Icip-Icip di Air Terjun Nglirip



Air terjun Nglirip adalah sebuah air terjun di desa Mulyoagung, kecamatan Singgahan, kabupaten Tuban. Air terjun Nglirip ini adalah salah satu primadona wisata di Tuban khususnya wisata air terjun. Hampir setiap hari libur, air terjun ini disesaki oleh banyaknya wisatawan yang berkunjung untuk menkmati pesona air terjun Nglirip ini. Air terjun Nglirip adalah salah satu air terjun terbesar di Jawa Timur lho. Bagaimana enggak? Lha air terjun Nglirip ini memiliki ukuran lebar 20 meter dan tinggi 30 meter. Jadi air terjun Nglirip ini wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Tuban ya.  




Informasi Rute

1.   Jika kamu pakai kendaraan pribadi:



Dari Tuban: Pacu kendaraanmu menuju Merakurak-Montong. Ikuti jalan hingga tiba di desa Mulyoagung, kecamatan Singgahan. Air terjun ini sudah kelihatan dari jalan raya lhoKalau masih bingung, sudah ada petunjuk jalannnya kok. 

Dari Bojonegoro: Pacu kendaraanmu menuju Parengan-Singgahan. Di perempatan Anjlok(Setelah SMPN 01 Singgahan), belok kanan hingga tiba di makam desa Mulyoagung, kecamatan Singgahan. Dari pinggir jalan raya sudah terdengar gemuruh air terjunnya.

Dari Blora: Pacu kendaraanmu menuju Jepon-Jiken-Sambong-Cepu. Mentok di pertigaan Cepu, belok kiri. Tiba di perempatan desa Karangboyo, kecamatan Cepu belok kanan hingga tiba di perempatan desa Batokan, kecamatan Kasiman. Nah di perempatan ini, belok kiri melewati kecamatan Kasiman-Malo-Kedewan-Senori-Bangilan. Hingga mentok, lalu belok kanan. Mentok lagi, belok kiri menuju kecamatan Singgahan. Hingga tiba di pertigaan Laju Lor, beloklah ke kanan. Hingga sampai di perempatan Anjlok, desa Mulyoagung, belok kiri hingga sampai di makam desa Mulyoagung. Letak air terjunnya tak jauh dari makam.

Dari Rembang: Pacu kendaraanmu menuju Pancur-Pamotan-Sedan. Tiba di pertigaan Karas, belok kanan melewati Sale-Jatirogo-Bangilan-Singgahan. Tiba di perempatan Anjlok, desa Mulyoagung, belok kiri hingga sampai di makam desa Mulyoagung. Letak air terjunnya tak jauh dari makam.

2. Jika kamu pakai kendaraan umum:

Dari Bojonegoro: Naik bus jurusan Bojonegoro-Rembang atau bus lain yang menuju Jatirogo. Turun di perempatan Anjlok, desa Mulyoagung, kecamatan Singgahan. Nah, setelah  turun, pembaca bisa pilih jalan kaki atau naik angutan umum jurusan kkecamatan Montong. Jarak air terjun dari perempatan Anjlok sekitar 1 km saja.

Dari Tuban: Naik angkutan umum jurusan Tuban-Montong. Lanjut naik angkutan umum lagi jurusan Montong-Jojogan. Minta sopirnya untuk berhenti di parkiran air terjun Nglirip.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir

1.         Harga Tiket Masuk = Rp 5.000/orang( Hanya pas Hari Minggu/Hari Libur)
2.         Harga Parkir = sepeda motor: Rp 3.000-/unit. Mobil: Rp 5.000-/unit.

Fasilitas

Nah di tempat wisata ini sudah terdapat beberapa fasilitas lho yaitu:
  • Warung Makan. Pembaca ga usah takut lapar di sini karena di sekitar air terjun ini terdapat beberapa warung makan yang berjajar rapi lho.
  • Tempat Parkir. Nah walaupun tempat parkirnya sederhana, tapi lumayan luas kok. Jadi jangan khawatir ngga kebagian tempat parkir di sini.
  • Toilet. Di lokasi air terjun Nglirip ini juga tersedia beberapa toilet. Namun lokasinya yang berada di atas, di dekat tempat parkir. Jadi kalo kebelet, ya harus naik ke atas lagi. Jadi, pastikan dulu ya kamu sudah "ngetap" dulu sebelum turun ke air terjun Nglirip ini
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Nah di air terjun Nglirip ini pembaca bisa melakukan kegiatan Wisata;
  • Wisata Alam
  • Wisata Keluarga.
Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah, di air terjun Nglirip ini guys, kamu bisa melakukan kegiatan ini guys, biar ga bosan di sana:
  • Foto-foto. Panorama air terjun Nglirip ini ciamik banget guys buat diabadikan dalam jepretan foto. Tapi jika aliran air terjunnya sedang deras. Kamu harus melindungi lensa kameramu guys. Karena pada saat itu, cipratan airnya beterbangan kemana-mana guys.
  • Main air. Di air terjun ini kamu hanya boleh main air saja guys. Jangan sekali-kali kamu nekat berenang di kolam di bawah air terjun. Selain karena kolamnya dalam banget, di kolam tersebut juga ada pusaran air yang siap menenggelamkanmu sewaktu-waktu. Fasilitas penyelamat di air terjun Nglirip ini juga terbilang minim. Jadi masih yakin mau berenang di air terjun Nglirip?
  • Camping di sekitar air terjun. Tempat ini juga bagus banget buat tempat ngecamp kamu lhoo... Camping di wisata air terjun? Kenapa tidak?
Tidak disarankan berenang. Dan ingat keselamatanmu lebih berharga dari foto-fotomu kawan.

