Antrukan Pabrikan yang Tersembunyi


Tersembunyi di balik perbukitan, terdapat air terjun nan eksotik. Antrukan, begitu lah warga Lumajang menyebut air terjun. Tepatnya berada di dusun Pabrikan, desa Purorejo, Kecamatan Tempursari, Lumajang. Sehingga nama air terjun ini adalah Antrukan Pabrikan. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Aliran airnya pun jernih dan sejuk ketika menyentuh kulit. Cocok untuk melupakan sejenak rutinitas yang kualami. Ciee.. Curhat.

Untuk menuju Antrukan Pabrikan, jika kamu dari arah Malang. Ikuti jalan raya Malang-Lumajang yakni melewati Gondanglegi-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading. Sesampainya di kecamatan Ampelgading, ikuti petunjuk arah ke desa Lebakharjo. Sampai desa Lebakharjo, cari jembatan untuk menyeberang ke desa Purorejo, kecamatan Tempursari.


Pemandangan Kali Glidih jika kamu lewat desa Lebakharjo.

Jika kamu dari arah Lumajang, Ikuti jalan raya Malang-Lumajang yakni melewati Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo-Tempursari. Sampai di kecamatan Tempursari, ikuti petunjuk arah ke desa Purorejo. Setelah tiba di desa Purorejo, langsung menuju dusun Pabrikan. Dari dusun Pabrikan, air terjun ini sudah mulai terlihat.

Waktu saya berkunjung ke sini, air terjun ini belum dibuka untuk tempat wisata. Jadi masih gratis tis. Sebelum masuk air terjun ini kamu akan melewati kebun kopi. Di tengah perjalanan anda akan menjumpai sebuah air terjun kecil sebagai bonus perjalanannya.






Puas menikmati bonus kecil ini. Perjalanan pun saya lanjutkan, 10 menit kemudian tibalah saya di air terjun Antrukan Pabrikan.













Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk segera pulang, hindari sungai dan tebing.
  2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  3. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  4. Gunakan sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
  5. Siapkan fisik anda.
  6. Jangan malu bertanya agar tidak tersesat.
Koordinat GPS: 08°17′03.1″S 112°56′24.6″E

Komentar