Jangan Baper di Pantai Pacar

Pantai Pacar adalah sebuah pantai yang berada di desa Pucanglaban, kecamatan Pucanglaban, kabupaten Tulungagung. Pantai Pacar ini memiliki pasir berwarna coklat diserai beberapa serpihan hingga bongkahan batu karang dari yang kecil hingga besar. Di pantai Pacar ini pembaca bisa menikmati air terjun kecil setinggi 3 meter. Pesan saya saat ke pantai Pacar ini yaitu jangan baper ya. Muehehehe.



Informasi Rute

1.   Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Blitar: pacu kendaraanmu menuju Kademangan. Dari Kademangan ikuti jalan raya menuju pantai Tambakrejo, hingga tiba di perempatan Suruhwadang. Dari perempatan Suruhwadang belok kanan saja melewati desa Kebonsari-Maron-Panggungduwet. Di pertigaan Panggungduwet belok kanan hingga tiba di pertigaan Pasar Puser. 


Di pertigaan Pasar Puser, belok kiri. Ikuti jalan menuju desa Pucanglaban. Tiba di desa Pucanglaban, lurus saja menuju tambak udang. Nah pantai Pacar ini berasal dari bangunan yang menyedot air laut untuk dialirkan ke tambak. 

Dari Tulungagung: pacu kendaraanmu menuju Ngunut. Di pertigaan pasar Ngunut, belok kanan hingga mentok di pertigaan pasar Panjerejo. Di pertigaan Panjerejo, belok kiri. Tiba di peritgaan pertama belok kanan mentok. Belok kanan lagi. Hingga sampai di pertigaan besar. Dari pertigaan besar itu belok kiri hingga tiba di desa Pucanglaban. Setibanya di desa Pucanglaban, lurus saja menuju tambak udang. Nah pantai Pacar ini berasal dari bangunan yang menyedot air laut untuk dialirkan ke tambak. 

Informasi: Tidak ada angkutan umum ke sini mending naik kendaraan pribadi saja.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir



1.         Harga Tiket Masuk = Masih Free
2.        Harga Parkir = Free. Sepeda motor bisa sampai di lokasi

Fasilitas

Karena belum dikelola sebagai tempat wisata, di pantai Pacar ini belum ada fasilitasnya gan. Jadi siapkan apapun yang anda butuhkan saat berlibur ke pantai Pacar sebelum tiba
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Nah di pantai Pacar ini dalah Wisata Alam.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah saat berlibur ke pantai Pacar ini kamu bisa melakukan beberapa hal kece di bawah ini:
  • Mandi di bawah air terjun. Sungai yang mengalir ini berasal dari mata air lho. Jadi lumayan nyegerin saat dibuat mandi. Ya semoga saja keasrian dan kebersihan sungai ini tetap terjaga ya.
  • Main air. Jika kamu gak bawa baju ganti, mungkin kegiatan ini yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa cuci muka atau merendam kakimu di aliran sungainya. Tapi jangan terlalu dekat dengan bibir pantainya ya. Ombaknya ganas.
  • Camping di sekitar air terjun. Kamu hobby camping? Nah, di pantai ini kamu juga bisa camping juga lho. Tepatnya di pinggiran sungai di atas air terjun terdapat tanah lapang yang cukup buat bikin tenda.
NB:Tidak disarankan berenang.

Kendaraan yang Bisa Masuk


Akses ke pantai Pacar ini lumayan sempit, jadi hanya beberapa jenis kendaraan saja yang bisa menuju pantai ini. Itupun saat mendekati tambak, jalannya banyak yang berlubang.
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil 
NB:Parkirnya di bangunan samping pompa air laut. Tapi jalan menuju pantai Pacar masih agak susah karena jalan di desa Pucanglaban jalan aspalnya banyak yang mengelupas dan ada yang masih berupa jalan makadam.

Tempat Wisata di Sekitar

Jika kamu belum capek setelah menikmati pantai Pacar, kamu bisa melanjutkan liburanmu ke:


Gambar Belum Tersedia
Kedung Tumpang
 
Mbrasak Yuk

Setelah puas me ke air terjun Jurug Tejo. Perjalanan kulanjutkan menuju spot yang menjadi tujuan utama saya tadi yaitu menjelajahi  tujuan utama saya yaitu menjelajahi pantai-pantai di desa Pucanglaban. Pantai pertama yang saya kunjungi adalah pantai Pacar. Pantai ini berada di pinggir jalan menuju Pantai Molang. Tepatnya berada di belakang bangunan yang memompa air laut yang akan dialirkan ke tambak udang.

Di pantai Pacar ini terdapat sebuah air terjun kecil setinggi 3 meter yang berada di tengah-tengah pantai ini. Jadi jika kamu ingin main air di pantai Pacar, main airnya di air terjun saja ya. Jangan di lautnya. Agar nanti tidak tergulung ombak. 










Apakah kamu tergoda untuk berlibur ke pantai Pacar? Jadi Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terseret banjir / ombak.
  2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  3. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  4. Gunakan sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
  5. Bawalah bekal sendiri karena belum ada warung makan.
Koordinat GPS:  08°18′29.1″S 112°01′28.7″E

Komentar

Posting Komentar

Menerima Kripik, Saran, dan Paido