Coban Watu Ondo, Air Terjun Kembar di Perbatasan Mojokerto Batu



Coban Watu Ondo adalah Coban (sebutan air terjun bagi warga Malang dan sekitarnya) kembar yang berada di perbatasan kabupaten Mojokerto dengan kota Batu, Jawa Timur. Air terjun ini berada di Taman Hutan Raya / Tahura Raden Soerjo. Tepatnya berada di desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Untuk menuju air terjun ini jika dari arah Mojokerto, ikuti petunjuk arah menuju kecamatan Pacet. Dilanjutkan mengikuti jalan raya Pacet-Batu melewati Tahura Raden Soerjo. Ikuti jalan tersebut hingga bertemu papan tanda lokasi Air Terjun Watu Ondo di sebelah kiri jalan.



Jika dari kota Batu, arahkan kendaraanmu menuju ke pemandian air panas Cangar. Perjalanan dilanjutkan hingga memasuki Tahura Raden Soerjo. Dari pemandian Cangar perjalanan dilanjutkan 1 km hingga sampai di Jembatan Kembar Cangar. Letak air terjun ini berada sekitar 200 m setelah jembatan kembar Cangar dan berada di sebelah kanan jalan.

Jembatan Kembar Cangar
 
Air terjun kecil di bawah salah satu Jembatan Cangar

FYI Guys, ketika anda memasuki kawasan Tahura Raden Soerjo, jalan yang dilewati hanya selebar 4 meter. Ditambah jalan yang berada di pinggir jurang yang dalam dan jalan yang penuh dengan tikungan, turunan, dan tanjakan tajam. Sehingga diperlukan konsentrasi tinggi untuk melintasi jalan di tahura Raden Soerjo.

Kemudian, sampailah di tempat parkir. Di lokasi wisata ini sudah tersedia beberapa fasilitas penunjang seperti jalan setapak sekitar 200 meter, toilet, dan tempat duduk yang lokasinya pun pas berada di samping tanjakan sehingga jika anda capek bisa istirahat di situ. Dan ada juga tempat duduk yang berada di depan air terjun sehingga bisa digunakan untuk tempat nongkrong dan selfie pastinya.

Air terjun Watu Ondo memiliki 2 aliran yang masing-masing bertingkat 2 dan memiliki karakteristik sendiri dibanding air terjun di sebelahnya. Yakni air terjun pertama berketinggian 75 meter dengan rincian tingkat pertama 70 meter dan tingkat kedua 5 meter dengan aliran air jatuh vertikal. Sedangkan air terjun kedua berketinggian 40 meter dengan tingkat bawah 15 meter dan tingkat atas 25 meter. Berikut pemandangan Coban Watu Ondo:














Mata Air yang keluar dari semak di antara Coban Watu Ondo.



Saran Ane :
1.            Siapkan fisik anda.
2.            Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
3.            Perhatikan cuaca, jika cuaca buruk batalkan niat anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
4.            Hormati kearifan lokal dan peraturan warga lokal.



Koordinat GPS: 07°44′05.7″S 112°31′48.6″E

Komentar