Coban Canggu di Kala Hujan dan Kemarau

Coban Canggu adalah salah satu dari banyak air terjun di kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto. Namun, kebanyakan air terjun di Pacet ini hanya mengalir di kala-kala tertentu saja alias musiman. Nah, air terjun coban Canggu ini lah salah satu air terjun yang masih mengalir di kecamatan Wates walaupun di musim kemarau sekalipun. Nah, kali ini aku sudah mengunjungi air terjun Coban Canggu ini baik di musim kemarau maupun di musim hujan. Nah, dengan begini pembaca bisa menentukan pilihan kapan mau berlibur ke air terjun Coban Canggu ini. Yuk cekidot

Informasi Rute

Dari Mojokerto: Pacu kendaraanmu menuju kecamatan Mojoanyar-Bangsal. Tiba di pertigaan desa Pacing, belok kiri menuju Dlanggu-Gondang-Pacet. Sampai di bundaran taman Pacet belok kiri kurang lebih 250 meter. Tiba di perempatan belok kanan menuju desa Padusan. Lalu setelah melewati pos karcis air panas, belok kiri.
Dari Surabaya/Sidoarjo: Pacu kendaraanmu menuju kecamatan Krian-Prambon-Pungging-Kutorejo-Pacet. Sampai di bundaran taman Pacet belok kiri kurang lebih 250 meter. Tiba di perempatan belok kanan menuju desa Padusan. Lalu setelah melewati pos karcis air panas, belok kiri.
Dari Pasuruan/Malang: Arahkan kendaraanmu menuju Pandaan. Setibanya di masjid Cheng Ho Pandaan, ikuti petunjuk arah menuju Prigen. Tiba di pertigaan Prigen, belok kanan menuju Dlundung-Pacet. Tiba di pertigaaan Cembor, belok kiri menuju desa Made. Tiba di desa Made, belok kiri menuju desa Padusan. Lalu setelah melewati pos karcis air panas, belok kiri.
Dari Batu: Arahkan kendaraanmu menuju Bumiaji-Cangar-Pacet. Sampai di bundaran taman Pacet belok kiri kurang lebih 250 meter. Tiba di perempatan belok kanan menuju desa Padusan. Lalu setelah melewati pos karcis air panas, belok kiri.
Dari Jombang: Arahkan kendaraanmu menuju Peterongan-Mojoagung-Trowulan. Tiba di perempatan Trowulan belok kanan, setibanya di perempatan Unggaran belok kiri menuju Jatirejo-Gondang. Mentok di pertigan Pugeran, Gondang, beloklah ke kanan menuju kecamatan Pacet. Sampai di bundaran taman Pacet belok kiri kurang lebih 250 meter. Tiba di perempatan belok kanan menuju desa Padusan. Lalu setelah melewati pos karcis air panas, belok kiri.
Dari Lamongan: Arahkan kendaraanmu menuju Tikung-Kembang Bahu-Mantup-Kemlagi-Jetis. Tiba di perempatan Kupang, Jetis, beloklah ke kanan menuju kota Mojokerto. Setibanya di kota Mojokerto, ikuti petunjuk arah dari kota Mojokerto menuju coban Canggu yang saya tulis di atas.

NB: Jika kamu melintasi jalur Batu-Pacet via Cangar. Bagi pengendara mobil matic dan motor matic, harap sering-sering mengecek kondisi kampas rem. Jika panas, berhentilah sejenak untuk mendinginkan kampas rem. Jika nekat, maka kampas remmu bisa terbakar dan blong. Setelah suhu kampas rem normal, lanjutkan perjalanan kembali.

