Berteman Kabut ke Air Terjun Dolo

Air terjun Dolo adalah sebuah air terjun yang berada di lereng sebelah timur gunung Wilis. Tepatnya berada di dusun Besuki, desa Jugo, kecamatan Mojo, kabupaten Kediri. Air terjun Dolo ini berada di ketinggian kurang lebih 1.800 mdpl. Jadi suhu udara di sekitar air terjun Dolo ini sangat sejuk dan terkadang tercenderung dingin. Brrr... Air terjun Dolo ini memiliki 4 tingkat. Yaitu antara lain air terjun teratas yang memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 100 meter. Sedangkan 3 tingkatan air terjun lainnya yang berada di bawah air terjun utama ketinggiannya bervariasi antara 3 meter sampai 10 meter. Satu-satunya cara untuk menikmati keindahan air terjun Dolo ini adalah menuruni lereng gunung Wilis menuju dasar air terjun. Bagaimana? Pembaca berminat mengunjungi air terjun Dolo? Lanjut scroll ke bawah ya #hehehe
Informasi Rute


1.   Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Pare (Kediri) / Jombang/ Batu: pacu kendaraanmu menuju Kota Kediri melewati kecamatan Gurah hingga tiba di Simpang Lima Gumul. Ambil arah ke kota Kediri. Tiba di Kediri, lewatilah jalan Achmad Yani-Pahlawan Kusuma  Bangsa-Airlangga-Brawijaya-Yos Sudarso-Dhoho-Panglima Besar Sudirman. Tiba di alun-alun Kediri. Lanjut ikuti petunjuk ke air terjun Dolo dari Kota Kediri.

Dari Kediri: dari alun-alun kota Kediri pacu kendaraanmu menuju jalan Bandar Ngalim-KH. Agus Salim-Semeru-Tidar-Argo Wilis. Setelah melewati Hotel Bukit Daun ada pertigaan, belok kiri mentok terus belok kanan hingga tiba di pertigaan desa Kedak. Belok kiri mentok terus belok kanan. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di pertigaan Besuki, belok kanan. 

Dari Tulungagung : dari Tulungagung arahkan kendaraanmu menuju Karang Rejo-Mojo. Di pertigaan Mojo belok kiri hingga toba di air terjun Dolo.

Dari Blitar: Dari kota Blitar arahkan kendaraanmu menuju Sanankulon-Srengat-Udanawu-Sambi-Ringinrejo-Kandat-Ngronggo-Masjid agung Kediri. Dari Masjid Agung Kediri belok kiri, setelah melewati terminal Tamanan dan Hotel Bukit Daun, nanti ada pertigaan. Beloklah ke kiri lalu ikuti petunjuk menuju Puhsarang. Nah nanti ada pertigaan lagi, beloklah ke kiri menuju Besuki/Air Terjun Dolo.

Dari Nganjuk: Dari Nganjuk kota arahkan kendaraanmu menuju Loceret-Pace-Tarokan-Grogol-Banyakan-Mojoroto. Dari Mojoroto, pacu kendaraanmu menuju terminal bus Tamanan. Dari terminal, arahkan kendaraanmu menuju Puhsarang. Setelah melewati Hotel Bukit Daun, nanti ada pertigaan. Beloklah ke kiri lalu ikuti petunjuk menuju Puhsarang. Nah nanti ada pertigaan lagi, beloklah ke kiri menuju Besuki/Air Terjun Dolo.

