Lengkungan Pasir Putih di Pantai Keben

Kamu pernah Dusun Banyu Urip di desa Ngadipuro? Yak, memang dusun yang berada di ujung selatan kecamatan Wonotirto, kabupaten Blitar ini memang jarang yang mengetahui lokasinya. Karena dahulunya akses ke sini katanya harus melewati jalan makadam yang panjuaaangggg.... Tapi jangan salah, ternyata di dusun ini ada 10 pantai yang memiliki keindahan tersendiri di masing-masing pantainya. Salah satunya adalah pantai Keben. Yuk simak keindahannya.

Informasi Rute

Dari Blitar : Arahkan kendaraanmu menuju Kanigoro-Sutojayan. Setibanya di perempatan terminal Sutojayan lurus saja menuju desa Ngeni. Sampai pertigaan pasar Ngeni lurus hingga tiba di pertigaan beringin di atas bukit, lalu belok kanan dan ikutiah jalan yang lebih besar. Nah, sampailah kamu di perempatan Besole (yang ada tugu PSHT) nah di sini sudah ada petunjuk arah menuju 10 pantai di desa Ngadipuro. Di petunjuk arah tersebut, kamu harus belok ke kanan. Setelah kamu tiba di pertigaan yang ada musholanya kamu belok kiri. Pelan-pelan saja hingga kamu menjumpai pertigaan yang agak lebar dan lumayan mulus lalu beloklah kiri. Tak lama kemudian, pantai Keben ini sudah terlihat dari puncak bukit.

Dari Tulung Agung : Arahkan kendaraanmu menuju Ngunut-Rejotangan-Kademangan-Sutojayan. Tiba di perempatan terminal Sutojayan belok kanan menuju desa Ngeni. Sampai pertigaan pasar Ngeni lurus hingga tiba di pertigaan beringin di atas bukit, lalu belok kanan dan ikutiah jalan yang lebih besar. Nah, sampailah kamu di perempatan Besole (yang ada tugu PSHT) nah di sini sudah ada petunjuk arah menuju 10 pantai di desa Ngadipuro. Di petunjuk arah tersebut, kamu harus belok ke kanan. Setelah kamu tiba di pertigaan yang ada musholanya kamu belok kiri. Pelan-pelan saja hingga kamu menjumpai pertigaan yang agak lebar dan lumayan mulus lalu beloklah kiri. Tak lama kemudian, pantai Keben ini sudah terlihat dari puncak bukit.

Dari Kepanjen / Malang : Arahkan kendaraanmu menuju Sumberpucung-Selorejo-Kesamben-Wlingi-Talun-Garum. Tiba di pertigaan Bence belok kiri menuju Kanigoro-Sutojayan. Setibanya di perempatan terminal Sutojayan lurus saja menuju desa Ngeni. Sampai pertigaan pasar Ngeni lurus hingga tiba di pertigaan beringin di atas bukit, lalu belok kanan dan ikutiah jalan yang lebih besar. Nah, sampailah kamu di perempatan Besole (yang ada tugu PSHT) nah di sini sudah ada petunjuk arah menuju 10 pantai di desa Ngadipuro. Di petunjuk arah tersebut, kamu harus belok ke kanan. Setelah kamu tiba di pertigaan yang ada musholanya kamu belok kiri. Pelan-pelan saja hingga kamu menjumpai pertigaan yang agak lebar dan lumayan mulus lalu beloklah kiri. Tak lama kemudian, pantai Keben ini sudah terlihat dari puncak bukit.

NB: Jika kamu ke sini dengan cara mengendarai mobil, sebaiknya mobilnya diparkirkan di puncak bukit saja, karena nanti ada turunan tajam yang banyak batunya.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir.

Masih gratis.

Fasilitas

Belum ada.

