Air Terjun Ironggolo, Air Terjun Unik Dari Kediri

Air terjun Ironggolo adalah sebuah nama air terjun  yang berada di kawasan wisata Besuki, desa Jugo, kecamatan Mojo, kabupaten Kediri. Jadi lokasinya tidak begitu jauh dari air terjun Dholo. Jadi sehabis dari air terjun Dholo kamu bisa mampir ke air terjun Ironggolo ini. Oh iya air terjun Ironggolo ini memiliki bentuk yag unik lho. Mau tahu seperti apa keunikannya? Terus baca artikel ini ya.

Informasi Rute 


1.   Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Pare (Kediri) / Jombang/ Batu: pacu kendaraanmu menuju Kota Kediri melewati kecamatan Gurah hingga tiba di Simpang Lima Gumul. Ambil arah ke kota Kediri. Tiba di Kediri, lewatilah jalan Achmad Yani-Pahlawan Kusuma  Bangsa-Airlangga-Brawijaya-Yos Sudarso-Dhoho-Panglima Besar Sudirman. Tiba di alun-alun Kediri. Lanjut ikuti petunjuk ke air terjun Ironggolo dari Kota Kediri di bawah ini.

Dari Kediri: dari alun-alun kota Kediri pacu kendaraanmu menuju jalan Bandar Ngalim-KH. Agus Salim-Semeru-Tidar-Argo Wilis. Setelah melewati Hotel Bukit Daun ada pertigaan, belok kiri mentok terus belok kanan hingga tiba di pertigaan desa Kedak. Belok kiri mentok terus belok kanan. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di pertigaan Besuki, belok kanan. 

Dari Tulungagung : dari Tulungagung arahkan kendaraanmu menuju Karang Rejo-Mojo. Di pertigaan Mojo belok kiri hingga tiba di air terjun Ironggolo.

Dari Blitar: Dari kota Blitar arahkan kendaraanmu menuju Sanankulon-Srengat-Udanawu-Sambi-Ringinrejo-Kandat-Ngronggo-Masjid agung Kediri. Dari Masjid Agung Kediri belok kiri, setelah melewati terminal Tamanan dan Hotel Bukit Daun, nanti ada pertigaan. Beloklah ke kiri lalu ikuti petunjuk menuju Puhsarang. Nah nanti ada pertigaan lagi, beloklah ke kiri menuju Besuki.

Dari Nganjuk: Dari Nganjuk kota arahkan kendaraanmu menuju Loceret-Pace-Tarokan-Grogol-Banyakan-Mojoroto. Dari Mojoroto, pacu kendaraanmu menuju terminal bus Tamanan. Dari terminal, arahkan kendaraanmu menuju Puhsarang. Setelah melewati Hotel Bukit Daun, nanti ada pertigaan. Beloklah ke kiri lalu ikuti petunjuk menuju Puhsarang. Nah nanti ada pertigaan lagi, beloklah ke kiri menuju Besuki.

Dari Surabaya: Dari Kota Surabaya pacu kendaraanmu menuju Sidoarjo-Mojokerto-Jombang. Tiba di pertigaan Mengkreng(perbatasan Kediri-Jombang-Nganjuk) beloklah ke kiri. Setibanya di kota Kediri, arahkan kendaraanmu menuju terminal bus Tamanan. Dari terminal, arahkan kendaraanmu menuju Puhsarang. Setelah melewati Hotel Bukit Daun, nanti ada pertigaan. Beloklah ke kiri lalu ikuti petunjuk menuju Puhsarang. Nah nanti ada pertigaan lagi, beloklah ke kiri menuju Besuki.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir


1.   Harga Tiket Masuk=

    Senin-Jumat(Weekday)=Rp 4.000,-/orang(Anak-anak) Rp 5.000,-/orang(Dewasa)
    Sabtu-Minggu(Weekend)=Rp 5.000,-/orang(Anak-anak) Rp 5.000,-/orang(Dewasa)


2.  Harga Retribusi =Rp 1.000,-/unit(Sepeda Motor), Rp 2.000,-/unit(Mobil), dan  Rp 5.000,-/unit(Bus)

Fasilitas


Nah di air terjun Dolo Kediri ini sudah tersedia banyak fasilitas seperti:
  • Kamar Mandi. Lokasinya berada di bawah air terjun. 
  • Gazebo. Di bawah air terjun ini terdapat beberapa gazebo yang bisa kamu gunakan untuk berteduh.
  • WC. Nah, tempat ini yang lumayan vital buat ngendog.
  • Warung Makan. Dari tempat parkir menuju air terjun ini terdapat warung makan sederhana. Namun, jika bukan hari Minggu / hari libur, beberapa warung tersebut tutup.
  • Tempat Parkir Luas. Pembaca tidak usah khawatir ga kebagian temapt parkir di tempat wisata ini. Karena tempat parkirnya bisa dibuat tempat sepakbola.
  • Mushola. Lokasinya berada 1 tempat dengan lokasi parkir,
  • Wahana Playground. Nah, bagi kamu yang membawa anak kecil tapi si kecil tidak mau dibawa ke air terjun, maka kamu bisa mengajaknya bermain di wahana playground yang lokasinya berada di dekat tempat parkir.
  • Kolam Renang. Kolam renang ini berada di dekat tempat parkir. Namun sayangnya kondisinya kurang terawat.
  • Bumi perkemahan. Air terjun Ironggolo ini juga dilengkapi dengan bumi perkemahan agar pengunjung bisa merasakan sensasi berkemah di dekat air terjun Ironggolo ini.
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Di air terjun Dolo ini pembaca bisa melakukan kegiatan wisata:
  • Wisata Alam.
  • Wisata Keluarga.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah, guys di air terjun Dolo ini pembaca bisa melakukan kegiatan di bawah ini:

  • Foto-foto. Air terjun ini cocok banget buat kamu yang suka fotografi.
  • Piknik. Tempat ini juga cocok buat kamu yang ingin piknik bersama keluarga sambil menikmati suasana alam.
  • Main air. Tempat ini juga cocok buat kamu basah-basahan. Tapi siap-siap juga kamu harus kedinginan karena airnya dingin banget.
  • Berkemah. Di kawasan air terjun, kamu juga bisa mengajak temanmu untuk berkenah di sini, karena terdapat bu,i perkemahan yang lumayan luas

Kendaraan yang Bisa Masuk


Akses menuju air terjun Dolo ini lumayan mulus dan lebar. Yah walaupun ada beberapa tanjakan tajam dan jalannya berkelok-kelok. Jadi kendaraan yang bisa menjangkau ke air terjun ini adalah:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf
  • Bus ukuran sedang.

Tempat Wisata di Sekitar


Pembaca kalau belum capek, pembaca bisa menikmati beberapa lokasi wisata di sekitar air terjun Dolo yaitu:




Gambar Belum Tersedia
Taman Langit
Legenda

 

Pada zaman kerajaan  Kediri, ada sebuah kerajaan kecil di bagian barat Gunung Wilis yang akan merebut kekuasaan kerajaan Kediri. Maka, diutuslah seorang panglima untuk memimpin pasukan. Nama panglima perang tersebut adalah Iro Manggolo. Namun sang raja berpesan kepada Iro Manggolo bahwa ia tidak diperbolehkan pulang jika mendapatkan hasil nihil setelah perang tersebut.

Akhirnya berangkatlah pasukan tersebut untuk meyerang kerajaan Kediri. Hingga pada suatu momen, kedua panglima perang kedua kerajaan tersebut bertemu dan beradu kesaktian. Namun sial, Iro Manggolo kalah dalam pertempuran tersebut.

Akhirnya, Iro Manggolo dan pasukannya mengasingkan diri di lereng timur Gunung Wilis karena tidak berhasil mengemban tugas sang raja hingga akhir hayatnya. Akhirnya mereka pun menjadi generasi awal alias nenek moyang warga Besuki. Hingga nama panglima tersebut dijadikan sebagai nama sebuah air terjun di desa Besuki.

Mbrasak Yuk


Nah pembaca, jika kamu berkunjung ke air terjun Dholo, jangan lupa untuk mampir ke air terjun Ironggolo ini. Air terjun ini menurut beberapa sumber ketinggiannya mencapai 80 meter. Namun saat saya ke sini kok tingginya cuma sekitar 25 meter ya!? Apakah sisa 55 meter ketinggiannya berada di balik rimbunnya hutan di air terjun yang terlihat ini ya? Hmmm... Perlu dibuktikan #BukanSaya #SayaLelah #TeparMaksimal . Karena saya habis dihajar trek air terjun Dolo .

Nah, untungnya jalan setapak menuju ke air terjun Ironggolo ini nggak "sejahanam" jalan menuju air terjun Dolo. Karena dari tempat parkir menuju air terjun jarak tempuhnya hanya 200 meter saja. Dan hanya menuruni beberapa anak tangga saja yang mungkin jumlahnya tak sampai 40 anak tangga #NggakNgitung.

Nah, air terjun ini memiliki bentuk yang unik. Karena aliran airnya mengalir melewati formasi batuan yang mirip anak tangga. Jadi semacam tangga tapi dialiri air #MasaSih. Ada yang mengatakan jika formasi batuan ini berasal dari lava beku dari letusan Gunung Wilis purba. Hmmm perlu dibuktikan nih. 

Yuk langsung saja kita nikmati pesona air terjun Ironggolo ini.














Bagaimana? Pembaca tertarik mengunjungi air terjun Ironggolo? Jadi, ayo mbrasak sekarang.

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
  2. Pastikan kondisi kendaraan kamu prima guys.
  3. Siapkan fisik anda.
  4. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  5. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  6. Gunakan sandal anti selip.
  7. Bawalah bekal sendiri karena sebagian warung buka hanya pas weekend atau hari libur.
Koordinat GPS: 07°51′49.9″S 111°51′02.3″E

Komentar