Dari Surabaya: Dari Kota Surabaya pacu kendaraanmu menuju Sidoarjo-Mojokerto-Jombang. Tiba di pertigaan Mengkreng(perbatasan Kediri-Jombang-Nganjuk) beloklah ke kiri. Setibanya di kota Kediri, arahkan kendaraanmu menuju terminal bus Tamanan. Dari terminal, arahkan kendaraanmu menuju Puhsarang. Setelah melewati Hotel Bukit Daun, nanti ada pertigaan. Beloklah ke kiri lalu ikuti petunjuk menuju Puhsarang. Nah nanti ada pertigaan lagi, beloklah ke kiri menuju Besuki/Air Terjun Dolo.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir


1.   Harga Tiket Masuk=

    Senin-Jumat(Weekday)=Rp 4.000,-/orang(Anak-anak) Rp 5.000,-/orang(Dewasa)
    Sabtu-Minggu(Weekend)=Rp 5.000,-/orang(Anak-anak) Rp 5.000,-/orang(Dewasa)


2.  Harga Retribusi =Rp 1.000,-/unit(Sepeda Motor), Rp 2.000,-/unit(Mobil), dan  Rp 5.000,-/unit(Bus)
    Fasilitas


    Nah di air terjun Dolo Kediri ini sudah tersedia banyak fasilitas seperti:
    • Kamar Mandi. Lokasinya berada di bawah air terjun dan di dekat tempat parkir. 
    • Gazebo. Di bawah air terjun ini terdapat beberapa gazebo yang bisa kamu gunakan untuk berteduh.
    • WC. Nah, tempat ini yang lumayan vital buat ngendog, eh cari inspirasi
    • Warung Makan. Dari tempat parkir menuju air terjun ini terdapat warung makan sederhana. Namun, jika bukan hari Minggu / hari libur, beberapa warung tersebut tutup.
    • Tempat Parkir Luas. Pembaca tidak usah khawatir ga kebagian temapt parkir di tempat wisata ini. Karena tempat parkirnya bisa dibuat tempat sepakbola.
    • Mushola. Lokasinya berada 1 tempat dengan lokasi parkir, musholanya pun ukurannya lumayan besar.
    • Wahana Playground. Nah, bagi kamu yang membawa anak kecil tapi si kecil tidak mau dibawa ke air terjun, maka kamu bisa mengajaknya bermain di wahana playground yang lokasinya berada di dekat tempat parkir.
    Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

    Di air terjun Dolo ini pembaca bisa melakukan kegiatan wisata:
    • Wisata Alam.
    • Wisata Keluarga.

    Kegiatan yang Bisa Dilakukan

    Nah, guys di air terjun Dolo ini pembaca bisa melakukan kegiatan di bawah ini:

    • Foto-foto. Air terjun ini cocok banget buat kamu yang suka fotografi. Namun karena air terjunnya tinggi banget, pasti agak sulit untuk memotretnya. Karena tidak muat pada frame. Jadi, untuk memuat keseluruhan gambar air terjun. Saya menggunakan mode panorama.
    • Piknik. Tempat ini juga cocok buat kamu yang ingin piknik bersama keluarga sambil menikmati suasana alam.
    • Main air. Tempat ini juga cocok buat kamu basah-basahan. Tapi siap-siap juga kamu harus kedinginan karena airnya dingin banget.
    • Berkemah. Di dasar air terjun Dolo ini, juga terdapat beberapa tanah lapang yang bisa kamu gunakan untuk memasang tenda juga lho. Jadi, kamu bisa kamu bisa berkemah sambil menikmati suara air terjun Dolo ini.
    • Pasang Hammock. Di dasar air terjun Dolo ini juga terdapat banyak pohon yang jaraknya lumayan dekat.  Sehingga kamu bisa memasang hammock dan tiduran deh di sekitar air terjun Dolo ini. 

    Kendaraan yang Bisa Masuk


    Akses menuju air terjun Dolo ini lumayan mulus dan lebar. Yah walaupun ada beberapa tanjakan tajam dan jalannya berkelok-kelok. Jadi kendaraan yang bisa menjangkau ke air terjun ini adalah:
    • Sepeda
    • Sepeda Motor
    • Mobil
    • Elf
    • Bus ukuran sedang.

    Tempat Wisata di Sekitar


    Pembaca kalau belum capek, pembaca bisa menikmati beberapa lokasi wisata di sekitar air terjun Dolo yaitu:



    Gambar Belum Tersedia
    Taman Langit
    Legenda

     

    Pada zaman kewalian, di sekitar air terjun Dolo terdapat sebuah pohon besar yang di atasnya menggantung suatu benda yang misterius. Terkadang benda tersebut terlihat, namun ada kalanya benda tersebut hilang. Jadi muncullah nama Dolo yang berasal dari kata gemandul yang artinya bergelantungan.

