Gagahnya Watu Payung di Pantai Jebring

Tak Terasa sudah 4 bulan ini penulis nggak ngutak ngatik nih blog karena kesibukan kerja. #DuhLamaBanget Hmmm Ya udah deh, daripada photo ini mangkrak di harddisk.. Ya saya pindah aja ke sini. Biar semua tahu kalau aku habis liburan dari pantai. #PadahalSudahLamaLiburannya. Yuk siapkan ranselmu dan bersiaplah menikmati pesona pantai Jebring ini.

Informasi Rute

Dari Blitar : Arahkan kendaraanmu menuju Kanigoro-Sutojayan. Dari perempatan terminal Sutojayan, lurus saja menuju desa Ngeni. Setibanya di pertigaan Pasar Ngeni lurus saja. Hingga bertemu pertigaan beringin di puncak bukit. Lalu belok kanan saja dan ikuti jalan tersebut hingga tiba di perempatan PSHT dusun Besole. Nah, di perempatan ini sudah ada petunjuk ke 10 pantai yang ada di desa Ngadipuro. Menurut petunjuk arah tersebut, beloklah ke kanan hingga menjumpai pertigaan yang ada musholanya. Dari situ beloklah ke kiri saja. Ikuti jalan makadam tersebut hingga tiba di pantai Jebring

Dari Malang / Kepanjen : Arahkan kendaraanmu menuju Sumber Pucung-Selorejo-Kesamben-Wlingi-Talun-Garum. Setibanya di  pertigaan Bence, kecamatan Garum beloklah ke kiri menuju ke Kanigoro-Sutojayan. Dari perempatan terminal Sutojayan, lurus saja menuju desa Ngeni. Setibanya di pertigaan Pasar Ngeni lurus saja. Hingga bertemu pertigaan beringin di puncak bukit. Lalu belok kanan saja dan ikuti jalan tersebut hingga tiba di perempatan PSHT dusun Besole. Nah, di perempatan ini sudah ada petunjuk ke 10 pantai yang ada di desa Ngadipuro. Menurut petunjuk arah tersebut, beloklah ke kanan hingga menjumpai pertigaan yang ada musholanya. Dari situ beloklah ke kiri saja. Ikuti jalan makadam tersebut hingga tiba di pantai Jebring.

Dari Tulung Agung : Arahkan kendaraanmu menuju Ngunut-Rejotangan-Kademangan. Setibanya di Kademangan,lalu ikuti petunjuk arah menuju Sutojayan / Lodoyo. Setibanya di perempatan terminal Sutojayan, lurus saja menuju desa Ngeni. Setibanya di pertigaan Pasar Ngeni lurus saja. Hingga bertemu pertigaan beringin di puncak bukit. Lalu belok kanan saja dan ikuti jalan tersebut hingga tiba di perempatan PSHT dusun Besole. Nah, di perempatan ini sudah ada petunjuk ke 10 pantai yang ada di desa Ngadipuro. Menurut petunjuk arah tersebut, beloklah ke kanan hingga menjumpai pertigaan yang ada musholanya. Dari situ beloklah ke kiri saja. Ikuti jalan makadam tersebut hingga tiba di pantai Jebring.

Informasi Harga

Masih Gratis karena belum ada yang mengelolanya menjadi tempat wisata.

Fasilitas

Karena pantai Jebring ini belum dikelola sebagai tempat wisata.. Jadi, fasilitas di pantai Jebring ini pun juga hanya sebatas:
  • Tempat Parkir.
  • Beberapa Pondok
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Di pantai Jebring ini, kamu bisa melakukan wisata Alam sekaligus wisata Keluarga (relatif).

Kegiatan yang Bisa Dilakukan.

