Nikmati Kesegaran Sumber Dandang

Sumber Air Dandang adalah sebuah mata air yang berada di desa Krisik, kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Sumber air ini berada di antara kaki Gunung Kelud dan Pegunungan Putri Tidur atau lebih tepatnya di kaki Gunung Butak. Telaga ini berada di ketinggian 600 mdpl sehingga udara di tempat ini cukup sejuk. Sumber air ini dulunya tidak dibendung seperti sekarang. Namun saat ini, sumber ini oleh Kementerian Pekerjaan Umum dibangun tanggul untuk menampung air dari mata air. Bendungan ini tidak terlalu luas kira-kira ya berukuran 12 m x 60 meter dengan kedalaman 1-3 meter. Bendungan ini difungsikan sebagai tempat pelestarian sumber air. Air di bendungan kecil ini sangat jernih berwarna hijau tosca. Di dalamnya hidup berbagai jenis ikan seperti ikan nila, ikan wader, ikan mas, dan ikan koi,  Bendungan kecil ini dikelilingi perbukitan dan persawahan sehingga tempat ini cocok untuk melepaskan penat anda.

Informasi Rute


  1. Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

    Dari Blitar: pacu kendaraanmu menuju Garum-Talun-Wlingi. Di pertigaan Ngambak belok kiri hingga perempatan Bening. Di perempatan Bening, belok kanan hingga tiba perempatan lampu merah Babadan. Di perempatan Babadan belok kiri hingga tiba di desa Krisik. Di desa Krisik cari pasar Krisik lalu belok kanan. Setelah melewati jembatan belok kiri. Hingga tiba di pertigaan setelah telaga Rambut Monte belok kiri.


    Dari Malang / Kepanjen: Pacu kendaraanmu menuju Kepanjen-Sumber Pucung-Selorejo-Kesamben-Wlingi. Di kecamatan Wlingi, cari pasar Wlingi. Jika ketemu lanjut ke arah utara melewati jalur alternatif Blitar-Ngantang hingga tiba di desa Krisik. Di desa Krisik cari pasar Krisik lalu belok kanan. Setelah melewati jembatan belok kiri. Hingga tiba di pertigaan setelah telaga Rambut Monte belok kiri.

    Dari Batu: Pacu kendaraanmu menuju Pujon-Ngantang hingga tiba di pertigaan Kambal, Mulyorejo, Ngantang, lalu beloklah ke kiri menuju Waduk Selorejo. Sebelum tiba di gerbang masuk Wisata Waduk Selorejo, belok kiri menuju arah ke Blitar hingga tiba di desa Krisik. Di desa Krisik cari pasar Krisik lalu belok kiri. Setelah melewati jembatan belok kiri. Hingga tiba di pertigaan setelah telaga Rambut Monte belok kiri.

    Dari Kandangan (Kediri): Pacu kendaraanmu menuju Kasembon-Ngantang hingga tiba di pertigaan Kambal, Mulyorejo, Ngantang beloklah ke kanan menuju Waduk Selorejo. Sebelum tiba di gerbang masuk Wisata Waduk Selorejo, belok kiri menuju arah ke Blitar hingga tiba di desa Krisik. Di desa Krisik cari pasar Krisik lalu belok kiri. Setelah melewati jembatan belok kiri. Hingga tiba di pertigaan setelah telaga Rambut Monte belok kiri.

  2. Jika kamu pakai kendaraan umum:

    Dari Kepanjen / Malang:
    Naik bus jurusan Malang-Blitar. Turun di pertigaan Beru. Lalu naik elf(minibus) jurusan Blitar-Malang/ojek/becak menuju pasar Wlingi. Lalu naik mikrolet jurusan Wlingi-Krisik. Lalu turun di pasar Krisik, lanjut jalan kaki 600 meter.


    Dari Blitar : Dari Terminal Patria naik bus tujuan Blitar-Malang, turun di perempatan lampu merah Babadan. Lalu naik mikrolet jurusan Wlingi-Krisik. Lalu turun di pasar Krisik, lanjut jalan kaki 600 meter.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir
  1. Harga Tiket Masuk = Masih Free
  2. Harga Parkir = Rp 5.000,-/unit (minibus/mobil) parkir di Rambut Monte. Sepeda motor bisa sampai di lokasi. Dan belum ada biaya parkirnya.
  3. Harga sewa ban karet= Rp 3.000,- sepuasnya
Fasilitas

Sumber Dandang ini memiliki panorama yang lumayan indah, jadi banyak dikunjungi oleh warga setempat maupun wisatawan. Jadi, pengelola membuat beberapa fasilitas agar pengunjung betah berlibur di Sumber Dandang ini
  • Lahan parkir. Sumber Dandang ini juga terdapat lahan parkir yang ada di dekat tanggulnya. Namun hanya sepeda motor yang bisa mendekat ke tanggul Sumber Dandang ini
  • Warung makan. Di dekat sumber Dandang ini juga terdapat sebuah warung yang menjajakan aneka makanan sperti nasi pecel, gorengan, snack, dan aneka minuman juga. Jadi, bisa sekalian recovery badan yang lelah sehabis berenang.
  • Ruang Ganti. Di sumber Dandang ini juga terdapat sebuah kamar mandi yang bisa kamu gunakan untuk mengganti pakaian yang basah sehabis berenang maupun main air di sumber Dandang.
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Akses menuju sumber Dandang ini lumayan Dandang serta lokasinya yang sangat dekat dengan telaga Rambut Monte membuat sumber Dandang ini cocok untuk tujuan wisata:
  • Wisata Alam
  • Wisata Keluarga