    Pantangan di air terjun Dolo yaitu dilarang bersiul, dilarang bertepuk tangan, dilarang bersenda gurau, dan dilarang mengambil hasil alam berlebihan. Jika hendak berkemah di sekitar air terjun, sebaiknya anda menancapkan semua benda tajam yang kamu bawa ke permukaan tanah agar tidak diganggu makhluk gaib di sekitar air terjun.

    Versi lainnya menyebutkan nama air terjun ini berasal dari makhluk mitologi yang berada di air terjun ini yaitu "Gundul Tola Tolo" yang berarti Si Gundul yang melamun. 

    Mungkinkah si Gundul Tola Tolo itu adalah sesosok tuyul yang sedang melamun ya?  

    Mbrasak Yuk

    Mumpung libur piknik lagiii.... Kali ini saya liburan ke air terjun Dolo. Ikon wisata air terjun di kabupaten Kediri. Berhubung saya liburnya pas nggak pas hari Minggu, sepanjang perjalanan dari kota Kediri ke air terjun Dolo lumayan sepi jadi bisa ngebut dan ngepot santau sedikit deh. Ga perlu antre. Hehehe. 

    Oh iya, jika berkunjung ke air Terjun Dolo ini, walaupun jalannya lumayan lebar, tetapi banyak terdapat tikungan tajam dan tanjakan curam. bahkan kombinasi keduanya #Serem. Dan apabila kembali dari air terjun Dolo, tanjakan curam tadi berubah jadi turunan tajam! #MakinSerem. Jadi pastikan kondisi motor kamu lagi prima buat menaklukan "jalan jahanam" tadi.

    Walaupun jalannya bikin bergidik ngeri tapi pemandangan di sepanjang perjalanan dari kota Kediri menuju air terjun Dolo ini lumayan bikin hati adem. Karena melewati perkebunan pinus dan kamu bakal melihat pemandangan kota Kediri dari atas bukit. Tapi jangan tergoda akan pemandangan tadi guys. Jadi kalau mau menikmati pemandangan tersebut lebih baik berhenti dulu. Jangan pas berkendara malak celingukan melihat pemandangan yang bikin mata gak fokus. Nah kalo gak fokus kamu nanti bakal ... (Isi saja sendiri).

    Tapi kok!? Waaa... Kabutnya turun. Duh harus lebih hati-hati dan pelan-pelan ini.

    Huuffftt. Alhamdulillah kabutnya nggak jauh banget. Setelah 10 menit melewati kabut tebal tadi, akhirnya sampai juga di tempat parkir air terjun Dolo. Tapi perjuangan perjalanan menuju air terjun Dolo ini belum berakhir guys. Kita harus menuruni anak tangga menuju air terjun Dolo ini. Coba tebak ada berapa anak tangganya? Kalau saya hitung dari bawah ke atas sih sekitar 975 buah anak tangga! Duh gak kebayang kalau naik ke atas nanti. #SabarYaKaki.


    Setelah menempuh perjuangan perjalanan tadi akhirnya sampai juga di dasar air terjun Dolo ini. Selamat menikmati pemandangan air terjun Dolo.















    Yah walaupun perjalanan menuju air terjun Dolo ini masih dipenuhi "jalan jahanam". Tapi perjalanan itulah yang bikin nagih. Jadi, ayo mbrasak sekarang.

    Saran Ane:
    1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
    2. Pastikan kondisi motor kamu prima guys.
    3. Siapkan fisik anda karena trekingnya lumayan jauh dengan menuruni bukit.
    4. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
    5. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
    6. Gunakan sandal anti selip.
    7. Bawalah bekal sendiri karena belum ada warung selain pas weekend atau hari libur.
    Koordinat GPS: 07°52′11″S 111°50′08.4″E

    Komentar