Jangan Bingung di Air Terjun Coban Gintung


Halo pembaca, ceritanya saya lagi iseng-iseng buka galeri nih hehehe... Tapi lah kok malah nemu beberapa foto Coban Gintung ini. Daripada melempem di galeri laptop saya #WihPamer #DitimpukPakeLaptop. Sebenarnya trip ini saya lakukan pada bulan Juni 2016 lalu, tepatnya pas bulan Ramadhan #LagiNyariTempatAdem . Jadi bisa dibilang ini adalah posting yang amat teramat sangat telat banget sekali. #Payah Sekian sedikit curhat dari saya. Cerita perjalananku selengkapnya ada di bawah ini hehehe.

Informasi Rute
1.   Jika kamu pakai kendaraan pribadi:


Dari Malang / Kepanjen: pacu kendaraanmu menuju Gondanglegi-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading hingga ada banner Coban Sewu lalu ikuti petunjuk arah yang ada. Setelah kamu sampai di lapangan desa Sidorenggo, belok ke selatan hingga bertemu petunjuk ke Coban Gintung.

Dari Lumajang: arahkan kendaraan anda menuju Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo dan terus saja sampai melewati gapura batas kabupaten Malang. Ikuti jalan raya hingga ada banner Coban Sewu lalu ikuti petunjuk arah yang ada. Setelah kamu sampai di lapangan desa Sidorenggo, belok ke selatan hingga bertemu petunjuk ke Coban Gintung.


Dari Surabaya: Pacu kendaraanmu menuju Sidoarjo-Pasuruan-Malang-Lumajang. Nah, sebelum tiba di perbatasan Malang-Lumajang, nanti kamu akan melihat
banner Coban Sewu lalu ikuti petunjuk arah yang ada. Setelah kamu sampai di lapangan desa Sidorenggo, belok ke selatan hingga bertemu petunjuk ke Coban Gintung.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir

1.             Harga Tiket Masuk = Rp 5.000,-/orang  
2.             Harga Parkir = Rp 5.000,-(sepeda motor) dan Rp 10.000,-(mobil/bis)

Fasilitas


Fasilitas yang sudah tersedia di wisata air terjun Coban Gintung antara lain:
  • Kamar Mandi
  • WC
  • Warung Makan.
Semuanya ada di dekat parkiran, sebelum turun ke air terjun
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Akses menuju air terjun Coban Gintung dan Gua Naga ini lumayan mulus tapi jika kamu mengendarai mobil, kamu hanya sampai di pertigaan terakhir menuju air terjun karena jalurnya yng lumayan sempit. Eiitts tenang jarak dari persimpangan menuju pos loket air terjun cuma sekitar 300 meter saja. Tapi, kalau kamu mengendarai sepeda motor, kamu bisa sampai ke pos loket air terjun. Perjalalan lalu dilanjutkan dengan jalan kaki. Jadi, air terjun Coban Gintung dan air terjun Gua Naga ini bisa buat wisata:
  • Wisata Alam
  • Wisata Keluarga 

Kegiatan yang Bisa Dilakukan 

Nah, di wisata air terjun ini kamu jangan diam saja pembaca. Lakukan beberapa aktivitas di bawah ini biar kamu gak bosan:
  • Berenang. Cara menikmati air terjun secara maksimal. Tapi airnya brrr.... Dingin banget..
  • Main air di bawah air terjunnya. Air terjun Coban Gintung ini lumayan dingin. Jika kamu tidak kuat dinginnya, kamu cukup bermain air di aliran sungai air terjun Coban Gintung ini.
  • Foto-foto di semacam rumah pohon. Nah dik depan air terjun Coban Gintung ini ada semacam rumah pohon yang photogenic banget buat kamu jepret.
  • Duduk manis sambil menghirup udara segar dan mendengarkan suasana alam. Mau 
  • Camping? Bisa kok. Tapi kamu harus izin dulu ya sama pengelola air terjunnya.

Kendaraan yang Bisa Masuk
Nah guys, kendaraan yang bisa mendekat ke Air Terjun Coban Gintung dan Coban Gua Naga ini yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda motor
  • Mobil
  • Elf. 
NB: Namun, hanya sepeda dan sepeda motor saja yang tiba di parkiran yang dekat dengan air terjun. Sedangkan mobil dan elf diparkir di rumah warga lanjut berjalan kaki sejauh 400 meter. 
Tempat Wisata di Sekitar

Setelah puas main di air terjun Coban Gintung dan Coban Naga Gintung. Jika kamu belum capek. Kamu bisa melanjutkan liburan ke sini ya:
Mbrasak Yuk
 

Cuaca yang panas hari itu membuatku hampir "tepar". Daripada mokel lebih baik cari tempat buat ngadem hehehe. Akhirnya setelah tanya-tanya ke mbah google akhirnya kutemukan artikel yang membahas air terjun ini. Akhirnya aku pun cus ke air terjun Coban Gintung ini. Terlebih berdasarkan informasi tadi jalurnya ga begitu ekstrim.

Perjalanan pun dimulai. Aku yang setengah klenger ini harus mengemban misi #Hah? agar puasaku hari itu tidak batal. Setelah 2 jam mengendarai motor. Akhirnya saya sampai juga di air terjun ini. Eh ternyata ada 2 air terjun lho di lokasi ini #Asyik

Air terjun pertama yang saya kunjungi namanya Coban Gintung. Coban ini memiliki kolam alami di bawah aliran air terjunnya. Di depan air terjun ini terdapat bangunan semacam rumah pohon yang Instagramable banget buat kamu. 







Setelah puas menikmati keindahan Coban Gintung, saya pun melanjutkan perjalanan ke air terjun Coban Gua Naga. Lokasinya berada di atas Coban Gintung. Dinamakan Coban Gua Naga karena di sekitar air terjun ini terdapat gua purbanya. Jika kamu mau masuk ke guanya kamu harus izin dulu ke pengelola Air Terjun Coban Gintung dulu ya.


Nah pas pulang kok saya lihat ada air terjun di seberang sana. Wah bisa diagendakan nih. Menurut warga, air terjun itu namanya Coban Brojo. Kapan ya aku bisa ke sana?



Nah sekarang sudah tahu air terjun Coban Gintung kan? Jadi, Ayo Mbrasak sekarang.


Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
  2. Siapkan fisik anda karena trekingnya lumayan jauh dengan jalur yang naik turun.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
Koordinat GPS : 08°15′09.4″S 112°54′50″E

Komentar