Coban Sewu, Air Terjun Pinggir Jalan Raya



Jika kamu melintasi Jalan Raya Batu-Kandangan, tepatnya saat berada di desa Bendosari, kecamatan Pujon, Malang. Kamu akan menjumpai sebuah air terjun yang berada tidak jauh dari jalan raya tersebut. Air terjun ini bernama Coban Grojogan Sewu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Selain itu, kita juga akan disuguhi pemandangan sawah, perbukitan nan hijau, dan aliran sungai Konto


Pemandangan Coban Grojogan Sewu dari jalan raya

Untuk menuju air terjun ini jika kamu, dari Malang / Batu, ikuti jalan raya Batu-Kandangan hingga masuk desa Bendosari, kecamatan Pujon. Jika  kamu dari Kediri / Jombang, ikuti jalan raya Batu-Kandangan melewati Kasembon-Ngantang-Pujon. Atau jika kamu dari Blitar, arahkan kendaraanmu menuju Wlingi-desa Semen-Ngantang-Pujon. Sesampainya di kecamatan Pujon, air terjun ini sudah terlihat. Kemudian parkir kendaraan anda di rumah warga dengan membayar Rp 2.000,-/kendaraan. Dilanjutkan berjalan kaki 200 meter.

Jembatan di atas kali Konto

Tak sampai 5 menit, anda akan tiba di sebuah bangunan semacam tempat peribadatan umat Budha yang berada di bawah pohon beringin dan di sebelahnya terdapat mushola kecil. Sehingga nuansa toleransi beragama sangat terasa di tempat ini. Fasilitas di air terjun ini antara lain mushola, tempat istirahat, dan toilet.

Tempat peribadatan umat budha yang berdampingan dengan air terjun

Dan inilah pemandangan air terjun Coban Sewu:

















Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk segera pulang, 
  2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  3. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
Koordinat GPS: 07°51′58.3″S 112°25′23.3″E

Komentar