Pantai Gua Patuk nan Mungil

Pantai Gua Patuk adalah pantai kecil yang termasuk dalam kawasan wisata pantai Ngliyep. Tepatnya berada di dusun Ngliyep, desa Kedungsalam, kecamatan Donomulyo. Pantai ini memiliki pasir berwarna coklat yang cukup halus. Pantai mungil ini hanya memiliki garis pantai sejauh 70 meter saja. Tepat di depan pantai Gua Patuk ini terdapat 2 pulau karang kecil yang menambah keindahan pantai ini. Daannn... di sebelah kanan / barat pantai ini terdapat gua yang ruangannya lumayan besar bernama Gua Patuk. Gua Patuk ini oleh warga setempat cukup dikeramatkan karena biasanya digunakan sebagai tempat ritual acara keagamaan tertentu.

Informasi Rute
  1.  Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Malang
     / Kepanjen: pacu kendaraanmu menuju Pagak-Sumbermanjing Kulon-Kedung Salam. Tiba di desa Kedung Salam nanti ada petunjuk arah ke Pantai Ngliyep lalu ikuti petunjuk arah yang ada Sebelum tiba di Pantai Ngliyep ada petunjuk arah ke Pantai Gua Patuk,

Dari Blitar:
     arahkan kendaraan anda menuju
    pasar buah Brongkos melintasi Garum-Talun-Wlingi, Setibanya di pertigaan pasar buah Brongkos belok ke kanan(selatan) menuju pantai Jolosutro  hingga tiba di pertigaan beringin Banyuurip belok kiri ke Wates. Nah di pertigaan ini belok kiri / timur menuju kota kecamatan Wates. Selepas pasar Wates, kamu menjumpai pertigaan yang ada tugunya. Di pertigaan itu belok kanan, hingga tiba di pasar Ngelih desa Sumberoto

Di pertigaan tersebut, belok kiri hingga tiba di pertigaan
    Donomulyo, di pertigaan tersebut belok kanan. Setelah melewati puskesmas Donomulyo, ada pertigaan belok kiri hingga tiba di pertigaan Ndawung, desa Kedungsalam. Di pertigaan tersebut, belok kanan hingga tiba di Pantai Ngliyep. Dan Sebelum tiba di Pantai Ngliyep ada petunjuk arah ke Pantai Gua Patuk.

2. Jika kamu pakai kendaraan umum:

Dari
    Kepanjen / Malang: Naik mikrolet jurusan Ngliyep. Nah di sini ada 2 rute mikrolet yang menuju Pantai Ngliyep. Yaitu lewat jalur barat (via Donomulyo) dan jalur timur (via Sumbermanjing Kulon-Pagak)

Blitar: Naik bus jurusan Malang. Turun di pertigaan barat Waduk Karangkates. Lanjut naik mikrolet jurusan Pantai Ngliyep via Donomulyo.

Informasi Harga
  1.  Harga Tiket Masuk = Rp 10.000,-/orang
  2.  Harga Retribusi = Rp 5.000,- / sepeda motor dan  Rp 10.000,-/mobil
  3. Harga Parkir= Rp 5.000,-/sepeda motor (Sabtu-Minggu) dan seikhlasnya (Senin-Jumat)

Fasilitas

Walaupun pantai Gua Patuk ini belum sepopuler pantai Ngliyep dan pantai Pasir Panjang, tapi pantai Gua Patuk ini bisa kamu jadikan tujuan baru saat berlibur ke pantai Ngliyep. Soalnya di pantai ini sudah ada beberapa fasilitas seperti:
  • Kamar Mandi. Selesai main pasir, jangan lupa mandi ya. Karena di sekitar pantai ini juga tersedia kamar mandi nya
  • WC. Saat liburan tiba-tiba kepengen ngendog dan nguthur? Gak usah bingung, karena di pantai Gua Patuk ini juga ada WC nya kok.
  • Warung Makan. Jika kamu lapar dan haus saat liburan ke pantai Gua Patuk ini, kamu bisa mampir ke warung-warung makan yang ada di sekitar pantai Gua Patuk ini.
  • Tempat Parkir. Di pantai Gua Patuk ini, tempat parkirnya lumayan teduh lho karena memang berada di bawah ridangnya pohon.

