Yuk Mbolang ke Pantai Molang

Pantai Molang adalah sebuah pantai berpasir putih yang berada di perbatasan kabupaten Tulungagung dan kabupaten Blitar. Di tengah pantai ini, mengalir sebuah sungai yang menjadi batas alami antara Kabupaten Blitar dan Tulungagung. (Berdasarkan google map). Jadi pantai Molang yang berada di sebelah barat sungai tersebut berada di wilayah desa Pucanglaban, kecamatan Pucanglaban, kabupaten Tulungagung. Sedangkan pantai Molang yang berada di timur sungai tersebut berada di wilayah desa Plandirejo, kecamatan Bakung, Blitar. 

Informasi Rute

1.   Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Blitar: pacu kendaraanmu menuju Kademangan. Dari Kademangan ikuti jalan raya menuju pantai Tambakrejo, hingga tiba di perempatan Suruhwadang. Dari perempatan Suruhwadang belok kanan saja melewati desa Kebonsari-Maron-Panggungduwet. Di pertigaan Panggungduwet belok kanan hingga tiba di pertigaan Pasar Puser. 


Di pertigaan Pasar Puser, belok kiri. Ikuti jalan menuju desa Pucanglaban. Tiba di desa Pucanglaban, lurus saja menuju tambak udang. Nah pantai Molang ini berada di selatan tambak udang tersebut.


Dari Tulungagung: pacu kendaraanmu menuju Ngunut. Di pertigaan pasar Ngunut, belok kanan hingga mentok di pertigaan pasar Panjerejo. Di pertigaan Panjerejo, belok kiri. Tiba di perigaan pertama belok kanan mentok. Belok kanan lagi. Hingga sampai di pertigaan besar. Dari pertigaan besar itu belok kiri hingga tiba di desa Pucanglaban. Setibanya di desa Pucanglaban, lurus saja menuju tambak udang. Nah pantai Molang ini berada di selatan tambak udang tersebut.


Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir

Pantai Molang ini walaupun berada di dekat kawasan tambak udang, ternyata belum dikelolauntuk dijadikan tempat wisata. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mengunjungi pantai Molang ini alias gratis.

Fasilitas

Karena Pantai ini belum dikelola jadi fasilitas di sini hanya tempat parkir saja.
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Akses menuju pantai Molang ini sebenarnya sudah mulud, hanya pada 4 km terakhir sebelum tiba di pantai Molang ini, jalannya berubah menjadi jalan aspal yang rusak parah dan makadam, jadi pantai Molang ini hanya cocok dijadikan sebagai wisata alam.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah, jika kamu berlibur ke pantai Molang, kamu bisa melakukan aktivitas keren ini.

  • Bermain pasir. Nah, jika kamu hobi bermain pasir, tempat ini juga bisa menyalurkan kegemaran kamu lho. Kamu bisa membuat bermacam bangunan atau karakter lain dengan pasir pantai Molang ini. Atau bisa juga main pendam pasir bareng teman kamu.
  • Menikmati suasana alam. Bagi kamu yang gak suka pecicilan (baca: banyak tingkah), kamu bisa menikmati deburan ombak samudra Hindia di pantai Molang ini sambil berteduh di bawah pohon ditemani hembusan angin yang sepoi-sepoi. Benar-benar syahdu guys. Bisa juga pasang hammock di sekitar pantai Molang ini terus tiduran deh.
  • Camping. Bagi kamu yang memiliki hobi "menginap di alam terbuka" ini. Kamu  bisa mendirikan tenda kamu baik di puncak bukitnya atau di dekat pasir pantainya
NB:Tidak disarankan berenang. Ombak Ganas
 

Kendaraan yang Bisa Masuk

Nah, karena akses menuju pantai Molang ini tidak begitu lebar, maka hanya beberapa kendaraan ini saja yang bisa menjangkau ke pantai Molang:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil (diparkir di pucak bukit).
NB : Jalan menuju pantai Molang masih agak susah karena jalan di desa Pucanglaban jalan aspalnya banyak yang mengelupas dan ada yang masih berupa jalan makadam. 

Tempat Wisata di Sekitar

Setelah puas menikmati keindahan pantai Molang ini, kamu bisa melanjutkan liburan kamu ke:
Mbrasak Yuk


Setelah menikmati keindahan pantai Pacar. Saya pun melanjutkan perjalanan menuju pantai Molang. Pantai Molang ini berada di timur pantai Pacar. Jaraknya sekitar 500 meter dari pantai Pacar. Dekat bangetlah sama Pantai Pacar.

Seperti yang saya sebutkan di atas tadi, pantai Molang ini terbagi menjadi 2 bagian oleh sungai yang mengalir di tengah-tengah pantai Molang ini sekaligus sungai yang menjadi batas alami kabupaten Tulungagung dan kabupaten Blitar.

Uniknya, pantai Molang sisi barat dan sisi timur ini memiliki karakteristik yang berbeda. Yaitu pantai Molang yang berada di barat sungai ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup memanjakan mata.


Pantai Molang sisi barat

Batu Karang di Pantai Molang Barat
Muara sungai Pantai Molang

Kepiting Pasir di Pantai Molang
Sungai mengalir indah ke samudra

Sedangkan Pantai Molang sisi timur sungai ini. Mayoritas didominasi oleh batuan karang. Jadi seolah-olah terlihat seperti benteng alam yang melindungi pepohonan di bibir pantai Molang ini. 






Nah pembaca yakin gak mau liburan ke pantai Molang? Rugi banget lho kalau kamu ke Tulungagung tapi tidak liburan ke pantai Molang yang eksotis ini.  Jadi ayo Mbrasak sekarang.


Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera pulang. Dikhawatirkan nanti terseret gelombang laut atau kondisi jalan semakin licin.
  2. Mandi di laut tidak disarankan karena ombaknya ganas
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  5. Siapkan fisik dan kondisi motor anda. Semua harus prima
  6. Jangan malu bertanya agar tidak tersesat.
Koordinat GPS: 08°18′41.5″S 112°01′37.6″E

Komentar