Menengok Beningnya Jurug Bening

Halo pembaca, jika kamu liburan ke kecamatan Wates kabupaten Blitar, jangan hanya ke pantai Jolosutro dan pantai Karang Nritep saja. Selain ke 2 pantai tersebut. Ternyata kecamatan Wates juga memiliki sebuah air terjun musiman yang lumayan indah lho. Namanya adalah air terjun Jurug Bening. Air terjun ini wajib kamu kunjungi guys kalau liburan ke kecamatan Wates dan rasakan keindahannya. Penasaran akan keindahan Jurug Bening? Bacalah artikel ini lalu kunjungi Jurug Bening ya...

Informasi Rute

1.   Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Blitar: pacu kendaraanmu menuju Garum-Talun-Wlingi-Kesamben. Di pertigaan pasar buah Brongkos belok kanan mengikuti rute menuju Pantai Jolosutro melewati kecamatan Binangun-Wates. Sampai di perempatan desa Ringinrejo, belok kanan. Ikuti jalan raya hingga tiba di pasar Bantengan, desa Purworejo, kecamatan Wates. Dari pasar lurus mengikuti jalan raya. Setelah melewati jembatan ada pertigaan, belok kiri. Nanti setelah melewati persawahan, ada perempatan. Belok kiri, parkirkan di rumah warga .

Dari Kepanjen(Malang): pacu kendaraanmu menuju Kromengan-Sumber Pucung-Selorejo-Kesamben. Di pertigaan pasar buah Brongkos belok kiri mengikuti rute menuju Pantai Jolosutro melewati kecamatan Binangun-Wates. Sampai di perempatan desa Ringinrejo, belok kanan. Ikuti jalan raya hingga tiba di pasar Bantengan, desa Purworejo, kecamatan Wates. Dari pasar lurus mengikuti jalan raya. Setelah melewati jembatan ada pertigaan, belok kiri. Nanti setelah melewati persawahan, ada perempatan. Belok kiri, parkirkan di rumah warga.

Dari Surabaya: Pacu kendaraanmu ke Sidoarjo-Pasuruan-Malang-Blitar.  Setibanya di pasar Buah Brongkos ada pertigaan. Nah, di situ belok kiri mengikuti petunjuk ke pantai Jolosutro melewati kecamatan Binangun-Wates. Sampai di perempatan desa Ringinrejo, belok kanan. Ikuti jalan raya hingga tiba di pasar Bantengan, desa Purworejo, kecamatan Wates. Dari pasar lurus mengikuti jalan raya. Setelah melewati jembatan ada pertigaan, belok kiri. Nanti setelah melewati persawahan, ada perempatan. Belok kiri, parkirkan di rumah warga.

Informasi: Tidak ada angkutan umum ke sini.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir

1.        Harga Tiket Masuk = gratis
2.        Harga Parkir = Seikhlasnya, saya sarankan Rp 5.000,-

Fasilitas

Meskipun, belum resmi dijadikan sebagai objek wisata, air terjun ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Fasilitas yang ada pun masi terbatas, antara lain

• Tempat parkir
  • Kamar Mandi
NB: Fasilitas-fasilitas tersebut merupakan milik warga setempat bukan dikhususkan bagi wisatawan
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Air terjun Jurug Bening ini lokasinya dekat banget dengan perkampungan warga ditambah dengan panorama persawahan di sepanjang jalan setapak yang akan kamu lalui ketika menuju air terjun Jurug Bening. Jadi, air terjun Jurg Bening ini cocok sebagai:
  • Wisata Keluarga. Tapi jangan ajak anak kecil yang belum terbiasa berpetualang ya. Kasihan kalo nanti rewel.
  • Wisata Alam.
Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Biar gak bosan, kamu bisa melakukan hal ini di air terjun Jurug Bening:
  • Foto-foto.Nah bagi kamu yang suka fotografi tempat ini cocok banget buat menyalurkan hobi kamu. Tapi tetap hati-hati guys, karena jika aliran airnya deras. Hempasan airnya gak friendly banget buat lensa kamu.
  • Main Air. Hal mainstream yang saya lakukan setiap main ke air terjun.
  • Berenang. Karena kedalaman kolam air terjunnya lebih dari 3 meter, saya sarankan agar kamu yang gak bisa berenang jangan nyebur ke kolam air terjunnya. Agar tidak tenggelam.
  • Bercanda dengan Teman atau Keluarga. Tapi bercanda nya jangan kelewat batas ya. Ingat sesuatu yang berlebihan itu tidak baik termasuk bercanda.
Kendaraan yang Bisa Masuk

Nah, kendaraan yang sementara bisa masuk ke air terjun ini yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
Tempat Wisata di Sekitar

Setelah selesai berlibur ke air terjun Jurug Beningnya selesai, waktunya kamu coba beberapa tempat wisata lainnya di sekitar air terjun Jurug Bening ini yaitu:

Mbrasak Yuk

Nah, sekarang pembaca sudah memarkirkan kendaraan kan? Sekarang kita treking menuju Jurug Bening yuk. Setelah memarkirkan kendaraan, pembaca akan melewati area persawahan warga. Kalau sedang pas hampir panen, pembaca bisa melihat hamparan padi yang menguning.
Sawah Warga yang menguning, beberapa petak sudah selesai dipanen

Lalu kita akan meyeberangi sungai. Tenang guys, sungainya dangkal kok jadi tidak usah khawatir kamu akan hanyut. Sungainya pun banyak batu-batunya jadi bisa buat pijakan deh.

Sungai berbatu

Nah, setelah menyeberang sungai, kamu akan tiba di makam desa Purworejo. Eiittss..Pembaca tidak usah takut. Kamu gak pelu melewati makam kok. Karena ada jalan setapak kok sebelum tiba di makam. Ikuti saja jalan setapak tersebut hingga tiba di dasar jurang.

Nah, setibanya kamu di dasar jurang. Pembaca akan disambut oleh air terjun kecil setinggi 45 meter lho. Eiittss... Tunggu dulu... Ini bukan air terjun utamanya lho. Karena air terjun ini berasal dari buangan irigasi sawah guys. Hehehe... Tapi lumayanlah buat bahan jeprat-jepret.

Nah, setelah kamu tiba di sungai, kamu akan melihat air terjun Jurug Bening. Jarak Jurug Bening ini tidak jauh kok dari lokasi air terjun kecil tadi. Kira-kira jarak air terjun Jurug Bening dari air terjun kecil ini hanya sekitar 80 meter saja kok. Dan sampailah kamu di air terjun Jurug Bening.

Nah, sekarang kamu sudah tahu air terjun Jurug Bening kan? Jadi, Ayo Mbrasak sekarang.

Saran Ane:

1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
  2. Siapkan fisik anda karena trekingnya lumayan jauh dengan menyusuri bukit.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Jangan ke air terjun ini saat puncak musim kemarau, karena pasti kering akibat air sungainya habis untuk irigasi
  5. Jangan berfoto-foto di atas air terjun. Jika kamu terpeleset, kamu akan terjun bebas ke jurang di air terjun.
  6. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  7. Gunakan sandal anti selip.