Yuk Berenang di Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep yah pantai ini masih sekawasan dengan panta Pasir Panjang. Yang membuatnya berbeda adalah ombak di pantai Ngliyep tidak sebesar dan seheboh ombak di pantai Pasir Panjang. Itu karena pantai Ngliyep ini berada di teluk jadi ombaknya ga gede-gede banget. Jadi amanlah buat ciblon disini. Tapi kalo berenang hati-hati bro. Karangnya tajam-tajam. Bisa gores nih kaki kalau salah injak. Oh iya kalau berenang jangan melampaui batas yang dibuat pengelola ya. Batasnya ini hanya berupa tali dan bola karet.
Informasi Rute

1.            Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Malang
 / Kepanjen: pacu kendaraanmu menuju Pagak-Sumbermanjjing Kulon-Kedung Salam. Tiba di desa Kedung Salam nanti ada petunjuk arah ke Pantai Ngliyep lalu ikuti petunjuk tersebut hingga tiba di Pantai Ngliyep.


Dari Blitar: arahkan kendaraan anda menuju pertigaan pasar buah Brongkos belok ke kanan (selatan) menuju pantai Jolosutro  hingga tiba di pertigaan beringin Banyuurip belok kiri ke Wates. Nah di pertigaan ini belok kiri / timur menuju kota kecamatan Wates. Selepas pasar Wates, kamu menjumpai pertigaan yang ada tugunya. Di pertigaan itu belok kanan, hingga tiba di pasar Ngelih desa Sumberoto

Di pertigaan tersebut, belok kiri hingga tiba di pertigaan Donomulyo, di pertigaan tersebut belok kanan. Setelah melewati puskesmas Donomulyo, ada pertigaan belok kiri hingga tiba di pertigaan Ndawung, desa Kedungsalam. Di pertigaan tersebut, belok kanan hingga tiba di Pantai Ngliyep.

2.            Jika kamu pakai kendaraan umum:

Dari Kepanjen / Malang: Naik mikrolet jurusan Ngliyep. Nah di sini ada 2 rute mikrolet yang menuju Pantai Ngliyep. Yaitu lewat jalur barat (via Donomulyo) dan jalur timur (via   Sumbermanjing Kulon-Pagak)

Dari Blitar: Naik bus jurusan Malang. Turun di pertigaan barat Waduk Karangkates. Lanjut naik mikrolet jurusan Pantai Ngliyep via Donomulyo. Atau bisa juga turun di terminal Talang Agung, lalu naik mikrolet jurusan pantai Ngliyep via Sumber Manjing Kulon-Pagak.
.  
Informasi Harga
  1. Harga Tiket Masuk = Rp 10.000,-/orang 
  2. Harga Retribusi = Rp 5.000,- / sepeda motor dan  Rp 10.000,-/mobil
  3. Harga Parkir = Rp 5.000,-/sepeda motor dan dan  Rp 10.000,-/mobil 
  4. Harga Sewa Penginapan = Rp 100.000,-/malam

Fasilitas


Karena pantai Ngliyep ini, sudah dijadikan objek wisata, maka fasilitas di pantai Ngliyep ini tergolong lengkap yaitu:
  • Kamar Mandi. Setelah selesai bermain dengan ombak, jangan lupa membersihkan diri agar badan tidak pliket alias lengket. Nah, di pantai Ngliyep ini sudah ada beberapa kamar mandi nya lho. Jadi, ga usah bingung membersihkan diri  di mana. Oh iya jangan lupa bayar uang kebersihannya ya. Kira-kira sebesar Rp 2.000,- sampai Rp 5.000,-
  • WC. "Panggilan alam" terjadi ketika kamu asyik liburan di pantai Ngliyep? Ga usah khawatir. Di pantai Ngliyep ini juga ada kok tempat buat melepaskan "panggilan alam" mu. Jangan lupa bayar uang kebersihannya juga ya.
  • Warung Makan. Lapar dan haus mengganggu ketika berlibur ke pantai Ngliyep? Mampir saja ke warung-warung makan yang berjajar rapi di kawasan pantai Ngliyep. Dijamin rasa lapar dan haus reda.
  • Tempat Parkir. Lokasi parkir pantai Ngliyep ini luas banget dan teduh. Jadi gak usah takut gak kebagian tempat parkir dan kendaraan kamu kepanasan ya.
  • Mushola. Kapan pun dimana pun liburanmu, jangan lupa bersimpu kepada-Nya.
  • Penginapan. Jika kamu tiba di sini kesorean, dan takut pulang malam.Tenang dulu, disini juga ada penginapannya lho. Harganya pun lumayan terjangkau.
  • Pendopo/balai pertemuan. Kalau ingin mengadakan rapat atau reuni bisa juga memakai pendopo/balai pertemuan ini. Model bangunannya terbuka mirip seperti gazebo, jadi kamu bisa sekaligus menikmati keindahan pantai Ngliyep.

