Air terjun bertingkat itu bernama Coban Gedangan



Satu lagi, Malang menunjukkan pesonanya yang seakan tiada habisnya. Kali ini saya mengexplore Coban Gedangan. Coban ini sebenarnya belum bernama, tetapi karena berada di desa Gedangan maka saya namakan Coban Gedangan saja ya. Secara administratif Coban Gedangan berada di desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Dan berbatasan dengan Kecamatan Sumber Manjing Wetan di sebelah timur air terjun ini.



Coban Gedangan memiliki 2 aliran air dan bertingkat 2 dengan ketinggian 15 meter. Di bawah air terjun ini juga terdapat kolam alami yang bisa dibuat untuk berenang. Letak air terjun ini berada persis di jembatan kecil penghubung Gedangan-Sumbermanjing Wetan. Sehingga trekingnya tidak terlalu jauh. Namun, saat saya ke sana belum ada akses langsung menuju air terjun sehingga saya harus "mbrasak" ke kebun warga. Semoga saja ngga dimarahin yag punya kebun. Hehehe.

Untuk menuju Coban Gedangan ini jika kamu start dari Malang/Kepanjen/Lumajang. Arahkan kendaraanmu menuju Gondanglegi-Sidorejo-Clumprit-Putat-Sumber Nanas-Gedangan. Sampai di desa Gedangan, saat berada di pelukanmu pertigaan yang kalau belok kanan k Pantai Bajulmati, dari situ lurus saja hingga menjumpai pemakaman. Kemudian belok kanan mentok belok kiri mentok. Ikuti jalan tersebut hingga jalan menurun dan ada rumah sebelum jembatan.Parkirkan kendaraanmu di rumah tersebut dilanjut trekking sejauh 200 meter dengan jalan yang menurun  dan licin bila habis diguyur hujan. Dan berikut ini adalah penampakan Coban Gedangan.












Oh ya 200 meter di bawah coban Gedangan masih ada air terjun lagi lho. Tinggal treking lagi. Naik ke atas coban Gedangan lalu melewati jalan setapak dan persawahan warga. Permisi pak tani, bu tani saya mau numpang lewat. Saya ga ganggu kok. hehehe *Malah Nglindur*. Dan sampailah kita di Coban Gedangan II. Coban Gedangan II ini bertingkat 2 dengan tingkat atas berketinggian 6 meter dan aliran airnya di celah bebatuan. Sedangkan air terjun bawah berketinggian 3 meter saja.








Selain itu saya juga mendapat bonus kecil-kecilan dari trip ini. Berikut bonusnya:

Jeram di sungai  aliran Coban Gedangan

Air terjun kecil di persawahan warga.



Koordinat Saran Ane :
  1. Siapkan fisik anda
  2. Karena belum ada petunjuk jalan, setibanya di desa Gedangan, sering-seringlah bertanya pada warga. 
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Perhatikan cuaca, jika cuaca buruk urungkan niat anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
  5. Hormati kearifan lokal dan peraturan warga lokal. 
KoordinatGPS=

1. Coban Gedangan 1 = 08°18′36.9″S 112°40′03.1″E
2. Coban Gedangan 2 = 08°18′40.3″S 112°40′01.3″E

Komentar