Hunting Foto ke Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang ini merupakan pantai yang masih berada di kawasan wisata Pantai Ngliyep. Dan lebih tepatnya berada di dusun Ngliyep, desa Kedungsalam,  Kec. Donomulyo, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna coklat sepanjang 250 meter. Di sekeliling pantai ini terdapat formasi batuan karang sehingga saat surut anda dapat melihat beberapa hewan laut seperti ikan, udang, kepiting, dan siput yang terjebak di cekungan-cekungan batu karang tersebut. Pantai ini bernama Watu Lawang karena di depan pantai ini terdapat salah satu formasi batu karang yang berongga berbentuk kerucut menyerupai pintu / lawang. Selain ada Gunung Kombang. Di depan pantai ini juga terdapat beberapa pulau kecilnya lho...



Informasi Rute

1.            Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Malang
 / Kepanjen: pacu kendaraanmu menuju Pagak-Sumbermanjjing Kulon-Kedung Salam. Tiba di desa Kedung Salam nanti ada petunjuk arah ke Pantai Ngliyep lalu ikuti petunjuk arah yang ada Sebelum tiba di Pantai Ngliyep ada petunjuk arah ke Pantai Watu Lawang.


Dari kota Blitar: arahkan kendaraan anda menuju pertigaan pasar buah Brongkos belok ke kanan (selatan) menuju pantai Jolosutro  hingga tiba di pertigaan beringin Banyuurip belok kiri ke Wates. Nah di pertigaan ini belok kiri / timur menuju kota kecamatan Wates. Selepas  pasar Wates, kamu menjumpai pertigaan yang ada tugunya. Di pertigaan itu belok kanan, hingga tiba di pasar Ngelih desa Sumberoto.

Di pertigaan tersebut, belok kiri hingga tiba di pertigaan Donomulyo, di pertigaan tersebut belok kanan. Setelah melewati puskesmas Donomulyo, ada pertigaan belok kiri hingga tiba di pertigaan Ndawung, desa Kedungsalam. Di pertigaan tersebut, belok kanan hingga tiba di Pantai Ngliyep. Dan Sebelum tiba di Pantai Ngliyep ada petunjuk arah ke Pantai Watu Lawang.

2.            Jika kamu pakai kendaraan umum:

Dari 
Kepanjen / Malang: Naik mikrolet jurusan Ngliyep. Nah di sini ada 2 rute mikrolet yang menuju  Yaitu lewat jalur barat (via Donomulyo) dan jalur timur (via Sumbermanjing Kulon-Pagak)


Dari
 Blitar:Naik bus jurusan Malang.Turun di pertigaan barat Waduk Karangkates. Lanjut naik mikrolet jurusan Pantai Ngliyep via Donomulyo, atau bisa juga kamu turun di terminal Talang Agung, Kepanjen lalu naik mikrolet jurusan Pantai Ngliyep via Sumber manjing Kulon-Pagak..  


Informasi Harga

  1. Harga Tiket Masuk = Rp 10.000,-/orang. 
  2. Harga Retribusi = Rp 5.000,- / sepeda motor dan  Rp 10.000,-/mobil. 
  3. Harga Parkir= Rp 5.000,-/sepeda motor (Sabtu-Minggu atau hari libur) dan seikhlasnya (Senin-Jumat)

Fasilitas


Walaupun pantai Watu Lawang ini belum sepopuler tetangganya, yaitu pantai Ngliyep, namun di pantai ini sudah dibangun beberpa fasilitas seperti:
  • Kamar mandi. Jangan lupa mandi ya, setelah berenang di lagunanya agarbadanmu tidak pliket alias lengket akibat terkena air laut.
  • WC. Khawatir, jikatiba-tiba terjadi panggilan alam saat berlibur ke pantai Watu Lawang ini? Jangan takut, karena di pantai ini sudah tersedia WC nya lho. Jadi bisa ngendog dan nguthur sepuasnya deh.
  • Warung Makan. Jika lapar dan haus menyiksamu saat berlibur di pantai Watu Lawang ini, kamu bisa mampir dulu ke beberapa warung makan yang ada di pantai Watu Lawang ini, disini tersedia berbagai makanan dari snack hingga makanan berat dan minuman.
  • Tempat Parkir. Di pantai Watu Lawangini juga ada tempat parkirnya juga lho. Yakin saat liburan ke pantai Ngliyep nggak mampir ke pantai Watu Lawang juga?
  • Penginapan. Kamu datangke pantai Watu Lawang ini terlalu sore, dan takut melewati hutan pantai Ngliyep di malam hari? Tenang, di pantai Ngliyep ada penginapannya kok, kalau dari pantai Watu Lawang sih sekitar 600 meter saja.