Kegiatan yang Bisa Dilakukan 

Nah, bagi kamu yang ingin menikmati liburan di sumber Dandang ini, kamu patut mencoba beberapa hal seru seperti:

  • Berenang. Bagi pembaca yang suka berenang di air dingin, kamu patut mencobanya. Tapi jangan lupa untuk pemanasan dulu ya, supaya gak kram pas berenang.
  • Memberi makan ikan. Di dalam bendungan sumber Dandang ini terdapat berbagai jenis ikan seperti ikan wader, ikan koi, ikan nila, dan ikan mujair. Jadi, kamu juga bisa sekalian ngasih makan ikan yang berenang bebas di bendungan ini pakai roti.
  • Menikmati suasana alam. Nah, jika kamu tidak membawa baju ganti, kamju juga bisa berjalan-jalan mengitari bendungan Sumber Dandang ini sambil menikmati indahnya suara kicauan burung dan gemericik sungai, sejuknya dan segarnya udara di sini, serta panorama alam seperti sawah dan bukit di sekitar bendungan yang berada di kaki gunung Kelud dan gunung Kawi ini.
  • Foto-foto. Jernihnya mata air Sumber Dandang ditambah hijaunya persawahan dan lereng bukit di sekelilingnya membuat Sumber Dandang ini patut kamu jadikan tempat berburu foto baik foto panorama maupun foto bawah air . 
  • River Tubing. Jika kamu ingin merasakan sensasi mengarungi jeram-jeram sungai menggunakan ban alias river tubing, kamu harus berkelompok minimal 4 orang. Jarak yang ditawarkan pun terdapat 3 rute yaitu Monte trip, Lekso trip, dan Long trip. Info lengkap baca di sini

Kendaraan yang Bisa Masuk 

Sumber Dandang ini berlokasi dekat dengan telaga Rambut Monte. Aksesnya pun cukup mudah sehingga bisa dijangkau berbagai jenis kegiatan seperti:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf
NB: Kendaraan roda empat diparkir di Telaga Rambut Monte

Tempat Wisata di Sekitar


Nah, jika kamu sudah puas menikmati kesegaran dan keindahan sumber Dandang ini. Kamu juga bisa sekalian liburan ke:



 
Mbrasak Yuk
Jika pembaca berkunjung ke Telaga Rambut Monte, cobalah untuk berkunjung ke Sumber Dandang. Sumber Dandang ini adalah sebuah mata air yang berada di lembah desa Krisik, kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Terdapat 2 akses menuju sumber air ini. Yaitu bisa melalui Rambut Monte maupun lewat jalan desa. 

Jika dari Rambut Monte, maka kamu harus melewati jalan setapak yang berada di sebelah timur kolam renang. Ikuti jalan setapak tersebut melewati permukiman penduduk dengan jarak tempuh kira-kira dari lokasi Rambut Monte hanya sekitar 150 meter saja. Cukup dekat bukan?

Atau jika kamu ingin melalui rute jalan desa, ikuti petunjuk arah ke Rambut Monte. Jika kamu menggunakan Mobil / Minibus parkirkan kendaraanmu di Rambut Monte. Karena lahan parkirnya tidak terlalu luas jadi hanya sepeda motor / sepeda yang bisa parkir di sini. Oke, setelah kamu parkir di area Rambut Monte. Berjalanlah ke kanan(timur) hingga bertemu SD Krisik 04. Nanti ada pertigaan, beloklah ke kiri hingga tiba di Sumber Dandang. Jarak tempuh kira-kira dari lokasi parkir Rambut Monte hanya sekitar 250 meter saja.

Mata air ini sebelumnya tidak ada tanggulnya. Tetapi beberapa tahun lalu, Kementrian Pekerjaan Umum membuatkan tanggul di sekitar mata air ini. Fungsinya selain untuk menampung air, juga digunakan sebagai upaya pelestarian sumber air di daerah Blitar. Di sini, kita bisa menikmati udara sejuk, melihat ikan-ikan yang berenang bebas, mendengarkan kicauan burung dan suara gemericik air, serta melihat hijaunya perbukitan yang mengelilingi sumber air ini.

Di mata air ini, anda juga bisa memberi makan ikan-ikan ini. Dahulunya, sumber ini hanya berisi ikan wader tetapi oleh Karang Taruna setempat. Sumber ini kemudian diisi berbagai ikan seperti ikan nila, ikan mas, dan ikan koi.  











Saran Ane:
  1. Jangan memancing di sumber ini.
  2. Jika ingin berenang, lalukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak cedera atau kedinginan saat berenang.
  3. Kalau tidak bisa berenang, jangan berenang sendirian atau tidak menggunakan ban. Karena di sumber ini pernah ada wisatawan yang meninggal akibat tenggelam di sini 
  4. Saat turun ke Sumber Dandang berhati-hatilah. Jalan pavingnya licin
  5. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  6. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
Koordinat GPS: 07°57′46.1″S 112°22′09.6″E

Komentar