Melancong Dulu Ke Kedung Entong

Kamu mau mencari air terjun cantik dengan kondisi yang masih sepi dan jarak treking yang tidak terlalu jauh? Mungkin kamu akan menemukan jawabannya jika kamu berlibur ke air terjun Kedung Entong. Bagaimana tidak? Lha wong air terjun ini masih alami. Jika kamu berkunjung ke sini  sendirian, kamu bisa menikmati keindahan air terjun ini sambil mendengarkan kicauan burung. Nah, jika kamu takut berkunjung ke sini sendirian. Kamu bisa ajak teman kamu untuk liburan bareng ke air terjun ini.

Informasi Rute

Dari Kota Blitar: Pacu kendaraanmu menuju Kademangan, setibanya di Kademangan, arahkan kendaraanmu mengikuti jalan raya menuju pantai Tambakrejo, hingga tiba di perempatan desa Suruhwadang. Dari perempatan Suruhwadang belok kanan. Melewati desa Kebonsari-Maron-Panggungduwet. Tiba di pertigaan Panggungduwet lurus hingga jembatan. Nah sebelum tiba di jembatan tersebut ada pertigaan. Belok kiri mentok, lalu belok kanan.Setibanya di perkampungan, titipkan kendaraanmu dan tanya warga jalan menuju Kedung Entong.

Dari Tulungagung: Pacu kendaraanmu menuju Ngunut,Di pertigaan pasar Ngunut, belok kanan hingga mentok di pertigaan pasar Panjerejo. Belok kiri sekitar 100 meter, lalu belok kanan mentok. Belok kanan lagi hingga menjumpai pertigaan, belok kiri menuju desa Pucanglaban. Setelah melewati pasar Puser (pasar pertama setelah menaiki bukit) ada pertigaan, belok kiri hingga mentok di pertigaan desa Panggungduwet, belok kanan hingga jembatan. Nah sebelum tiba di jembatan tersebut ada pertigaan. Belok kiri mentok, lalu belok kanan.Setibanya di perkampungan, titipkan kendaraanmu dan tanya warga jalan menuju Kedung Entong.

Informasi Harga Tiket

1. Harga HTM: Gratis
  2. Harga Parkir: Seikhlasnya (Saya sarankan Rp 5.000,-).
Fasilitas

Air terjun Kedung Entong ini belum dikelola menjadi tempat wisata, jadi belum ada fasilitas apapun di air terjun Kedung Entong ini

Jenis Wisata Yang Bisa Dilakukan

Karena belum ada fasisilatanya, air terjun Kedung Entong ini hanya cocok untuk wisata alam saja

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Nah, supaya liburan kamu ke air terjun ini berkesan, kamu bisa melakukan hal-hal keren ini:
  • Main Air. Main air yang dimaksud di sini adalah ya main air di zona yang dangkal aja. Jangan coba-coba nyemplung ke kedungnya kalau kamu gak mahir berenang. Kedungnya dalam banget lho guys.
  • Berswafoto di sekitar air terjun. Nah, keindahan air terjun Kedung Entong ini bagus banget buat kamu abadikan dengan kamera kamu. Tetap hati-hati ya, jangan melakukan hal-hal berbahaya saat berfoto, ingatlah nyawamu lebih berharga dari foto-fotomu.
  • Menikmati Suasana Air Terjun. Suasana yang masih alami dan asri, membuat kamu betah berlama-lama ingin menikmati suasana air terjun ini. Bisa sambil hammock an, atau bercanda bareng teman.
Kendaraan yang Bisa Masuk

Karena akses jalan menuju air terjun Kedung Entong ini tergolong masih sempit, jadi hanya beberapa jenis kendaraan ini saja yang bisa menjangkau ke air terjun Kedung Entong ini:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
Tempat Wisata di Sekitar

Nah Jika, kamu belum capek, kamu bisa melanjutkan liburanmu ke tempat wisata terdekat ini

Gambar Belum Tersedia
Air Terjun Tirto Galuh
Monumen Trisula
Air Terjun Gua Luweng

Legenda

Nama Air terjun Kedung Entong ini berasal dari warga yang menganggap bentuk aliran air terjun dan karakteristik kedungnya yang memiliki bentuk mirip seperti entong (sendok nasi). Di air terjun Kedung Entong ini juga terdapat mitos yaitu adanya buaya putih yang tinggal di kedung (kolam) air terjunnya.

Mbrasak Yuk

Air terjun di desa Pulerejo, kecamatan Bakung, kabupaten Blitar ini memiliki ketinggian hanya sekitar 5 meter saja. Namun memiliki aliran air terjun yang berundak dan berkelok. Serta di bawahnya terdapat sebuah kedung(kolam) yang lumayan luas dan dalam. Suasana di sekitar air terjun ini pun masih terjaga keasriannya sehingga bagi kamu penghobi wisata alam, dijamin kamu akan betah berlama-lama menikmati keindahan air terjun ini.

Jalur treking menuju air terjun ini bisa dengan 2 cara yaitu susur sungai atau melewati ladang. Jika kamu ingin menuju air terjun ini dengan susur sungai, dari perkampungan warga kamu, lurus saja hingga menjumpai jembatan. Nah sungai yang mengalir di bawah jembatan itu adalah sungai yang mengalir di air terjun Kedung Entong tadi. Jadi, kamu tinggal turun ke sungai dan meyusuri sungai ke arah hulu.

Atau jika kamu mau menuju air terjun Kedung Entong dengan melewati ladang. Kamu akan melewati jalan setapak dan pematang sawah. Susuri jalan setapak yang berada di pinggir sungai hingga bertemu jalan turun menuju air terjun Kedung Entong. Berhati-hatilah jika kamu menuruni jalan setapaknya. Agar kamu tidak jatuh ke dalam pelukanku. Nah, setelah melewati itu semua tibalah kamu di air terjun Kedung Entong.

Nah, jika kamu hobi panjat memanjat, kamu bisa menaiki aliran air terjun untuk bisa menikmati air terjun kecil (anggap saja bonus) di atas air terjun Kedung Entong.

Bagaimana? Tertarik menikmati keindahan air terjun Kedung Entong? Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:

1. Jika cuaca memburuk, hindari sungai agar tidak terseret banjir.
    2. Jika tidak bisa berenang, jangan coba-coba menceburkan diri ke dalam kedung (kolam).
    3. Siapkan fisik dan kondisi motor anda agar tetap prima.
    4. Bawa bekal secukupnya, karena belum ada penjual makanan.
    5. Gunakan sandal anti selip agar tidak terpeleset
    6. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun selain jejak langkahmu.
    7. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga sekitar.