Sumber Taman yang Bikin Nyaman

Halo Pembaca, bingung mau liburan ke mana hari ini? Jangan bingung guys. Nih saya kasih referensi liburan bagi kamu yang bingung mau liburan ke mana. Nah, pembacaa.. Ini nih sumber Taman. Mata air ini epic banget deh buat kamu yang suka ciblon alias nyemplung ke air nih. Suasana di sini juga adem. Nah sekarang yuk kita telusuri keindahan mata air ini.

Informasi Rute

Dari Malang: Arahkan kendaraanmu Menuju Pakisaji-Kepanjen-Stadion Kanjuruhan. Dari  Stadion Kanjuruhan ke timur menuju ke kecamatan Gondanglegi. Nah, saat kamu tiba di desa Karangsuko. Nanti ada masjid namanya masjid Darussalam. Itu lho masjid besar yang lokasinya setelah kios ikan pinggir waduk kecil. Nah dari masjid itu lurus 500  meter. Nanti ada pertigaan belok kanan saja. Ikuti jalan tersebut hingga ada tanda panah menuju Sumber Taman ini.

Dari Lumajang: Arahkan kendaraanmu menuju Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo-Ampelgading-Tirtoyudo-Dampit-Turen-Gondanglegi. Dari pasar Gondanglegi lurus saja sekitar 3 km. Hingga menemui gapura taman indah Kanjuruhan(sebelah kanan jalan). Nah, tak jauh dari situ ada pertigaan belok kiri saja menuju desa Brongkal hinggga menemukan tanda panah menuju Sumber Taman.

Dari Blitar: Arahkan kendaraanmu menuju Garum-Talun-Wlingi-Kesamben-Selorejo-Karang Kates-Sumberpucung-Kepanjen-Stadion Kanjuruhan.  Dari  Stadion Kanjuruhan ke timur menuju ke kecamatan Gondanglegi. Nah, saat kamu tiba di desa Karangsuko. Nanti ada masjid namanya masjid Darussalam. Itu lho masjid besar yang lokasinya setelah kios ikan pinggir waduk kecil. Nah dari masjid itu lurus 500  meter. Nanti ada pertigaan belok kanan saja. Ikuti jalan tersebut hingga ada tanda panah menuju Sumber Taman ini.

Dari Surabaya: Pacu kendaraanmu menuju Sidoarjo-Pasuruan-Malang. Setibanya di kota Malang, ikuti petunjuk arah Kepanjen. Lalu setibanya di Kepanjen, arahkan kendaranmu menuju Gondanglegi dengan melewati jalan raya Malang-Lumajang. Nah, setibanya di desa Sumbersuko, nanti kamu akan menjumpai tanda panah menuju sumber Taman. Ikuti petunjuk tersebut hingga kamu sampai di sumber air Taman.

Informasi Harga

  1. Harga Parkir= Rp 2.000,-(Sepeda Motor) Rp 5.000,-(Mobil)
  2. Harga Sewa Ban = Rp 5.000,-(Sepuasnya)

Fasilitas

Nah, di pemandian sumber Maron ini sudah ada beberapa fasilitas yaitu:
  • Tempat Parkir Luas. Tempat parkirnya luas pake banget, jadi ga usah bingung kehabisan parkiran.
  • Warung Makan. Harga makanannya pun murah-murah guys dijamin kamu gak bakal kelaparan di sini.
  • Kamar Mandi/Ruang Ganti.Ini yang harus ada. Kan repot kalau gak ada ruang gantinya #JanganDibayangkan. 
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan 

Nah, pembaca yang mau liburan ke sini bisa wisata alam sekaligus wisata keluarga juga. Karena sudah ada penyewaan bannya lho. Jadi gak usah khawatir si kecil tenggelam

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah, guys biar kamu gak bosan di mata air Sumber Taman ini, kamu bisa menikmati keasrian di sumber Taman ini dengan cara:
  • Berenang. Walaupun kamu gak bisa berenang, kamu tetap bisa ciblon di mata air ini kok karena banyak penyewaan ban dalam.
  • Duduk-duduk santai sambil main air di pinggir kolam. Kegiatan ini cocok bagi kamu yang terlanjur ke sini tapi gak bawa baju ganti.
  • Foto-foto. Oh iya, untuk kamu yang suka fotografi bawah air. Sumber Maron ini bisa juga kamu masukan ke hunting list kamu. 