Legenda

Dahulu kala ada seorang adipati Tuban bernama Joko Lelono yang jatuh hati pada seorang gadis desa. Gadis desa tersebut adalah seorang anak dari orang sakti di desa tersebut. Akhirnya menikahlah mereka hingga memiliki seorang anak perempuan. Namun meski sudah memiliki anak, sang gadis desa tersebut tidak mau tinggal di istana. 

Hingga suatu hari,  orang tua Joko Lelono pun memerintahkan prajurikadipaten untuk membunuh Joko Lelonokarena mereka tidak merestui hubungan anaknya dengan seorang gadis desa tersebut. Mendengar kabar tersebut, sang gadis desa tersebut bersedih dan akhirnya minggat (baca: pergi tanpa pamit) dari rumahnya. Dan memilih bertapa di gua sekitar air terjun Nglirip hingga akhir hayatnya. Warga menyebut gadis desa tersebut sebagai putri  Nglirip.

Konon jika ada muda-mudi yang memadu kasih(baca: pacaran) di bawah air terjun ini maka hubungan mereka akan terputus. Karena warga meyakini hal tersebut adalah kutukan dari Putri Nglirip. Hal ini pun sudah banyak yang membuktikannya. Namun kutukan ini tidak berlaku bagi pasangan yang telah menikah. 

Kendaraan yang Bisa Masuk

Akses menuju air terjun Nglirip ini lumayan mudah dijangkau lho. Jadi kendaraan yang bisa menjangkau air terjun ini yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf 
  • Bus
Tempat Wisata di Sekitar

Nah jika pembaca belum puas main di air terjun Nglirip. Yuk coba tempat wisata lain di sekitar air terjun Nglirip:
  • Pemandian air panas Bangilan 
  • Pemandian air panas Prataan
Mbrasak Yuk

Halo Pembaca kali ini saya ngetrike daerah pantura Jawa Timur, yaitu kkabupaten Tuban. Tempat wisata yang saya kunjungi kali  ini adalah air terjun Nglirip. Air terjun Ngliriini tak begitu asing bagi warga Tuban. Karena lokasinya yang sangat strategikarena berada tak jauh dari jalan raya Montong-Singgahan. Dan air terjun ini pun juga terlihat dari jalan raya Jatirogo-Bojonegoro(Bagi yang penglihatannya tajam). 

Perjalanan ini saya tempuh dari kecamatan Rengel ,kabupaten Tuban. Nah saat saya tiba di Singgahan, saya langsung mencari alamat palsu air terjun Ngliriini. Dan ternyata lokasinya dekat banget sama jalan raya, jadi jalannya ga begitu jauh deh. #OwhYeah.

Setelah memarkirkan kendaraan, saya langsung menuju air terjun Nglirip ini. Eh, ternyata di atas air terjun Nglirip ini ada bendungannya toh. Lumayanlah buat objek foto..
 Jembatan di atas air terjun Nglirip



View dari atas air terjun Nglirip

Penampakan dam air terjun Nglirip

Puas menikmati keindahan dam Nglirip, saya melanjutkan perjalanan dan air terjun Nglirip pun menampakkan alirannya dari balik semak-semak.

 View air terjun Nglirip dari sebuah warung yang tutup.

Nah, perjalanan dilanjutkan ke bawah. Nanti ada gang di sebelah warung, kamu belok kiri saja. Pembaca tidak usah khawatir terpeleset kok, karena sudah dibangun tangga yang nyaman banget untuk dilewati.


Nah, setelah menuruni tangga, akhirnya tiba juga di sungai. Sungainya jernih lho pembaca. Warnanya saja hijau-hijau tosca begitu.



Yes. Akhirnya sampai juga di bawah air terjun Nglirip. Alhamdulillah. Hati-hati guys kalau berkunjung ke air terjun Nglirip ini pas musim hujan. Aliran airnya deras banget. Pokoknya jangan sampai hanyut ya... Tapi jika saat musim kemarau, air terjun Nglirip ini hanya menyisakan kedung(baca: kolam alami)nya saja.













Oh ya, saya makan siang dulu ya pembaca. Sudah lapar buanget. Kapan lagi bisa menikmati sensasi makan lalapan lele di bawah air terjun? Hehehe. Ya toh pembaca?

Selamat makan pembaca

Nah setelah melihat pesona air terjun Nglirip ini, yakin pembaca ga mau liburan ke air terjun Nglirip ini? Jadi Ayo Mbrasak sekarang.

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak / terseret banjir.
  2. Jangan pacaran di bawah air terjun ini kalau gak ingin putus.
  3. Jangan berbuat macam-macam, di lokasi ini sering terjadi kasus kesurupan.
  4. Lindungi kamera anda dari air, karena pas aliran air terjun Nglirip sedang deras maka cipratan airnya akan beterbangan kemana-mana.
  5.  Siapkan fisik anda.
  6. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  7. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  8. Gunakan sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
Koordinat GPS: 06°58′08.4″S 111°47′39.4″E

Komentar