Ajak Temanmu ke Air Terjun Kedung Kembar

Kecamatan Wonotirto adalah salah satu kecamatan yang terletak di kabupaten Blitar bagian selatan . Walaupun kecamatan ini kerap dilanda kekeringan saat musim kemarau dan bahkan dianggap gersang, ternyata di kecamatan ini juga memiliki air terjun yang lumayan indah lho. Hal tersebut kami buktikan saat kami melakukan trip ke desa Ngeni, Kecamatan Wonotirto. Tepatnya di sekitar Gunung Nyamil yaitu perbatasan desa Ngeni dengan desa Ngadipuro. Tak disangka ternyata saat menjelajahi wilayah ini kami menemukan sebuah air terjun kembar yang berada di tengah sawah. Dekat jalan pula. Mau tahu lebih lanjut? Terus baca artikel ini ya.

Informasi Rute

1.   Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Blitar: pacu kendaraanmu menuju Kanigoro-Sutojayan-Ngeni. Di pertigaan pasar Ngeni lurus setelah menaiki bukit ada pertigaan belok kanan menuju desa Ngadipuro. Cari SDN Ngeni 02. Dari SDN Ngeni belok kiri. Hingga menjumpai lapangan di sebelah kiri jalan. Lurus sekitar 400 meter. Hingga menjumpai aliran sungai dan sawah di kiri jalan. Air terjun tersebut berada di sungai tersebut. Mobil parkir di rumah warga terakhir. Mobil parkir di rumah warga.
Dari Tulungagung: pacu kendaraanmu menuju Kademangan-Sutojayan-Ngeni. Di pertigaan pasar Ngeni lurus setelah menaiki bukit ada pertigaan belok kanan menuju desa Ngadipuro. Cari SDN Ngeni 02. Dari SDN Ngeni belok kiri hingga menjumpai lapangan di sebelah kiri jalan. Lurus sekitar 400 meter. Hingga menjumpai aliran sungai dan sawah di kiri jalan. Air terjun tersebut berada di sungai tersebut. Mobil parkir di rumah warga terakhir. Mobil parkir di rumah warga.

Dari Malang: Ikuti jalan raya Malang-Blitar melintasi Pakisaji-Kepanjen-Sumberpucung-Selorejo-Kesamben-Wlingi-Talun-Garum. Tiba di pertigaan Bence, kecamatan Garum belok kiri menuju Kanigoro-Sutojayan. Tiba di perempatan pasar Sutojayan lurus hingga tiba di desa Ngeni, kecamatan Wonotirto. Di pertigaan pasar Ngeni lurus setelah menaiki bukit ada pertigaan belok kanan menuju desa Ngadipuro. Cari SDN Ngeni 02. Dari SDN Ngeni belok kiri hingga menjumpai lapangan di sebelah kiri jalan. Lurus sekitar 400 meter. Hingga menjumpai aliran sungai dan sawah di kiri jalan. Air terjun tersebut berada di sungai tersebut. Mobil parkir di rumah warga terakhir. Mobil parkir di rumah warga.

Dari Batu: Ikuti jalan raya Batu-Kediri melintasi Pujon-Ngantang. Tiba di pertigaan Kambal, desa Mulyorejo, kecamtan Ngantang belok kiri menuju Wlingi, tiba di pertigaan Babadan, kecamatan Wlingi belok kiri. Lalu di pertigaan Pasar Wlingi lurus hingga tiba di perempatan bundaran Beru, kecamatan Wlingi menuju Talun-Garum. Tiba di pertigaan Bence, kecamatan Garum belok kiri menuju Kanigoro-Sutojayan. Tiba di perempatan pasar Sutojayan lurus hingga tiba di desa Ngeni, kecamatan Wonotirto.

Informasi: Tidak ada angkutan umum ke sini mending naik sepeda motor saja.