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Pantai Gua Patuk ini sudahh memiliki akses jalan yang lumayan bagus dan memiliki beberapa fasilitas, jadi pantai Gua Patuk ini cocok sebagai wisata:
  • Wisata Alam
  • Wisata Keluarga
Pemandangan yang ditawarkan yaitu pantai berpasir coklat dengan 2 buah pulau kecil yang berada di depan pantai ini .

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Jika kamu berlibur ke pantai Gua Patuk Ini kamu bisa melakukan hal-hal ini, biar gak bosan saat liburan ke sini:
  • Main pasir. Bagi kamu yang memiliki anak kecil, kamu bisa melatih keterampilaya dengan membuat istana pasir, atau bisa juga bermain pendem-pendeman bareng temanmu.
  • Memancing. Saat laut surut, kamu bisa memancing dengan leluasa karena ombak di pantai Gua Patuk ini akan menjadi lebih tenang dan tidak terlalu besar.
  • Menikmati suasana alam dan gemuruh ombak. Jika kamu ingin menikmati suasana pantai dengan santai, kamu bisa memasang hammock di sekitar pantai Gua Patuk ini lho.
  • Camping. Kalau kamu ingin berkemah di pantai Gua Patuk ini, sebaiknya kamu izin dulu ya ke pengelola pantai Ngliyep terlebih dahulu.
  • Bermain Air. Pantai Gua Patuk ini juga lumayan enak buat main air, tapi tunggu sampai lautnya surut dulu ya, biar ombaknya nggakgede-gede banget.

Kendaraan yang Bisa Masuk

Akses menuju pantai Gua Patuk ini tergolong mudah, hanya pada beberapa titik saja terdapat jalan berlubang dan jalan bergelombang, tapi kamu dapat melaluinya dengan mudah kok. Jadi, kendaraan yang bisa mengakses panta Gua Patuk ini yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf

Tempat Wisata di Sekitarnya

Gambar Belum Tersedia
Pantai Teluk Putri

Mbrasak Yuk

Jika biasanya pembaca liburan ke Pantai Ngliyep pasti tujuan mainstream nya kalau ga Pantai Ngliyep ya  Pantai Pasir Panjang. Betul toh? Nah, biar nggak mainstreamsaya kasih referensi pantai buat kamu yang berlibur ke pantai Ngliyep, Malang. Biar liburannya ga itu-itu saja. Nama pantainya adalah Pantai Gua Patuk. Kenapa dinamakan Pantai Gua Patuk? Karena di sebelah barat pantai ini terdapat sebuah gua yang bernama Gua Patuk. Pantai ini ukurannya tergolong kecil dengan panjang garis pantai sekitar 70 meter. Namun masih cocok lah buat refreshing karena pantai ini masih tergolong sepi. Jadi berasa seperti private beach gitu. Sekarang kita bahas Gua Patuk.

Gua Patuk ini memiliki mulut gua yang cukup kecil yaitu hanya kurang dari 1 meter saja. Sehingga untuk masuk ke gua Patuk ini kamu harus jongkok atau merangkak. Namun, ruangan di dalam gua ini lumayan luas ya kira-kira sebesar rumah kecil. Gua ini sering digunakan untuk "menyepi" bagi mereka yang percaya dengan kejawen. Gua ini bisa kamu datangi saat surut karena mulut gua ini akan terkena ombak Samudra Hindia yang terkenal ganas itu jika laut sedang pasang. Gua ini oleh warga lokal juga dikeramatkan lho. Jadi hati-hati jika berkunjung ke gua ini.

Buat kamu yang ingin nyambang i pantai ini saya kasih petunjuk nih. Sebelum tiba di pantai Ngliyep terdapat pertigaan. Di pertigaan tersebut tertera Gua Patuk belok kiri 400 meter. Ikuti petunjuk tersebut hingga tiba di Pantai Gua Patuk.

Bagaimana pembaca ingin menikmati suasana pantai ini? Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:
  1. Mandi di laut tidak disarankan karena ombaknya ganas.
  2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu
  3. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  4. Siapkan fisik dan kondisi motor anda. Semua harus primaa.
  5. Jangan malu bertanya agar tidak tersesat.