Trip Kece ke Air Terjun Tundolawe

Halo Pembaca...!!! Pembaca sudah pernah ke Air terjun Tundo Lawe? Jika belum, segeralah berkunjung ke air terjun Tundo Lawe. FYI, air terjun ini  mulai dibuka sebagai wana wisata pada bulan November 2016. Jadi maklum saja kalau banyak yang belum kenal dengan air terjun ini. Air Terjun ini berada di dusun Kruwuk, desa Gadungan, kecamatan Gandusari, kabupaten Blitar.  Jadi, sekarang yuk kenalan dengan air terjun Tundo Lawe.

Informasi Rute

Dari Blitar: Arahkan kendaraanmu menuju Garum-Talun-Gandusari. Di perempatan utara polsek Gandusari lurus saja menuju dam Ngusri. Sebelum tiba di bendungan Ngusri, beloklah ke kiri melewati cekdam. Nah nanti saat kamu melewati jalan ini kamu lurus saja. Setelah melewati pertigaan tersebut , sudah banyak petunjuk arah menuju air terjun Tundolawe.

Dari Kepanjen(Malang): Arahkan kendaraanmu menuju Sumber Pucung-Selorejo-Kesamben-Wlingi-Talun-Gandusari-Desa Gadungan-Waduk Ngusri. Sebelum tiba di bendungan Ngusri, beloklah ke kiri melewati cekdam. Nah nanti saat kamu melewati jalan ini kamu lurus saja. Setelah melewati pertigaan tersebut , sudah banyak petunjuk arah menuju air terjun Tundolawe.

Dari Jombang/Pare(Kediri): Arahkan kendaraanmu menuju Kandangan - Kasembon - Ngantang - Waduk Selorejo - Desa Pagersari - Desa Krisik - Desa Semen - Desa Soso - Desa Ngaringan - Pasar Ngentak - Waduk Ngusri. Sebelum tiba di bendungan Ngusri, beloklah ke kiri melewati cekdam. Nah nanti saat kamu melewati jalan ini kamu lurus saja. Setelah melewati pertigaan tersebut , sudah banyak petunjuk arah menuju air terjun Tundolawe.

Dari Kota Batu: Arahkan kendaraanmu menuju Pujon - Waduk Selorejo - Desa Pagersari - Desa Krisik - Desa Semen - Desa Soso - Desa Ngaringan - Pasar Ngentak - Waduk Ngusri. Sebelum tiba di bendungan Ngusri, beloklah ke kiri melewati cekdam. Nah nanti saat kamu melewati jalan ini kamu lurus saja. Setelah melewati pertigaan tersebut , sudah banyak petunjuk arah menuju air terjun Tundolawe.

Dari Surabaya: Arahkan kendaraanmu menuju Sidoarjo-Pasuruan-Malang-Blitar. Setibanya di Blitar, arahkan kendaraanmu menuju kecamatan Selorejo-Kesamben-Wlingi-Talun-Gandusari. Di perempatan utara polsek Gandusari lurus saja menuju dam Ngusri. Sebelum tiba di bendungan Ngusri, beloklah ke kiri melewati cekdam. Nah nanti saat kamu melewati jalan ini kamu lurus saja. Setelah melewati pertigaan tersebut , sudah banyak petunjuk arah menuju air terjun Tundolawe.

Informasi Harga
  1. Harga Tiket Masuk =Rp 5.000,-/orang
  2. Harga Parkir Sepeda Motor =Rp 2.000,-/unit
Fasilitas

Air terjun Tundolawe ini masih tergolong temoat wisata yang masih baru. Akses dan fasilitas di air terjun Tundolawe ini pun masih tergolong sederhana karena dibangun oleh masyarakat secara swadaya. Fasilitas tersebut di antaranya:
  • Tempat parkir.Tempat parkir air terjun Tundolawe ini masih tergolong sederhana karena lokasinya berada di perkebunan kopi. Tapi sudah ada yang jaga parkirnya kok. Lokasi tempat parkir ke air terjun sekitar 2 km.
  • Jembatan Bambu. Untuk menuju air terjun Tundolawe ini, kamu harus menyeberang sungai beberapa kali. Nah, makanya warga berinisiatif untuk membangun jembatan bambu yang memudahkan wisatawan untuk menyeberangi sungai.

Jenis Wisata yang Bisa dilakukan

Sementara hanya wisata alam saja yang cocok dengan wana wisata air terjun ini. Karena lokasi tempat parkir ke air terjun ini berjarak sekitar 2 km.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Tak banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di air terjun Tundolawe ini selain yang berhubungan dengan "perairan" karena di sini lokasinya rimbun. Tak ada tanah lapang. Karena di kiri-kanan jalan setapak ini cuma semak belukar dan hutan. Nah, kegiatan perairan yang bisa kamu lakukan di air terjun Tundolawe ini adalah:
  • Main Air. Air terjun Tundolawe ini memiliki air yang sejuk dan cenderung dingin. Jadi ketika mengenai kulit rasanya langsung nyess...

Kendaraan yang Bisa Masuk

Karena jalur yang lumayan sempit jadi jika kamu naik mobil nanti kamu bakal kesulitan jika berpapasan dengan kendaraan lain karena jalannya lumayan sempit. Sementara yang bisa masuk ke air terjun ini hanya:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor

Tempat Wisata di Sekitar

Setelah selesai berlibur ke air terjun Tundolawe ini jangan lupa untuk berlibur juga ke:

Mbrasak Yuk

Belum banyak orang yang mengetahui lokasi air terjun ini karena memang air terjun ini baru dibuka pada bulan November 2016 lalu. Maka dari itu saya ingin memperkenalkan air terjun ini kepada kawan-kawan semua. Hehehe

Air Terjun Tundolawe ini lokasinya berada di kawasan Perhutani petak 6 A, dusun  Rotorejo, desa Gadungan, kecamatan Gandusari, kabupaten Blitar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan aliran air yang tidak begitu deras. Suasana di air terjun ini masih alami dan asri. Bahkan kita bisa mendengarkan kicauan burung yang merdu.

Nah, untuk ke air terjun Tundolawe ini kamu harus berjalan 2 km dulu dengan menyeberangi sungai beberapa kali. Eiittss.. Jangan khawatir guys. Untuk menyeberangi sungai ini, warga sudah bergotong royong membuat sesek alias jembatan bambu lho. Jalan setapaknya pun lumayan lebar. Setelah berjalan kurang lebih 1 jam. Tibalah kamu di air terjun Tundolawe ini.

Sekarang nikmatilah keindahan air terjun Tundolawe ini...

Nah sekarang sudah tahu air terjun Tundolawe kan? Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, urungkan niat datang ke air terjun ini agar terhindar dari bahaya longsor dan banjir.
  2. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Siapkan fisikmu karena treknya agak jauh dan kontur jalannya naik turun.
  5. Gunakan sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
  6. Bawalah bekal makanan dan minuman sendiri. Karena belum ada warung di sekitar air terjun ini.
  7. Bawalah garam/tembakau/lotion anti nyamuk untuk jaga-jaga kalau ada pacet.