Informasi Harga

Kawasan wisata air terjun Coban Canggu ini masih tergolong wisata yang murah meriah lho. Berikut daftar harganya:
  1. Harga Tiket Masuk = Rp 7.000,-/orang
  2. Harga Parkir = Sepeda Motor : Rp 5.000,-/unit, Mobil : Rp 10.000,-
Fasilitas

Untuk memanjakan pengunjung yang berlibur ke air terjun coban Canggu, maka pengelola menyediakan beberapa fasillitas yag bisa dimanfaatkan pengunjung saat mereka sedang berlibur ke air terjun Coban Canggu ini. Fasilitas ini yaitu:
  • Tempat Parkir. Tempat parkir air terjun Coban Canggu ini lumayan luas. Tapi,kalau pas musim liburan biasanya parkirannya bisa full dan yang gak kebagian tempat parkir akhirnya membludak ke jalan masuk air terjun Coban Canggu ini.
  • Mushola. Di kawasan air terjun Coban Canggu ini juga disediakan fasilitas mushola bagi pengunjung yang akan melakukan ibadah shalat. Musholanya berada di antara jajaran warung-warung di  sekitar jalan turun menuju air terjun Coban Canggu. Ukuran musholanya pun tidak terlalu besar. Tapi bisa memuat 10-15 orang yang ingin beribadah sholat.
  • Warung Makan. Di sepanjang perjalanan dari tempat parkir menuju lokasi air terjun Coban Canggu ini banyak dijumpai warung-warung makan yang menjual aneka snack, minuman, dan makanan berat seperti bakso, nasi pecel, dan soto. Jadi, pengunjung dijamin gak bakal kelaparan ketika berlibur ke air terjun Coban Canggu ini.
  • Gazebo. Kawasan air terjun Coban Canggu ini juga terdapat beberapa gazebo juga lho. Jadi, pembaca bisa istirahat sejenak ketika lelah berjalan menuju air terjun Coban Canggu ini.
  • Wahana Permainan Anak. Nah, di dekat musholanya tadi juga terdapat beberapa wahana bermain anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan prosotan. Jadi, jika kamu membawa anak kecil / balita. Bisa diajak mencoba permainan ini biar si kecil gak kerasa capek ketika berlibur di air terjun Coban Canggu ini.
  • Kamar Ganti/Kamar Mandi. Setelah puas main air dan basah-basahan di air terjun Coban Canggu, kamu bisa ganti pakaian di sana.
Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Akses menuju air terjun Coban Canggu yang sangat mulus ditambah banyak fasilitas yang tersedia, membuat siapa pun akan merasa betah berlama-lama menikmati keindahan air terjun Coban Canggu. Jadi, air terjun Coban Canggu ini cocok sebagai tujuan wisata:
  • Wisata Alam
  • Wisata Keluarga
Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Selain dimanjakan fasilitas dan jalan yang mulus, pengunjung bisa melakukan hal-hal kece ini biar liburan ke air terjun Coban Canggu ini makin seru yaitu:

• Main Air. Sungai yang mengalir di air terjun Coban Canggu ini selain jernih, airnya pun sejuk. Jadi cocok banget deh buat ber"koceh" ria.
  • Foto-foto. Panorama di sekitar air terjun coban Canggu ini bagus banget. Jadi cocok banget buat diabadikan dengan kamera.
  • Mandi di Bawah Air Terjun. Jika debit air terjun sedang menurun atau kemarau, kamu bisa mandi di bawah guyuran air terjun. Airnya yang sejuk, langsung mengguyur tubuhmu dan membuatmu segar kembali. Apalagi ditambah mitos warga sekitar yang meyakini bahwa mandi di bawah air terjun Coban Canggu ini bisa bikin kamu awet muda.
Kendaraan yang Bisa Masuk

Air terjun Coban Canggu ini sudah menjadi wisata andalan kecamatan Pacet dan kabupaten Mojokerto, jadi akses menuju ke air terjun Coban Canggu ini sudah mulus dan lebar. Jadi,banyak jenis kendaraan yang bisa menjangkau kawasan air terjun Coban Canggu ini, yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor
  • Mobil
  • Elf
  • Bus
Tempat Wisata di Sekitar

Jika pembaca berlibur ke air terjun Coban Canggu, jangan lupa cobain juga berwisata ke berbagai destinasi liburan di bawah ini seperti:

• Kolam Air Panas Padusan
  • Air Terjun Grenjengan
  • Rabbit Park
  • Pemandian Ubalan
Mbrasak Yuk

Di kala suntuk kerja, maka liburan solusinya. Betul gak pembaca? Nah, salah satu liburan favoritku adalah air terjun Coban Canggu yang berada di desa Padusan, kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto. Seingatku sih, sudah beberapa kali aku mampir ke air terjun Coban Canggu ini. Jadi ya dokumentasiku tentang air terjun Coban Canggu ini mungkin bisa membantu pembaca apakah ingin berlibur ke air terjun Coban Canggu ini di musim hujan atau di musim kemarau.

Nah, yang bikin aku tertarik untuk bolak-balik liburan ke air terjun Coban Canggu ini karena air terjun ini berada di dataran tinggi yang kurang lebih berada di ketinggian 800 mdpl. Jadi, hawa udara di sini sejuk dan nyegerin. Selain itu, ada yang unik di air terjun Coban Canggu ini.

Keunikan air terjun Coban Canggu ini adalah adanya batu yang menonjol seperti hidung di tebing aliran air terjun. Menurut temanku, batu yang menyerupai hidung itu dulunya tidak berbentuk seperti itu. Dulu, batu tersebut tersambung menjuntai ke bawah sampai di dasar air terjun. Namun, karena terjadi banjir bandang, maka batu tersebut patah dan akhirnya jadi lah batu yang menyerupai hidung tersebut yang kini jadi daya tarik air terjun Coban Canggu ini. Wah,ternyata banjir bisa membawa berkah juga ya.

Tak hanya itu saja, pesona air terjun Coban Canggu juga terletak di perjalanan dari tempat parkir menuju air terjun. Di sini kamu akan menikmati panorama terasiring milik petani setempat. Ada kalanya tanaman di terasiring tersebut akan berganti tergantung musim. Misalnya di musim hujan, akan ditanami padi. Sedangkan di musim kemarau, terasiring tadi ditanami palawija seperti jagung, wortel, dan bawang.

Yang bikin betah berlama-lama liburan ke air terjun Coban Canggu ini selain panorama dan banyaknya fasilitas yag tersedia. Pengelola juga menyediakan beberapa spot foto selfie yang pastinya cocok banget untuk diabadikan dengan kamera lalu di share ke media sosial kamu.

Nah, ternyata air terjun Coban Canggu ini memiliki panorama yang berbeda sesuai musimnya. Ketika musim kemarau, aliran air sungai menjadi kecil karena menjadi sumber irigasi persawahan warga setempat. Tetapi di musim kemarau, "hidung" air terjun Coban Canggu ini terlihat jelas. Karena aliran sungainya mengecil, pengunjung bisa mendekat ke air terjun Coban Canggu ini.

Nah, di musim hujan beda lagi pemandangannya. Di musim hujan, aliran air terjun Coban Canggu ini lumayan deras. Bahkan, terkadang "hidung" air terjun Coban Canggu ini tertutup oleh aliran sungai yang deras. Saking derasnya, hempasan air dari air terjun Coban Canggu ini terbang kemana-mana. Jadi, amankan hp dan kameramu ya..

Jadi,pembaca memilih liburan ke Coban Canggu di musim hujan atau kemarau nih? Jadi, Ayo Mbrasak Sekarang.

Saran Ane:

1. Perhatikan cuaca, jika ada tada-tanda cuaca buruk. Segera pulang, atau cari tempat aman
  2. Jangan rusak atau mencorat-coret fasilitas umum di kawasan wisata.
  3. Jika air terjun sedang deras, jangan melewati pagar besi di bawah air terjun. Karena terkadang ada kerikil yang jatuh dari atas akibat hanyut oleh aliran air terjun.
  4. Patuhi Aturan Warga dan kearifan lokal setempat.
  5. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun selain jejak langkahmu.