Jalan-Jalan Pagi ke Jurug Tejo

Air Terjun Jurug Tejo adalah salah satu air terjun yang letaknya berada di kabupaten Tulungagung. Tepatnya berada di desa Manding, kecamatan Pucanglaban. Air terjun Jurug Tejo ini memiliki 2 aliran air terjun utama yaitu air terjun Jurug Tejo kanan dan air terjun Jurug Tejo kiri. Yang masing-masing memiliki keindahan yang berbeda satu sama lain. Jadi pembaca memilih Jurug Tejo atau Jurug Tejo kiri? Tentukan pilihanmu sekarang.

Informasi Rute

1. Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Blitar: Pacu kendaraanmu menuju Kademangan-Rejotangan-Ngunut. Di pertigaan Ngunut belok kiri. Sampai di pertigaan pasar Panjerejo, belok kanan hingga tiba di perempatan Selorejo (ada SPBU di salah satu sudut perempatannya). Di perempatan Selorejo, belok kiri. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan samping kantor Kecamatan Kalidawir. Dari pertigaan ini belok kiri hingga menjumpai pasar Kedungdowo. Dari pasar Kedungdowo lurus sekitar 400 meter. Ada pertigaan belok kiri menuju Desa Manding, Kecamatan Pucanglaban.
    Dari Tulungagung: Pacu kendaraanmu menuju Sumbergempol-Kalidawir. Dengan melewati jalan raya di timur Gunung Budheg. Tiba di kantor kecamatan Kalidawir belok kanan hingga menjumpai pasar Kedungdowo. Dari pasar Kedungdowo lurus sekitar 400 meter. Ada pertigaan belok kiri menuju Desa Manding, Kecamatan Pucanglaban.

Jika kamu menjumpai tanda ini, kamu sudah dekat dengan air terjun

Informasi: Tidak ada angkutan umum ke sini mending naik sepeda motor saja.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir

1. Harga Tiket Masuk = Masih Free.
  2. Harga Parkir = Free.

Fasilitas

Air terjun Jurug Tejo ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat namun di sini sudah terdapat beberapa fasilitas seperti:
  • Tempat Parkir. Air terjun Jurug Tejo ini sudah dilengkapi tempat parkir yang berada di bawah rerimbunan pohon jati.
  • Warung Kopi. Di sekitar air terjun Jurug Tejo ini juga terdapat warung kopi nya juga. Jadi bisa sekalian beli minum sehabis berkunjung ke air terjun Jurug Tejo ini. Di warung ini juga ada Free Wifi nya juga lho. Jadi, bisa sekalian update status di media sosial tanpa takut kuota berkurang. Muehehehehe
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Air terjun Jurug Tejo ini walaupun masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Tapi lokasinya lumayan nyaman buat dijadika tempat wisata. Terutama wisata:
  • Wisata Alam
  • Wisata Keluarga

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah, kalau kamu main ke air terjun Jurug Tejo ini coba lakukan hal-hal berikut ini biar tambah seru:
  • Mandi di bawah air terjun. Mandi di bawah guyuran air terjun Jurug Tejo ini kamu akan merasakan sensasi yang luar biasa. Kamu akan merasa seperti dipijat oleh air yang jatuh dan mengguyur tubuh kamu. Tapi pastikan dulu,di bawah air terjunnya tidak ada cekungan sungai yang dalam ya..
  • Main air. Jika, kamu tak bawa baju ganti. Tenang.. Kamu masih bisa main air kok, dengan menciprat-cipratkannya ke udara atau hanya sekedar merendam kaki saja.
  • Foto-foto.  Panorama air terjun yang indah, patut kamu abadikan dengan lensa kamera kamu lho.
NB: Tidak disarankan berenang,
Kendaraan yang Bisa Masuk

Akses menuju air terjun Jurug Tejo ini masih berupa jalan desa yang lebarnya hanya skitar 3 meter saja. Jadi, kendaraan yang bisa menjangkau air terjun Jurug Tejo ini adalah:
  • Sepeda.
  • Sepeda Motor.
  • Mobil.