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Karena akses menuju pantai Ngliyep ini tergolong mudah, dan fasilitasnya pun lengkap, kamu bisa melakukan kegiatan wisata:
  • Wisata Alam
  • Wisata Keluarga. 
Pemandangan yang ditawarkan yaitu pantai kembar berpasir coklat dengan ombak yang relatif tenang.
 
Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Supaya kamu nggak penat saat liburan ke pantai Ngliyep ini, kamu bisa hal-hal kece ini bareng teman mainmu atau keluargamu  yang kamu ajak ke sini:


  • Main pasir. Pasir pantai Ngliyep ini cocok banget lho buat jadi wahana main kamu. kamu bisa pendem-pendeman alias kubur-kuburan atau membangun istana pasir.
  • Memancing. Jika laut surut, kamu bisa memancing di tepian laut dengan bebas. Tapi ingat juga, jangan terlalu ke tengah agar tidak terseret ombak.
  • Berenang (tetapi jangan melewati batas yang dibuat pengelola). Pantai Ngliyep ini berbeda dengan kebanyakan pantai selatan Jawa. Karena ombak di pantai Ngliyep ini begitu tenang. Jadi lumayan aman buat renang. Tapi, berenangnya jangan melewati tali yang dipasang pengelola ya. Waspada juga dengan karang tajam di dasar laut tepian pantai.
  • Menikmati suasana alam sambil pasang hammock. Bagi kamu yang demen hammocking, pantai ini cocok banget. Selain teduh, angin di sini pun berhembus sepoi-sepoi. Kan, cocok banget tuh buat pasang hammock sampai ketiduran?
  • Camping. Jika kamu ingin memasang tenda di pantai Ngliyep ini, jangan lupa izin dulu ke pengelola pantai Ngliyep dulu ya.
Kendaraan yang Bisa Masuk

Akses menuju ke pantai ini, tergolong mudah. Yah walaupun pada beberapa titik terdapat jalan berlubang dan bergelombang. Tapi masih mudah kok untuk dilewati. Jadi, sudah beberapa jenis kendaraan yang bisa mengakses pantai Ngliyep yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf.


Legenda

Dahulu ada wabah penyakit yang menyerang warga desa Kedungsalam. Lalu ada salah seorang warga yang mendapatkan ilham untuk melakukan larung sesaji ke laut. Beliau pun datang ke pantai ini. Dan merasakan angin yang berhembus terasa sepoi-sepoi sehingga membuat liyep-liyep (mengantuk)

Tempat Wisata di Sekitarnya

Jika kamu belum capek seusai menjelajahi pantai Ngliyep ini, kamu bisa juga melanjutkan liburanmu ke:



Gambar Belum Tersedia
Pantai Teluk Putri






Mbrasak Yuk

Pantai Ngliyep ini berada di dusun Ngliyep, desa Kedungsalam, kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Pantai berpasir putih ini memiliki panjang sekitar 250 meter dan dibagi menjadi 2 bagian oleh sebuah batu karang sehingga pantai ini bisa disebut pantai kembar. Pantai ini juga masih dikelilingi oleh hutan lebat dan perbukitan serta tebing yang menjulang tinggi

Di sebelah kanan pantai ini juga terdapat sebuah bukit Cinta Kasih. Anda bisa mendaki bukit ini di sore hari untuk mendapatkan pemandangan Sunset di sore hari. Bagi anda yang berkunjung di pantai ini saat sore hari dan anda takut melakukan perjalanan di malam hari atau kecapekan. Di pantai ini juga disediakan penginapan juga.

Berbeda dengan kebanyakan antai di pesisir selatan Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang ganas. Ombak di pantai ini sangat tenang ya tinggi ombaknya bisa dibilang cuma selutut orang dewasa saja. Jadi pengunjung diperbolehkan berenang di pantai ini. Tetapi jangan melewati batas yang dibuat pengelola ya. Batasnya pun hanya berupa tali tambang yang diikatkan pada bola. Karena setelah batas tersebut ada palungnya lho.  

Karang di pantai Ngliyep

View pantai Ngliyep bagian barat:









View Pantai Ngliyep sisi timur:









Saran Ane:
  1. Kalau mandi di laut jangan melewati batas yang disediakan pengelola.
  2. Jika berenang di laut. Hati-hati banyak karang yang tajam dan palung
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  5. Siapkan fisik dan kondisi motor anda. Semua harus prima
  6. Jangan malu bertanya agar tidak tersesat.
Koordinat GPS:08°23′01.1″S 112°25′30.4″E

Komentar

Posting Komentar

Menerima Kripik, Saran, dan Paido