal-hal ini biar gak bosan:
  • Memancing. Selain digunakan sebagai tempat wisata, pantai Lumbung ini juga terkenal sebagai spot memancing di kecamatan Pucanglaban. Jadi siapkan alat memancingmu ya.
  • Main Pasir.  Pantai Lumbung ini memiliki ombak yang lumayan besar khas pesisir selatan lho. Tinggi ombaknya sekitar 2-4 meter, jadi pantai ini tidak bisa buat main air. Tapi tenang, kamu masih bisa bermain pasir kok di pantai Lumbung ini
Kendaraan yang Bisa Masuk

Sebenarnya, akses menuju pantai Lumbung ini mayoritas sudah mulus, namun sekitar 5 km terakhir sebelum pantai Lumbung ini jalannya masih berupa jalan aspal yang rusak parah, jalan makadam, dan jalan tanah. Jadi, kendaraan yang bisa menjangkau pantai Lumbung ini yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
Tempat Wisata di Sekitar

Jika kamu belum capek, kamu bisa melanjutkan liburanmu ke:


Mbrasak Yuk

Pantai Lumbung adalah salah satu pantai yang berada di pesisir desa Pucanglaban. Pantai ini berada di sebelah barat pantai Pacar. Dari pantai Pacar, arahkan kendaraanmu ke arah melintasi jalan tanah. Sekitar 900 meter kemudian, tibalah kamu di tempat parkir pantai Lumbung. Nah, lokasi pantai Lumbungnya sendiri, berada di bawah tempat parkirnya. Tak seberapa jauh dari tempat parkir, pantai Watu Lumbung plus batu karangnya yang tinggi menjulang itu sudah terlihat. Eiitts tunggu dulu, ternyata untuk menuju ke pantai Lumbung ini, kamu harus menuruni jurang dulu. #Wew Tapi tenang, sudah ada tangganya kok.
Inilah Batu yang Jadi Icon Pantai Lumbung.

Setelah turun ke dasar, akhirnya bisa juga menjejakkan kaki di pantai Lumbung ini, karakteristik pantai ini yaitu memiliki butiran pantai yang halus, ukurannya sebutiran biji merica. Warna pasirnya sendiri putih agak kecoklatan dan ada juga beberapa beberapa guratan pasir besi yang berwarna hitam.

Di pantai Lumbung ini juga terdapat beberapa serpihan batu karang sebesar kerikil hingga bongkahan batu karang raksasa yang lebih besar dari rumah. Pada beberapa batu karang yang terkena air laut, banyak yang ditumbuhi rumput laut. Nah, batu yang paling besar di pantai Lumbung ini bernama watu Lumbung, karena menurut warga sekitar batu ini mirip dengan lumbung (gudang makanan pokok(beras&jagung) pada jaman dahulu).

Karakter ombak di pantai Lumbung ini besar banget, ketinggian ombaknya sekitar 2-4 meter! Jadi, di pantai Lumbung ini tidak boleh berenang lho, kalau nekat ya tanggung sendiri resikonya! Dinding penahan ombaknya saja sampe kalah lho, sama gempuran ombak pantai Lumbung ini.

Oh iya, satu lagi yang hampir kelupaan pantai Lumbung ini hanya bisa dikunjungi saat laut surut saja lho, karena pada saat laut pasang. Pasir pantai Lumbung ini seluruhnya tertutup ombak. Jadi, jika kamu berlibur ke pantai Lumbung ini saat laut sedang pasang, ya tunggu saja sampai lautnya surut. Atau jika kamu tipe orang yag tidak suka menunggu, bisa juga ke pantai di sekitar pantai Lumbung ini.









Jadi, apakah kamu mau menuruni jurang demi menjejakkan kaki di pantai Lumbung? Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang. 

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera pulang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun selain jejak langkahmu.
  3. Gunakan sandal anti selip, biar tidak mudah terpeleset.
  4. Bawalah bekal sendiri, karena warung makan di sini hanya buka saat hari libur saja.
Koordinat GPS: 08°18′14.2″S 112°01′13.2″E

Komentar