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Pantai Watu Lawang ini walaupun belum menjadi wisata yang sepopuler pantai Ngliyep, tapi sudah ada beberapa fasilitas. Jainya kamu bisa berwisata:
  • Wisata Alam
  • Wisata Keluarga. 
Pemandangan yang ditawarkan yaitu pantai berkarang dengan sebuah pulau kecil bernama Gunung Kombang yang berada di depan pantai ini serta aneka binatang laut yang terjebak di cekungan batu karang saat surut.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan


Kalau kamu berlibur ke pantai Watu Lawang ini, jangan lupa lakukan hal-hal berikut ini agar liburanmu makin berkesan:

  • Main pasir. Jika kamu ingin bermain pasir, bermainlah di pantai yang berada di sebelah timur / kiri jembatan kayu. Karena di sisi timur pantai Watu Lawang ini dominan pasir gan.
  • Berendam/berenang di laguna. Saat laut surut, air yang terjebak dalam cekungan akan membentuk beberapa laguna. Salah satu laguna yang bisa kamu buat untuk lokasi mandi / berenang yaitu berada di sisi paling timur pantai Watu Lawang ini
  • Memancing. Jika kamu ingin memancing di pantai Watu Lawang ini sebaiknya saat laut surut, karena pada saat surut. Ombak di pantai Watu Lawang ini tidak terlalu besar, jadi kamu bisa menjelajahi bebebrapa spot untuk mencari keberadaan ikan.
  • Menikmati suasana alam dan gemuruh ombak.  Jika kamu suka menikmati dengan santai, kamu bisa menikmati suasana pantai hanya dengan duduk-duduk di tepi pantai atau sekalian pasang hammock.
  • Camping pastinya. Nah, jika kamu mau kemah, izin dulu ya ke pengelolapantai Ngliyep.
  • Melihat event budaya seperti acara labuhan / larung sesaji di pantai ini pada saat-saat tertentu. Biasanya ya pas Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kendaraan yang Bisa Masuk


Akses menuju pantai Watu Lawang ini tergolong mudah, namun bpada beberapa titik masih terdapat jalan yang berlubang dan bergelombang, namun rintangan tersebut masih dapat dilalui dengan mudah. Jadi, kamu bisa mengendarai kendaraan ini agar bisa mencapai pantai Watu Lawang:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf
Tempat Wisata di Sekitarnya 

Jika kamu belum capek, lanjutkan liburanmu ke:


Gambar Belum Tersedia
Pantai Teluk Putri


 
Mbrasak Yuk



Pembaca sudah pernah ke pantai Watu Lawang? Kalau belum, nih saya beri info tentang pantai Watu Lawang agar pantai ini bisa masuk referensi liburan kamu. Kamu iya kamu. Bukan aku, bukan dia. Cuma kamu #Ngawur. Nah, pantai Watu Lawang ini sebenarnya gak jauh-jauh amat kok dari pantai yang lebih populer yaitu Pantai Ngliyep. Nah, berhubung sebelum ke pantai Ngliyep tadi aku ketemu sama petunjuk arah ke pantai Watu Lawang. Akhirnya sebelum pulang mampir dulu ke pantai ini. Kan ga ada salahnya. Ya toh?

Setibanya di
 pantai Watu Lawang ini, saya lihat hanya ada beberapa wisatawan yang berkunjung, serta beberapa nelayan dan anak yang sedang mencari ikan. Padahal jaraknya cuma 600 meter saja ke arah timur dari pantai Ngliyep. Pas hari Minggu pula. Apa saya tibanya di sini pas sore ya? Jadi pengunjungnya pada pulang semua. Walhasil pantai ini pun berasa seperti pantai pribadi. Jadi saya leluasa deh buat nyari foto bukan nyari jahe apalagi nyari kedele. Tanpa fikir panjang, saya keluarkan HP saya buat jepret-jepret. Daannnn...... Lautnya perlahan surut. Jadi makin leluasa deh buat foto-foto. #Yes 

Di depan pantai ini terdapat sebuah bukit yang bernama
 Gunung Kombang. Untuk menuju Gunung Kombang ini. Kamu akan melewati sebuah jembatan kayu. Saat berada di Gunung Kombang, anda bisa melihat 3 pantai sekaligus yaitu Pantai Watu Lawang, Pantai Gua Patuk, dan Pantai Teluk Putri. Di puncak bangunan ini terdapat sebuah bangunan sanggar yang digunakan untuk menyepi bagi mereka yang percaya pada tradisi kejawen . Dan saat setiap bulan Maulud, gunung Kombang ini digunakan sebagai pusat acara larungan sebagai wujud syukur atas karunia yang diberikan Allah SWT.


Karang Watu Lawang

Akamsi(Anak Kampung Sini) yang mau mancing di pantai

Pulau Kecil di Depan Pantai

Batuan Karang Ini Terlihat Saat Surut

Gunung Kombang dan Jembatan Kayu

Gapura Gunung Kombang

Dari Timur: Watu Lawang, Gua Patuk, Teluk Putri

Laguna Pantai Watu Lawang. Kalau mau berenang di sini laut harus surut biar aman

Apakah ini Ikan Gobi?

Bintang Laut Lengan Panjang

Udang Mantis

Fosil Kerang

Bagaimana sudah siap berkunjung ke pantai Watu Lawang? Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang

Saran Ane:

  1. Kalau mau mandi di laguna saja karena di laut ombaknya ganas. Nanti kalau hanyut ke tengah laut. Yakin masih bisa pulang??
  2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu. 
  3. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga. 
  4. Siapkan fisik dan kondisi motor anda. Semua harus prima.
  5. Jangan malu bertanya agar tidak tersesat.


Koordinat GPS: 08°23′12.2″S 112°25′34″E

Komentar