Nah, biar liburanmu di pantai Jebring ini semakin seru, kamu bisa melakukan:
  • Berenang. Jika kamu ingin berenang, jangan di bibir pantainya ya karena ombaknya gede pake banget. Lha terus berenang di mana? Hmm gak usah khawatir kamu bisa kok berenang di muara sungai yang berada di sebelah barat pantai.
  • Caving. Nah, kalau kamu mendekat ke tebing sisi timur dan utara pantai Jebring ini, kamu bisa menjumpai beberapa gua. Nah, walaupun gak terlalu besar-besar banget tapi gua-gua ini sangat menarik untuk dijelajahi dan diabadikan dalam bentuk foto.
  • Tiduran di Hammock. Angin yang sepoi-sepoi ditambah suara deburan ombak yang tiadahenti seolah-olah memanggilmu untuk segera memasang hammock dan cuss tiduran di atasnya... Hmmm syahdu tenan...
  • Nyantai di Pondokan. Kalau kamu kepingin nyantai tanpa mau repot... Ya duduk-duduk santai saja di beberapa pondok yang sudah tersedia di sekitar area pantai Jebring ini.
Kendaraan yang Bisa Masuk
Akses menuju pantai Jebring ini bisa dibilang relatif mudah tetapi juga relatif sulit..Yah walaupun mayoritas akses ke sini lumayan mulus.Tapi ada beberapa titik yang mengalami kerusakan parah. Salah satunya di tanjakan pertama saat menaiki bukit di selatan Sutojayan. Karena di sini selain jalannya rusak parah. Ditambah adanya tikungan tajam dan tanjakan curam. Perlu kewaspadaan ekstra ketika melintas di sini. Selain itu, 2 km terakhir menuju pantai Jebring ini masih berupa jalan makadam. Jadi, jenis kendaraan yang bisa mengakses pantai Jebring ini adalah:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf
PS: Karena jalan turun menuju pantai Jebring ini berupa turunan tajam menikung dan kondisi jalannya pun masih hancur. Sebaiknya kendaraan roda 4 diparkirkan di atas bukit saja bagi yang belum handal mengemudi atau membawa banyak orang. Jarak puncak bukit ke pantainya deket aja kok sekitar 200 meter aja.

Tempat Wisata di Sekitar

Gambar Belum Tersedia
Pantai Princen
Pantai Pasir Hitam

Mbrasak Yuk

Nah, Pantai Jebring ini adalah gugusan pantai terbarat dari 10 pantai yang ada di desa Ngadipuro, kecamatan Wonotirto ini. Pantai ini dahulu adalah area penambangan pasir besi/pasir hitam. Hal ini bisa kita buktikan dengan warna pasir pantainya ada yang berwarna hitam di sebagian sisinya. Serta adanya gundukan pasir pada sisi utara pantai Jebring ini.

Suasana pantai Jebring ini pun lumayan teduh sih karena di area pantai ini ditanam banyak pohon cemara udang.Jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di desa Ngadipuro.Pantai Jebring ini memiliki garis pantai yang terpanjang. Panjang garis pantainya sekitar 450 meter.Ditambah adanya muara sungai yang lumayan besar di sebelah barat pantai Jebring ini membuatnya semakin indah.

Tidak hanya itu, di tepian pantai Jebring ini  dikelilingi oleh tebing karang yang sangat tinggi. Cocok banget lah bagi kamu pecinta hobi ekstrim seperti rappelling dan panjat tebing. Jika kamu takut ketinggian,gak usah khawatir. Kamu bisa menjelajahi gua-gua kecil yang tersebar di bawah tebing pantai Jebring ini.

Setelah melihat pesona pantai Jebring ini. Yakin gak mau liburan ke pantai ini? Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:
  1. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  2. Patuhi Aturan setempat dan hormati kerarifan lokal warga.
  3. Jika cuaca memburuk, segeralah pulang untukmenghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Cek kondisi kendaraanmu dan kondisi fisikmu karena kamu akan melewati jalur yang "sedikit" ekstrim.
  5. Jangan mandi di laut karena ketinggian ombak bisa mencapai ketinggian lebih dari 3 meter. Jika ingin mandi,mandi saja di sungai sebelah barat pantai yang aliran airnya cenderung tenang.
  6.  Jangan malu bertanya agar tidak tersesat selama di perjalanan.