Libur Lebaran ke Coban Sadang

Halo pembaca, mumpung masih dalam suasana lebaran dan saya yakin di rumah pembaca jajan lebarannya masih sisa banyak, jadi Ayo Mbrasak ingin mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1438 H. Mohon maaf lahir batin ya. Nah, bagi kamu yang masih libur, nih ada air terjun yang baru dibuka sebagai tempat wisata di pinggir jalan Batu-Ngantang.Yuk gan sis monggo disimak tulisan tidak jelas ini nggih.

Informasi Rute 
1. Jika kamu naik kendaraan umum:
  • Dari Malang/Batu: Naik bus jurusan ke Kediri / Jombang. Lalu minta turun di wisata coban Sadang.
  • Dari Kediri/Jombang: Naik bus jurusan ke Batu / Malang. Lalu minta turun di wisata coban Sadang
2. Jika kamu naik kendaraan pribadi:
  • Dari Malang/Batu: Ikuti jalan raya Batu-Ngantang melewati Pujon. Setibanya di tempat wisata Coban Sewu Pujon, lurus saja hingga melewati 1 jembatan.Setelah melewati jembatan Kali Konto tersebut, kamu sudah bisa melihat tempat wisata ini.
  • Dari Blitar: Pacu kendaraanmu menuju Wlingi, lalu arahkan kendaraanmu menuju desa Semen-desa Krisik-desa Pagersari-desa Mulyorejo, hingga tiba di jalan raya Batu-Ngantang. Setibanya di tempat wisata Coban Perawan desa Purworejo, lurus saja hingga melewati jembatan.Nanti di sebelah kanan jalan kamu bakal melihat lokasi Coban Sadang ini.
  • Dari Kediri/Jombang: Pacu kendaraanmu menuju Kandangan-Kasembon-Ngantang. Setibanya di tempat wisata Coban Perawan desa Purworejo, lurus saja hingga melewati jembatan.Nanti di sebelah kanan jalan kamu bakal melihat lokasi Coban Sadang ini. 
Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir 

  • Harga Tiket Masuk =Rp 8.000,-/orang
Fasilitas

Berhubung wisata coban Sadang ini masih rintisan antara warga dan perhutani, jadi fasilitas di sini pun belum begitu lengkap. Walaupun begitu, sudah ada beberapa fasilitas yang sudah dibangun kok.
  • Tempat Parkir.Di wisata air terjun Coban Sadang ini sudah tersedia tempat parkir yang lumayan luas.
  • Gazebo. Selain itu, juga tersedia beberapa gazebo. Lumayanlah sebagai tempat istirahat maupun tempat berteduh dari hujan / panas.
  • Taman Bunga. Nah, di sini juga dibangun taman bunga yang tertata cantik dan rapi.
  • Kamar Mandi. Di tempat wisata air terjun coban Sadang ini juga sudah tersedia beberapa unit kamar madi yang dibangun dekat tempat parkir.
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Di wisata air terjun Coban Sadang ini kamu bisa melakukan wisata alam dan wisata keluarga. Karena jarak antara tempat parkir menuju air terjun sekitar 300 meter saja.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah, biar gak bosan, kamu bisa melakukan hal-hal ini di wisata air terjun coban Sadang:
  • Foto-foto. Air terjun ini lumayan bagus untuk dijadikan sebagai  objek fotografi, baik sebagai foto panorma alam, berswafoto, maupun berfoto bersama kawan
  • Menikmati Suasana Air Terjun. Nah, keindahan coban Sadang ini memang cocok untuk dinikmati bisa sambil duduk santai maupun  sambil tiduran di hammock.
NB: Tidak disarankan main air dan mandi di air terjun ini. Yah  walaupun aliran air terjunnya terrlihat menggoda, akan tetapi di sana ada larangan untuk mandi di air terjunnya. Mengapa? Hmmmm.... Mungkin kamu akan mengetahuinya setelah mengunjungi air terjun ini.

Kendaraan yang Bisa Masuk.

Berhubung air terjun ini berada di tepi jalan raya yang menghubungkan kota Batu/Malang menuju Kediri/Jombang yang lebar dan mulus tapi "menantang". Jadi sudah banyak jenis kendaraan yang bisa menjangkau air terjun Coban Sadang ini, yaitu:

  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • ELF
  • Bus besar
Tempat Wisata Sekitar

Jika kamu belum capek, kamu bisa melanjutkan liburanmu ke tempat-tempat kece ini:






Gambar Belum Tersedia
Waduk Selorejo
Gambar Belum Tersedia
Bukit Cinta(Dalam Pembangunan)

Mbrasak Yuk


Nah, bagi kamu yang masih liburan, atau sering melintasi jalan Batu-Kasembon, jika kamu capek setelah melibas jalanan yang panjang, berliku, dan naik turun kayak roller coaster, kamu bisa melepaskan sejenak rasa lelahmu ke air terjun Coban Sadang ini. Air terjun ini baru dibuka sebagai tempat wisata oleh masyarakat setempat bersama Perum Perhutani secara swadaya. Walaupun begitu,sudah ada beberapa fasilitas yang sudah dibangun seperti taman yang sudah tertata rapi.

Air terjun Coban Sadang adalah air terjun yang baru dibuka sebagai tempat wisata di desa Bendosari, kecamatan Pujon, kabupaten Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter saja. Aliran air terjun ini pun tidak terlalu deras, karena memang sungai yang mengalir di air terjun ini bukan sungai besar. Nah, daripada penasaran. Yuk lihat penampakan air terjun coban Sadang ini.

Jalan kaki gak sampe 5 menit sudah kelihatan air terjunnya.







Nah, ternyata di wisata air terjun coban Sadang ini ada 2 air terjunnya. Air terjun kedua ini letaknya di sebelah kanan/selatan dari air terjun utama. Dari loket pembayaran wisata air terjun Sadang, air terjun ini sudah kelihatan kok. Dulu, untuk menuju ke air terjun ini kamu harus menembus rimbunnya semak dan rumput gajah. Tapi kini, kabarnya air terjun ini sudah dibangunkan jalan setapak, jadi kamu gak perlu suah-payah untuk mencapai air terjun ini.









Apakah pembaca berminat berlibur ke air terjun Coban Sadang juga? Jadi Ayo Mbrasak Sekarang

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, jauhi sungai dan tebing.
  2. Jangan ambil apaun selain foto, jangan tinggalkan apapun selain jejak langkahmu.
  3. Patuhi aturan sekitar dan kearifan lokal warga.
Koorninat GPS : 07°52′17.3″S 112°24′47.9″E

Komentar

  1. Menarik. Oiya ngomongin libur Lebaran, saya nemu artikel keren nih yang ngebahas tentang cara cerdas agar keuangan bisa tetap sehat selama libur hari raya tersebut. Cek di sini ya: Tips keuangan sehat selama libur Lebaran

    BalasHapus

Posting Komentar

Menerima Kripik, Saran, dan Paido