Menembus Kebun Kopi Menuju Coban Kembar Sonowangi

Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang tak ada habisnya menampakkan keindahan alamnya. Yah, di kecamatan ini memang ada banyak sekali air terjun baik yang masih alami maupun sudah dikelola untuk tempat wisata. Kali ini saya berhasil menyambangi air terjun Coban Kembar di desa Sonowangi, kecamatan Ampelgading yang masih alami. Air terjun ini memiliki ketinggian 35 meter dan memiliki 2 aliran air terjun. Di desa Sonowangi, air terjun ini terkenal dengan nama Coban Mbok Syam.

Informasi Rute

1. Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Malang / Kepanjen: pacu kendaraanmu menuju Gondanglegi-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading hingga tiba di pertigaan Sumberjo, desa Tamanasri, kecamatan Ampelgading. Dari pertigaan tersebut belok kanan sejauh 4,5 km. Oh ya, nanti kamu akan melewati pertigaan lagi, ambillah jalan yang menuju desa Sonowangi atau desa Lebakharjo. Nah setelah melewati jalan 4,5 km nanti ada pertigaan kecil yang di sampingnya ada jembatan kecil. Itu kamu belok kiri hingga kamu menjumpai pertigaan kecil. Belok kanan lah, lanjut parkir di rumah warga terakhir. Lalu jalan kaki 1-2 km.
Dari Lumajang: arahkan kendaraan anda menuju Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo-Ampelgading hingga tiba di pertigaan Sumberjo, desa Tamanasri, kecamatan Ampelgading. Dari pertigaan tersebut belok kiri sejauh 4,5 km. Oh ya, nanti kamu akan melewati pertigaan lagi, ambillah jalan yang menuju desa Sonowangi atau desa Lebakharjo. Nah setelah melewati jalan 4,5 km nanti ada pertigaan kecil yang di sampingnya ada jembatan kecil. Itu kamu belok kiri hingga kamu menjumpai pertigaan kecil. Belok kanan lah, lanjut parkir di rumah warga terakhir. Lalu jalan kaki 1-2 km .

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir
  1. Harga Tiket Masuk = Belum ada
  2. Harga Parkir= Belum ada (Harap memberi imbalan seikhlasnya ke tempat penitipan             kendaraan)

Fasilitas

Belum ada

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Wisata Alam, Wisata Petualangan

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Main air, menikmati suasana alam dan gemuruh air terjun. Mau Camping? Boleh kok.

Kendaraan yang Bisa Masuk

Sepeda, Sepeda Motor.

Tempat Wisata di Sekitar

Pantai Licin
Mbrasak Yuk
Setelah memarkirkan motor, saya berjalan ke arah timur. Selepas perkampungan warga, kamu akan memasuki perkebunan pinus. Di sini banyak percabangan jalan setapak. Jika bingung, carilah warga setempat, lalu tanyakan arah ke  Coban Mbok Syam. Karena warga lokal menyebut air terjun tersebut dengan nama itu.Setelah itu kita akan menuruni lembah kecil yang di bawahnya mengalir sungai kecil.

Kemudian treking dilanjutkan dengan menyusuri kebun salak. Setelah kebun salak, anda mulai memasuki kebun kopi warga. Di salah satu sudut kebun kopi warga ini, ternyata ada sebuah air terjun.

Saya tidak tahu nama air terjunnya karena tidak ada seorang pun untuk ditanyai di kebun kopi tersebut. Dan bodohnya, saya lupa tanya warga tempat saya memarkirkan motor saya. #Duh Karena sewaktu saya akan pulang, langit berubah gelap dan saya harus segera pergi agar tidak diguyur hujan.

Next, perjalanan pun berlanjut kembali. Setelah 10 menit berjalan dari air terjun pertama akhirnya coban Kembar Sonowangi mulai menampakkan dirinya. Dan inilah panorama Coban Kembar Sonowangi.

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk segera pulang, agar tidak terjebak banjir / longsor.
  2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  3. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  4. Gunakan sandal anti selip.
  5. Jangan malu bertanya, agar tidak kesasar.
  6. Bawalah bekal sendiri karena di sekitar air terjun ini hanyalah hutan dan perkebunan kopi warga.
  7. Jangan berenang di kedung kalau tidak bisa berenang.