Ayo ke Jurug Muncar yang Ada di Blitar

Kecamatan Bakung, adalah kecamatan yang berada di ujung barat daya kabupaten Blitar. Letak kecamatan ini memiliki kontur yang berbukit-bukit serta berbatasan langsung dengan samudra Hindia di sebelah selatannya. Jadi, jangan heran kalau di kecamatan Bakung ini kamu bisa menemukan beberapa pantai dan air terjun.  Salah satunya ya air terjun Jurug Muncar ini. Suasana air terjun Jurug Muncar ini masih asri dan bersih lho.
Informasi Rute

Dari Blitar: Pacu kendaraanmu melintasi jalan raya Blitar-Tulungagung. Setelah melintasi jembatan Trisula / jembatan Kademangan belok kiri, melewati jalan raya Kademangan-Pantai Tambakrejo. Setibanya di perempatan Gawang, desa Pasiraman, kecamatan Wonotirto (perempatan setelah puskesmas Wonotirto). Beloklah ke kanan menuju Bakung. Setelah melewati monumen Trisula jalan terus saja hingga menyeberangi jembatan. Setelah menyeberangi jembatan ada pertigaan belok kiri hingga menjumpai persimpangan yang terdapat banner air terjun Jurug Muncar. Di persimpangan tersebut belok kanan hingga tiba di kampung terakhir. Titipkan kendaraanmu di sana dan lanjutkan jalan kaki melintasi perkebunan warga hingga sampai di  air terjun.

Dari Tulungagung: Pacu kendaraanmu melintasi jalan raya Tulungagung-Blitar melewati kecamatan Ngunut-Rejotangan-Kademangan. Lalu setelah melewati jembatan Kademangan putar baliklah menuju jalan raya Kademangan-Pantai Tambakrejo. Setibanya di perempatan Gawang, desa Pasiraman, kecamatan Wonotirto (perempatan setelah puskesmas Wonotirto). Beloklah ke kanan menuju Bakung. Setelah melewati monumen Trisula jalan terus saja hingga menyeberangi jembatan. Setelah menyeberangi jembatan ada pertigaan belok kiri hingga menjumpai persimpangan yang terdapat banner air terjun Jurug Muncar. Di persimpangan tersebut belok kanan hingga tiba di kampung terakhir. Titipkan kendaraanmu di sana dan lanjutkan jalan kaki melintasi perkebunan warga hingga sampai di  air terjun.

Informasi Harga

Karena air terjun Jurug Muncar ini belum dikelola sebagai tempat wisata, maka di air terjun ini belum ada retribusinya. Tetapi jika kamu memarkirkan kendaraanmu di rumah/halaman warga sebaiknya kamu memberikan ongkos parkir sepantasnya sebagai imbalan.

Fasilitas

Air terjun Jurug Muncar ini kondisinya masih alami, jadi belum ada fasilitas yang dibangun khusus untuk wisatawan. Hanya ada beberapa fasilitas seperti:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
NB: Fasilitas tersebut masih dimiliki secara pribadi oleh masyarakat setempat.
Jenis Wisata Yang Bisa Dilakukan

Akses menuju air terjun Jurug Muncar ini tergolong mudah. Namun untuk jalan setapaknya kita harus menuruni bukit dan melintasi perkebunan warga. Jika saat pulang, jalurnya berupa tanjakan yang lumayan menguras tenaga. Jadi, air terjun ini cocok dijadikan tempat wisata alam. Namun, tempat ini juga cocok dijadikan tempat wisata keluarga jika keluargamu terbiasa melakukan kegiatan fisik.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah biar gak jenuh saat berlibur di air terjun Jurug Muncar, lakukan hal-hal kece berikut ini:
  • Mandi/Berenang di air terjun. Jika sudah mahir berenang, kamu bisa mencoba berenang di kedung / kolam alami di bawah air terjun yang bawah (tinggi), karena arus air di kedung air terjun bawah ini tidak terlalu kencang jadi, lumayan aman untuk berenang. Tapi jika tidak bisa berenang ya jangan nekat berenang tanpa pelampung karena kedungnya lumayan dalam lho. Tapi, bagi kamu yang tidak bisa berenang, kamu tetap bisa menikmati segarnya air terjun ini dengan tiduran di aliran sungainya kok. Hehehe
  • Berkemah. Selain cocok untuk melakukan kegiatan extreme , di sebelah barat air terjun ini juga terdapat tanah lapang yang bisa kamu pakai untuk lokasi membangun tenda. Lokasinya cukuplah untuk membangun 10 tenda berukuran kecil.
  • Foto-foto. Bagi kamu yang suka fotografi maupun selfie. Air terjun Jurug Muncar ini recomended banget buat kamu kunjungi. Karena di air terjun ini terdapat beberapa spot foto yang menarik. Selain ada 2 air terjun, di area air terjun ini juga terdapat beberapa cekungan berbentuk sumur mini yang lumayan banyak. Jika saat musim hujan, cekungan ini terisi air , jadi bisa kamu gunakan sebagai tempat berendam. Kedalaman airnya pun mulai dari sepaha hingga seperut orang dewasa. Jadi aman banget lah. Selain itu, aliran sungai di air terjun ini lumayan indah gan.
  • Tiduran di Hammock. Bagi kamu yang lebih suka menikmati alam sambil bersantai, kamu juga bisa memasang hammock di sekitar air terjun karena di area air terjun ini juga banyak pohonnya kok.
Kendaraan yang Bisa Masuk

