Menikmati Pasir Putih di Pantai Pasir Panjang

Jika kamu sedang berada di kota Malang dan ingin menikmati pantai yang cantik yang masih sepi, bersih, dan ga pake capek, sempatkanlah main ke Pantai Pasir Panjang. Pantai ini berada di dusun Ngliyep, desa Kedungsalam, Kabupaten Malang. Pantai Pasir Panjang ini memiliki pasir putih yang halus dan membentang sekitar 650 meter. Pasirnya pun bersih dari polusi. So, jangan dikotori ya. Di tengah pantai ini mengalir sebuah sungai kecil yang nantinya bermuara ke Samudra Hindia.
Informasi Rute
  1. Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

    Dari Malang
     / Kepanjen: pacu kendaraanmu menuju Pagak-Sumbermanjing Kulon-Kedung Salam. Tiba di desa Kedung Salam nanti ada petunjuk arah ke Pantai Ngliyep lalu ikuti hingga tiba di pantai Ngliyep.


    DariBlitar:
     arahkan kendaraan anda menuju
    pasar buah Brongkos melintasi Garum-Talun-Wlingi. Tiba di pertigaan pasar buah Brongkos belok ke kanan(selatan) menuju pantai Jolosutro hingga tiba di pertigaan beringin Banyuurip belok kiri ke Wates. Nah di pertigaan ini belok kiri / timur menuju kota kecamatan Wates. Selepas pasar Wates, kamu menjumpai pertigaan yang ada tugunya. Di pertigaan itu belok kanan, hingga tiba di pasar Ngelih desa Sumberoto


    Di pertigaan tersebut, belok kiri hingga tiba di pertigaan 
    Donomulyo, di pertigaan tersebut belok kanan. Setelah melewati puskesmas Donomulyo, ada pertigaan belok kiri hingga tiba di pertigaan Ndawung, desa Kedungsalam. Di pertigaan tersebut, belok kanan hingga tiba di Pantai Ngliyep.

  2. Jika kamu pakai kendaraan umum:

    Dari 
    Kepanjen / Malang: Naik mikrolet jurusan Ngliyep. Nah di sini ada 2 rute mikrolet yang menuju Pantai Ngliyep. Yaitu lewat jalur barat (via Donomulyo) dan jalur timur (via Sumbermanjing Kulon-Pagak)


    Dari 
    Blitar: Naik bus jurusan Malang.Turun di pertigaan barat Waduk Karangkates. Lanjut naik mikrolet jurusan Pantai Ngliyep via Donomulyo. Atau bisa juga turun di terminal Talang Agung, Kepanjen, lalu naik mikrolet jurusan pantai Ngliyep via Sumbermanjing Kulon-Pagak..  


Informasi Harga
  1. Harga Tiket Masuk = Rp 10.000,-/orang
  2. Harga Retribusi = Rp 5.000,- / sepeda motor dan  Rp 10.000,-/mobil 
  3. Harga Parkir= Rp 5.000,-/sepeda motor (Sabtu-Minggu) dan seikhlasnya (Senin-Jumat)

Fasilitas

Pantai Pasir Panjang ini merupakan tetangga terdekat dari pantai Ngliyep, jadi tidak heran jika pengunjung yang berlibur ke pantai Ngliyep ini, mereka juga mengunjungi pantai pasir panjang ini. Jadi, fasilitas di pantai Pasir Panjang ini tergolong lengkap seperti:
  • Kamar Mandi. Setelah selesai bermain pasir, jangan lupa membersihkan diri agar pasiryang menempeldi badan bisa lepas. Nah, di pantai Pasir Panjang ini sudah ada beberapa kamar mandi nya lho. Oh iya jangan lupa bayar uang kebersihannya ya. Kira-kira sebesar Rp 2.000,- sampai Rp 5.000,-
  • WC. "Panggilan alam" terjadi ketika kamu asyik liburan di pantai Pasir Panjang? Ga usah khawatir. Di sini juga ada kok tempat buat melepaskan "panggilan alam" mu. Jangan lupa bayar uang kebersihannya juga ya.
  • Warung Makan. Lapar dan haus mengganggu ketika berlibur ke pantai Pasir Panjang? Mampir saja ke warung-warung makan yang berjajar rapi menunggu laparmu di kawasan pantai Pasir Panjang ini. Dijamin rasa lapar dan haus hilang seketika.
  • Tempat Parkir. Lokasi parkir pantai Pasir Panjang ini luas banget dan teduh. Jadi gak usah takut gak kebagian tempat parkir dan kendaraan kamu kepanasan ya.
  • Mushola. Jangan lupa ya jika berlibur sempatkan diri untuk beribadah.
  • Penginapan. Jika kamu tiba di sini kesorean, dan takut pulang malam karena harus melintasi hutan. Tenang dulu, disini juga ada penginapannya lho. Harganya pun lumayan terjangkau.
  • Pendopo/balai pertemuan. Kalau ingin mengadakan rapat atau reuni bisa juga memakai pendopo/balai pertemuan ini. Model bangunannya terbuka mirip seperti gazebo, jadi kamu bisa sekaligus menikmati keindahan pantai Ngliyep.