Tempat Wisata di Sekitar

Puthuk Krebet
Mbrasak Yuk

Alhamdulillah, trip kali ini, saya mengunjungi kabupaten Tulungagung untuk pertama kalinya. Hehehe. Rencana awal sih mau menyambangi pantai di sekitaran Pucanglaban. Tapi pas mampir sarapan di warung makan. Tentunya sambil mapping. Hehehe. Eh nggak sengaja saya menemukan sebuah air terjun di perbatasan kecamatan Pucanglaban dan kecamatan Kalidawir, kabupaten Tulungagung. Langsung deh saya menuju ke air terjun yang bernama Jurug Tejo ini. Kan sayang ada bonus tapi nggak disambangi. #Buahahaha .

Setelah menemui tanda panah menuju air terjun. Saya pun memarkirkan motor. Lanjut berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang berada di dalam kawasan hutan jati. Setelah 5 menit berjalan, saya mendengar ada suara air terjun. Dan ternyata beneran ada air terjun. #Cihuy

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 5 meter saja. Di bawahnya terdapat kolam alami. Airnya pun jernih kehijau-hijauan. TAPIII.... Jalan setapak ke air terjun ini masih agak susah. Selain jalannya agak curam, jalannya pun masih rimbun oleh semak-semak. Sepertinya jalan ini baru dibuat, karena di sekitar air terjun ini terdapat beberapa semak yang baru ditebas. Berikut foto dokumentisanya:

Eiittsss.. Tunggu dulu. Jangan beranjak dulu dari artikel ini. Karena air terjun di atas tadi itu bukan air terjun utama. Itu tadi hanyalah air terjun bonus. Jadi, jika kamu ingin ke air terjun Jurug Tejo, kamu harus melanjutkan perjalanan 300 meter lagi. Tapi jangan khawatir, pemandangan saat menuju air terjun Jurug Tejo dijamin ini cukup memanjakan mata kok.

Tiba di sawah warga ini, kamu belok kanan saja. Itulah jalan menuju jurug Tejo. Sesampainya di Jurug Tejo, kamu akan disambut 2 air terjun. Yakni air terjun Jurug Tejo kanan dan Jurug Tejo kiri. Waktu saya ke air terjun Jurug Tejo. Air di air terjun Jurug Tejo ini agak keruh. Selain karena beda aliran sungai dengan air terjun di atas tadi. Debit air terjun Jurug Tejo ini lebih besar jika dibandingkan dengan air terjun pertama tadi.

Di atas tadi adalah pemandangan Jurug Tejo kanan. Jurug Tejo kanan ini memiliki ketinggian sekitar 6 meter. Aliran air di Jur Tejo kanan ini tidak mengalir deras. Jadi alirannya seperti air yang merambat di tebing gitu. Tapi di bawah air terjun ini terdapat kedung. Jadi hati-hati ya sob. Space di area air terjun ini cukup sempit.  Jadi agak menyulitkan untuk foto-foto.

Nah, sekarang kita beranjak menuju Jurug Tejo kiri. Tinggi air terjun Jurug Tejo kiri ini sekitar 10 meter. Debit airnya pun lebih deras jika dibandingkan dengan air terjun Jurug Tejo kanan. Berikut pemandangannya:

Bagaimana? Pembaca lebih memilih air terjun Jurug Tejo kanan atau Jurug Tejo kiri.

Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak / terseret banjir .
  2. Jangan mengotori sungai.
  3. Jika anda tidak bisa berenang, jangan berenang di kedung.
  4. Siapkan fisik anda.
  5. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  6. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  7. Gunakan sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
  8. Bawalah bekal sendiri karena belum ada warung makan.
  9. Jangan ke sini kalau musim kemarau. Agar mendapat view yang bagus.