Akses jalan menuju air terjun ini lumayan mulus. Namun, akses jalan menuju kampung terakhir hanya sebuah jalan desa yang lebarnya sekitar 3 meter saja, namun kondisinya lumayan mulus kok. Jadi, beberapa jenis kendaraan yang bisa menjangkau air terjun Jurug Muncar ini adalah:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf
Tempat Wisata di Sekitar

Jika kamu masih belum capek setelah menikmati keindahan air terjun Jurug Muncar ini, kamu masih belum capek, kamu bisa lanjut liburan ke:

Gambar Belum Tersedia
    Air Terjun Tirto Galuh
    Monumen Trisula
    Pantai Pasur
    Gambar Belum Tersedia
    Pantai dan Air Terjun Umbulwaru
    Mbrasak Yuk

Kamun ingin merasakan sensasi prusutan di air terjun atau bahasa "kerennya" waterfall sliding? Nah, mungkin air terjun Jurug Muncar ini mungkin adalah jawabannya. Karena bentuk air terjunnya tidak tegak lurus seperti kebanyakan air terjun. Melainkan bentuk aliran air terjunnya miring.

Nah, akses menuju air terjun ini tergolong mudah kok. Walaupun belum di kelola sebagai tempat wisata. Setelah memarkirkan kendaraan mu di pekarangan rumah warga, perjalanan menuju air terjun akan melewati jalan setapak yang menuruni bukit dan melintasi perkebunan warga. Jarak tempuhnya gak jauh kok sekitar berjalan kaki sekitar 300 meter. Kamu sudah tiba di air terjunnya.

Air terjun Jurug Muncar ini memiliki 2 aliran air terjun yaitu yang ada di atas dan ada di bawah. Air terjun yang atas ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter. Namun, walaupun kecil. Jangan remehkan air terjun ini. Karena, air terjun ini memiliki kolam yang sangat dalam bahkan saya mencoba mencelupkan sebatang bambu yang panjangnya sekitar 5 meter dan itu pun belum mencapai dasar air terjunnya. Ditambah dengan pusaran air yang ada di kolam ini. Jadi, air terjun ini bahaya banget jika dipakai untuk berenang.

Nah di antara air terjun atas dan air terjun bawah ini terdapat puluhan cerukan berbentuk lingkaran yang akan terisi air dan menyerupai sumur di saat musim hujan. Tapi, tenang, kedalaman cerukan ini tak sampai 1 meter kok. Jadi aman banget buat berendam.

Nah, kalau air terjun yang bawah ini memiliki ketiggian sekitart 12 meter. Nah, aliran air terjun ini bentuknya miring. Jadi menurut sya, air terjun ini bisa kamu buat sebagai titik melakukan kegiatan extreme seperti waterfall sliding, ataupun kayaking. Tetapi, jika ada dahan pohon atau rumpun bambu yang melintang sebaiknya dibersihkan dulu ya. Agar tidak mengganggu kegiatan extreme kamu. Nah, jika kamu ingin mencoba waterfall slide sebaiknya kamu memakai pakaian / alas yang tebal dan anti robek karena batu di aliran air terjun ini lumayan kasar.

Selain itu kolam atau kedung di bawah air terjun ini lumayan luas dan dalam tapi aliran puisaran airnya tidak sekuat air terjun yang atas. Jadi, air terjun ini relatif aman  untuk yang sudah bisa berenang dan relatif bahaya jika belum bisa berenang. Jadi, kalau belumk bisa berenangg ya jangan nekat nyemplung ke kolamnya ya. Nah, selain itu di bawah air terjun ini aliran sungainya memiliki bentuk yang unik dengan melewati lekukan-lekukan batu di sungainya.

Bagaimana? Apakah kamu juga tertarik menikmati keindahan air terjun Jurug Muncar ini? Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:

1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
    2. Siapkan fisik anda.
    3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
    4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
    5. Gunakan sandal anti selip.
    6. Bawalah bekal sendiri karena sebagian warung buka hanya pas weekend atau hari libur.