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Untuk sementara, pantai Keben ini hanya cocok digunakan sebagai spot wisata alam saja. Karena aksesnya yang lumayan ekstrim.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah supaya kamu nggak suntuk saat berkunjung ke pantai Keben ini, kamu bisa lakukan hal-hal berikut
  • Main Pasir. Rugi banget lah jika kamu berlibur ke pantai Keben tapi gak bermain pasir di sana. Pasir pantainya selain berwarna putih, teksturnya pun lumayan halus.
  • Berkemah. Pantai Keben ini juga cocok banget lho buat "nge-camp". Yakin gak mau merasakan berkemah di pantai Keben ini.
  • Pasang Hammock. Jangan lupa, setibanya di pantai Keben. Cepat-cepatlah pasang hammockmu karena suasana di pantai Keben ini bagus banget. Di pantai Keben ini, kamu bisa nyantai dihammock ditemani angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang menenangkan pikiran pastinya.
  • Memancing. Jika, kamu ingin merasakan sensasi baru saat liburan, kamu bisa juga memancing. Karena, di sekitar pantai Keben ini banyak terdapat spot-spot rock fishing  dan ikan yang bisa kamu dapatkan di sini pun beragam seperti kerapu, kakap, salem, bahkan ada juga yang pernah dapat ikan jenis trevally lho.
Kendaraan yang Bisa Masuk

Karena akses menuju pantai Keben ini tergolong sempit dan lumayan ekstrim, karena selepas perkampungan terakhir jalannya masih berupa jalan makadam dan jalan tanah yang berlumpur jika terkena hujan, maka kendaraan yang bisa menjangkau ke pantai Keben ini yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
Tempat Wisata di Sekitar

Nah, di desa Ngadipuro ini ada banyak pantai yang bisa kamu kunjungi. Inilah daftar beberapa pantai yang lokasinya berdekatan dengan pantai Keben ini:

Gambar Belum Tersedia
Pantai Princen
Pantai Pasir Hitam

Mbrasak Yuk

Setelah puas menikmati keindahan pantai Jebring, saya melanjutkan trip ini ke salah satu pantai di dusun Banyuurip, desa Ngadipuro, kecamatan Wonotirto. Pantai Keben namanya. Kata temen yang pernah ke sana. Pantai ini bentuknya melengkung. Mirip dengan busur yang kita pakai saat sekolah dulu. #NostalgiaBentar Ah, jadi penasaran nih sama pantai Keben ini.

Untuk menuju pantai Keben ini, rutenya gak beda jauh dengan dengan rute menuju pantai Jebring, karena pantai ini lokasinya dekat dengan pantai Jebring. Jika dari pasar Lodoyo, Sutojayan ya lurus saja ke selatan menuju desa Ngeni. Nah di sepanjang perjalanan ini, kamu akan melintasi hutan jati dan kampung. Jadi waspada ya kalau lewat hutan jati ini kalau terlalu pagi / setelah maghrib karena minim banget lampu penerangan.

Pantai Keben ini adalah salah satu pantai terindah di dusun Banyuurip, desa Ngadipuro, kecamatan Wonotirto, kabupaten Blitar.Tekstur pasir di pantai Keben ini pun lumayan halus dengan warna yang putih agak kecoklatan. Bentuk pantai ini pun melengkung membentuk seperti busur dengan panjang garis pantai antara 200 meter-300 meter.

Ombak Pantai Keben ini pun tidak terlalu besar, karena lokasinya yang berada di dalam teluk kecil. Sehingga relatif aman untuk berenang / main air. Oh iya, saat kamu memutuskan untuk "nyemplung" di pantai Keben ini. Jangan terlalu ke tengah ya.. Karena pada bagian itu, banyak karang tajamnya. Gak mau kan, abis renang. Badan kegores semua...

Gimana guys? Yuk buruan ke pantai Keben ini. Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:

1. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  2. Patuhi aturan warga dan kearifan lokal setempat.
  3. Jika cuaca memburuk, segera pulang. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Bawalah bekal sendiri karena tidak ada warung di pantai Keben ini.
  5. Pakailah sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
  6. Jika kurang handal melintasi jalan yang sulit. Sebaiknya, parkirkan kendaraanmu di puncak bukit dekat pantai.