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Akses jalan menuju pantai Pasir Panjang ini lumayan enak dan fasilitas di sini pun tergolong lengkap, jadidi pantai pasur Panjang ini, kamu bisa berwisata:
  • Wisata Alam
  • Wisata Keluarga. 
Pemandangan yang ditawarkan yaitu pantai berpasir coklat dengan 2 buah pulau kecil yang berada di depan pantai ini .

Kegiatan yang Bisa Dilakukan


Saat berlibur ke pantai Pasir Panjang ini, jangan cemberut aja, lakukan hal-hal kecedi bawah ini biar liburanmu di sini makin cihuy :

  • Main pasir. Pasir pantai Pasir Panjang ini cocok banget lho buat jadi wahana main kamu. kamu bisa pendem-pendeman alias kubur-kuburan atau membangun istana pasir.
  • Memancing. Jika laut surut, kamu bisa memancing di tepian laut dengan bebas. Tapi ingat juga, jangan terlalu ke tengah agar tidak terseret ombak.
  • Menikmati suasana alam sambil pasang hammock. Bagi kamu yang demen hammocking, pantai ini cocok banget. Selain teduh, angin di sini pun berhembus sepoi-sepoi. Kan, cocok banget tuh buat pasang hammock sampai ketiduran?
  • Camping. Jika kamu ingin memasang tenda di pantai Pasir Panjang ini, jangan lupa izin dulu ke pengelola pantai Ngliyep dulu ya.
Kendaraan yang Bisa Masuk

Akses menuju ke pantai ini, tergolong mudah karena hanya beberapa titik terdapat jalan berlubang dan bergelombang. Tapi masih mudah untuk dilewati. Jadi, sudah beberapa jenis kendaraan yang bisa mengakses pantai Pasir Panjang ini yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf.

Tempat Wisata di Sekitarnya 




 Gambar Belum Tersedia
Pantai Teluk Putri





    Mbrasak Yuk

    Oh ya, ombak di pantai ini ganas banget lho. Jadi, jangan berenang di laut ya! Kabarnya tahun 1976 silam ada 8 karateka asal Batu, Malang yang meninggal akibat hanyut terbawa RIP Current. FYI, Rip Current adalah arus balik gelombang laut yang kuat dan bisa menyeretmu ke tengah laut. Kita sebut saja, air tenang yang menghanyutkan. Jika kamu tetap ingin berenang di laut. Berenanglah di pantai Ngliyep yang masih bersebelahan dengan pantai ini. Ombak di pantai Ngliyep ini relatif tenang, gedenya nggak sampe lututmu.

    Pantai Pasir Panjang ini memiliki  garis pantai yang melengkung dan langsung menghadap laut lepas. Pantai ini masih dikelilingi perbukitan dan hutan tropis yang alami dan lebat banget. Pantai ini juga digunakan nelayan untuk menambatkan  hatinya  eh.. perahunya.

    Tempat parkir nya luas bro.























    Saran Ane:
    1. Mandi di laut tidak disarankan karena ombaknya ganas
    2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
    3. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
    4. Siapkan fisik dan kondisi motor anda. Semua harus prima
    5. Jangan malu bertanya agar tidak tersesat.
    Koordinat GPS:08°22′56″S 112°25′20.5″E

    Komentar