Kendaraan yang Bisa Masuk

Akses jalan menuju wisata Sumber Taman ini pun lumayan mulus. Jadi kendaraan yang bisa mencapai wisata Sumber Taman ini adalah:
  • Sepeda
  • Sepeda  Motor
  • Mobil
  • Elf
Tempat Wisata di Sekitar

Nah pembaca berikut adalah lokasi wisata lain yang berada tidak jauh dari Sumber Maron:
  • Sumber Maron
  • Sumber Songo
  • Waduk Senguruh

Legenda

Jika pembaca berlibur ke mata air ini, pembaca pasti melihat ada 2 buah pohon besar yang tumbuh di sekitar mata air. Konon mereka sepasang kekasih yang dikutuk oleh seorang kakak.

Alkisah, jaman dahulu ada seorang kakek yang beristirahat di tempat ini. Lalu dia melihat sepasang kekasih yang sedang berduaan di tempat itu. Karena merasa lelah dan lapar, sang kakek meminta tolong untuk memberinya makanan karena sepasang kekasih itu membawa makanan. Bukannya menolong kakek tersebut, sepasang kekasih tersebut malah membentak kakek tersebut. 

Sang kakek pun marah. Dan kakek itu kemudian berubah wujud menjadi ular raksasa. Dengan marahnya, kakek tersebut mengutuk sepasang kekasih tersebut menjadi 2 pohon besar. Anehnya di bawah kedua pohon tersebut, mengalir mata air yang deras hingga sekarang yang kita sebut sebagai Sumber Taman ini.

Ayo Mbrasak

Nah pembaca, Pemandian Sumber Taman ini adalah mata air yang berada di perbatasan desa Karangsuko dengan desa Brongkal kecamatan Pagelaran, kabupaten Malang. Menurut beberapa sumber, mata air ini memancarkan air sebanyak 350 liter/detik. Ukuran kolam penampungan airnya saja berukuran 20 meter x 30 meter. Dengan kedalaman sekitar 1-1,5 meter.

Area pemandian alam ini pun juga teduh. Karena di sekitar wisata pemandian ini banyak ditumbuhi pohon-pohon besar nan rindang. Jadi pembaca gak usah khawatir kepanasan. Air  dari mata air ini digunakan warga sebagai kebutuhan MCK dan irigasi sawah mereka.

Nah, di bawah kolam pemandian utama. Terdapat 1 buah kolam kecil. Kedalaman airnya pun hanya selutut orang dewasa. Saya sarankan sih bagi yang membawa anak kecil / balita, lebih baik mereka di ajak berenang di sini.

Selain digunakan sebagai tempat wisata, sumber ini juga digunakan untuk kegiatan cuci-mencuci bagi warga lokal biasanya tempat mereka melakukan kegiatan tersebut di kolam ini.





Selain itu, di sini juga banyak gerojokan alias air terjun kecil juga lho.





Dan akhirnya aliran mata air tadi mengalir ke sungai ini.



Nah sekarang sudah tahu sumber Taman kan? Jadi, Ayo Mbrasak sekarang

Saran Ane:
  1. Jika ada dahan/pohon yang lapuk jangan berada di bawahnya agar ridak tertimpa kayunya.
  2. Jangan merusak fasilitas umum di tempat ini.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
Koordinat GPS: 08°10′28.1″S 112°35′58.4″E

Komentar