Informasi Harga

1. Harga Tiket Masuk = Masih Free.
  2. Harga Parkir = Free. (yang menitipkan kendaraan di rumah warga tolong diberi uang seikhlasnya. Kasihan kan udah repot jagain kendaraan kamu tapi nggak dikasih apa-apa)

Fasilitas

Belum ada fasilitas apapun di air terjun Kedung Kembar ini.
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Karena belum dikelola sebagai tempat wisata. Jadi, air terjun ini hanya bisa dijadikan sebagai objek Wisata Alam.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Pas liburan ke air terjun Kedung Kembar ini, biar makin seru, jangan lupa untuk:

• Mandi di bawah air terjun. Jika kamu hobi mandi di air terjun / sungai, maka kamu sudah tepat jika berlibur ke air terjun ini. Airnya lumayan segar juga lho.
  • Main air. Jika kamu ingin menikmati sensasi segarnya air terjun ini tapi tidak membawa pakaian ganti, paling tidak kamu bisa main air, atau merendam kakimu di sungai aliran air terjun. Ya minimal cuci muka lah. Hehehe
  • Camping di sekitar air terjun. Kalau kamu ingin berkemah di sekitar air terjun ini, lebih baik kamu izin ketua RT setempat ya.
  • Berenang (bagi yang sudah bisa). Nah, bagi kamu yang sudah bisa berenang, air terjun ini cocok banget loh buat kamu. Airnya seger dan kedung(kolam alami) nya lumayan luas.
Kendaraan yang Bisa Masuk

Akses menuju air terjun Kedung Kembar ini relatif mulus, hanya sekitar 5 km kamu akan melewati jalan berlubang dan bergelombang bahkan ada yang hanya jalan makadam. Lebarnya pun hanya 2-4 meter saja. Jadi, kamu hanya bisa mengakses air terjun ini jika mengendarai
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
NB: Mobil diparkir di rumah warga lanjut jalan kaki 300 meter-an
Mbrasak Yuk

Perjalanan bermula ketika 3 teman saya yaitu Pak Jono (Sidoarjo), Kang Arifin (Sidoarjo), dan Kang Sutris (Kediri) datang bertamu ke rumah saya. Paginya mereka berujar, " Dolan yoh (Main yuk)". Aku pun menjawabnya dengan kata "Budal Cak (Berangkat Pak)". Kujawab lagi "Tak terno nang daerah sing wis tak incer suwe kene yo tapi mbuh enek grojoganne opo gak." Yang artinya kurang lebih begini :" Kuantar ke daerah yang sudah lama kuincar ini ya, tapi entah ada air terjunnya ngga." Tanpa babibu, dijawablah pernyataanku tadi dengan 1 kata yang pasti "Budal(Berangkat)". Akhirnya saya yang biasanya ngetrip sendirian #sedikitcurhat , dengan kedatangan mereka jadilah aku ngetrip berempat wekekekek.

Kami pun berangkat menuju lokasi pukul 07.30 WIB. Setelah muter-muter ga jelas, akhirnya kami menemukan sebuah tempat yang lumayan bagus. Yaitu air terjun Kedung Kembar. Air terjun ini lokasinya lumayan strategis karena berada tak jauh dari "area peradaban" manusia. Bagaimana ga strategis, Lha wong lokasinya pinggir sawah dan pinggir jalan. Tapi pas kami ke sini kok gak ada orang lain ya selain kami berempat. Alhasil kami pun menamai air terjun ini Kedung Kembar saja deh. #KarenaGaAdaOrangYangBisaDitanya

Air terjun ini memiliki ketinggian 4 meter. Dan memiliki 2 aliran air terjun. Di bawahnya terdapat sebuah kedung yang tampaknya lumayan dalam. Jadi jika tidak bisa berenang, jangan nyebur ke kedungnya ya

Air Terjun Kedung Kembar dari atas.

Air terjunnya kelihatan broo...

Foto bareng

Air terjun Kedung Kembar ini cocok banget buat kamu singgahi. Karena lokasinya yang berada di pinggir jalan desa. Lalukapan kamu singgah ke air terjun Kedung Kembar ini?  Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak / terseret banjir
  2. Jika anda tidak bisa berenang, jangan berenang di kedung.
  3.  Siapkan fisik anda.
  4. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  5. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  6. Gunakan sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
  7. Bawalah bekal sendiri karena belum ada warung makan.
  8. Waspada adanya hewan liar seperti ular dan biawak
  9. Jangan Kotori sungai.
  10. Jangan ke sini kalau musim kemarau. Agar mendapat view yang bagus.